Harga Batu Split Per Meter Kubik 2022

Harga Batu Split Per Meter Kubik – Ada cukup banyak bahan bangunan yang tersedia di toko bangunan. Masing-masing material ini mempunyai fungsi yang berbeda, begitu juga dengan harganya. Ketika hendak membeli material bangunan memang ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Seperti seberapa banyak material bangunan yang akan dibeli, menentukan kualitasnya dan juga harga. Mungkin banyak orang yang mengutamakan soal harga ketika akan membeli bahan bangunan. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui kisaran harga bahan bangunan terbaru. Termasuk mengetahui harga batu split.

Mungkin bagi yang awam sulit untuk mengetahui berapa harga batu di pasaran karena saking banyaknya jenis material batu yang beredar di toko bangunan. Batu split adalah batuan yang berbentuk seperti kerikil. Batu ini sering disebut dengan istilah batu belahan.

batu split berkualitas

Sesuai dengan namanya, batuan ini diproses dengan cara dibelah dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Teknik membelah batuan ini juga terbagi menjadi beberapa macam, baik manual ataupun dengan bantuan mesin industri.

Biasanya batu split berasal dari batu kali berukuran besar. Jika memakai metode manual, batuan tersebut dipecahkan oleh pekerja-pekerja lokal hingga menjadi ukuran yang diinginkan. Sedangkan untuk industri biasanya sudah memakai mesin penghancur batu. Sehingga hasilnya lebih banyak dan cepat, dengan kualitas yang relatif lebih baik.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Pondasi

Jenis Batu Split Beserta Kegunaannya

Sebelum mengetahui harga batu split terbaru, Anda perlu mengetahui jenis batu split terlebih dahulu. Sebab batu split terbagi menjadi beberapa macam. Karakteristiknya berbeda-beda sehingga kegunaan masing-masing batu split tersebut juga berbeda. Berikut adalah beberapa jenis batu split yang bisa kita jumpai.

Agregat A

Batu split yang masuk dalam kategori agregat A tergolong dalam batuan sirtu. Komposisinya terdiri dari bahan pasir dan batu. Ukuran pasirnya sekitar 10 mm sampai dengan 20 mm. Sementara batunya sendiri terbagi menjadi dua ukuran.

Di antaranya ukuran 20 mm sampai 30 mm dan kelompok ukuran 30 mm sampai 50 mm. Batu belah pada kelompok A sering dipakai sebagai bahan untuk pengecoran. Baik untuk campuran beton maupun untuk tembok.

batu split agregat

Agregat B

Dilihat dari segi ukuran, agregat B mempunyai kemiripan dengan agregat A. Ukurannya sekitar 20-50 mm sesuai kelompoknya. Akan tetapi perbedaannya pada agregat B mempunyai sedikit kandungan tanah atau lumpur. Biasanya batu split agregat B dimanfaatkan sebagai bahan untuk perbaikan jalan ataupun pengerasan aspal jalan.

Agregat C

Batu belah agregat C dikenal juga dengan istilah batu alas oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, batu belah pada kategori ini sering dipakai sebagai alas bahan pengurugan tanah. Bahan pembentuk batu split di kategori ini adalah pasir abu, tanah dan komposisi pembentuk batu lainnya.

Leave a Comment