Harga Batu Split Per Meter Kubik 2020

Harga Batu Split Per Meter Kubik – Ada cukup banyak bahan bangunan yang tersedia di toko bangunan. Masing-masing material ini mempunyai fungsi yang berbeda, begitu juga dengan harganya. Ketika hendak membeli material bangunan memang ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Seperti seberapa banyak material bangunan yang akan dibeli, menentukan kualitasnya dan juga harga. Mungkin banyak orang yang mengutamakan soal harga ketika akan membeli bahan bangunan. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui kisaran harga bahan bangunan terbaru. Termasuk mengetahui harga batu split.

Mungkin bagi yang awam sulit untuk mengetahui berapa harga batu di pasaran karena saking banyaknya jenis material batu yang beredar di toko bangunan. Batu split adalah batuan yang berbentuk seperti kerikil. Batu ini sering disebut dengan istilah batu belahan.

batu split berkualitas

Sesuai dengan namanya, batuan ini diproses dengan cara dibelah dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Teknik membelah batuan ini juga terbagi menjadi beberapa macam, baik manual ataupun dengan bantuan mesin industri.

Biasanya batu split berasal dari batu kali berukuran besar. Jika memakai metode manual, batuan tersebut dipecahkan oleh pekerja-pekerja lokal hingga menjadi ukuran yang diinginkan. Sedangkan untuk industri biasanya sudah memakai mesin penghancur batu. Sehingga hasilnya lebih banyak dan cepat, dengan kualitas yang relatif lebih baik.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Pondasi

Jenis Batu Split Beserta Kegunaannya

Sebelum mengetahui harga batu split terbaru, Anda perlu mengetahui jenis batu split terlebih dahulu. Sebab batu split terbagi menjadi beberapa macam. Karakteristiknya berbeda-beda sehingga kegunaan masing-masing batu split tersebut juga berbeda. Berikut adalah beberapa jenis batu split yang bisa kita jumpai.

Agregat A

Batu split yang masuk dalam kategori agregat A tergolong dalam batuan sirtu. Komposisinya terdiri dari bahan pasir dan batu. Ukuran pasirnya sekitar 10 mm sampai dengan 20 mm. Sementara batunya sendiri terbagi menjadi dua ukuran.

Di antaranya ukuran 20 mm sampai 30 mm dan kelompok ukuran 30 mm sampai 50 mm. Batu belah pada kelompok A sering dipakai sebagai bahan untuk pengecoran. Baik untuk campuran beton maupun untuk tembok.

batu split agregat

Agregat B

Dilihat dari segi ukuran, agregat B mempunyai kemiripan dengan agregat A. Ukurannya sekitar 20-50 mm sesuai kelompoknya. Akan tetapi perbedaannya pada agregat B mempunyai sedikit kandungan tanah atau lumpur. Biasanya batu split agregat B dimanfaatkan sebagai bahan untuk perbaikan jalan ataupun pengerasan aspal jalan.

Agregat C

Batu belah agregat C dikenal juga dengan istilah batu alas oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, batu belah pada kategori ini sering dipakai sebagai alas bahan pengurugan tanah. Bahan pembentuk batu split di kategori ini adalah pasir abu, tanah dan komposisi pembentuk batu lainnya.

jual batu split

Batu Split ⅗ atau Batu Split 3-5

Batu split yang masuk dalam kelompok ini mempunyai ukuran yang besar. Biasanya kelompok batu split ⅗ diisi dengan batu berukuran 30 mm sampai 50 mm. Di samping dipakai untuk bahan campuran alas aspal jalanan dan material lain, batu ini juga sering dipakai sebagai alas dari bantalan rel kereta api.

Tujuannya adalah untuk mengurangi getaran saat kereta berjalan melewatinya. Di samping itu batu pada kelompok ini juga sering dipakai sebagai bahan penambah berat untuk pipa yang ditanam di dasar laut ataupun sebagai bahan campuran beton.

Batu Split 1/2 (Batu Split 1-2) dan Batu Split ⅔ (Batu Split 2-3)

Batu belah pada kelompok ini mempunyai ukuran sedang, kisarannya antara 10 mm sampai 20 mm dan 20 mm sampai 30 mm. Batu pada kelompok ini sangat cocok sebagai bahan tambahan material cor untuk pembangunan gedung.

Proyek konstruksi berskala kecil sampai besar juga sering memakai batu kategori ini. Misalnya adalah proyek pengerjaan landasan pacu lapangan terbang, jembatan, dermaga atau pelabuhan, rumah dan proyek-proyek lainnya.

batu split berkualitas

Batu Screen

Batu screen juga disebut sebagai batu screening. Batu ini mempunyai ukuran 5 mm sampai 10 mm. Karena ukurannya yang kecil batu ini sering dipakai sebagai material perkerasan jalan atau aspal. Batu pada kategori ini mempunyai fungsi pembentuk struktur.

Sehingga batu screen sering dipakai untuk pekerjaan alas aspal sampai lapis ketiga. Batu screen biasanya diperoleh dengan proses pembelahan dengan memakai mesin pemecah batu atau stone crusher.

Batu Abu

Batu belah yang masuk dalam kategori batu abu mempunyai ukuran yang sangat kecil, yakni sekitar 0 mm sampai 5 mm saja. Batu abu sering disebut sebagai kerikil. Karena batu ini mempunyai tekstur yang sangat halus, namun masih lebih kasar dibandingkan dengan pasir. Batu abu sering sekali dipakai sebagai bahan alternatif pengganti pasir.

Batu Gajah

Kebalikan dari batu abu, batu gajah mempunyai ukuran paling besar dibandingkan dengan kelompok-kelompok lainnya. Umumnya batu gajah digunakan untuk memperkuat struktur pondasi bangunan atau beton cor yang ada di kawasan dekat pantai. Misalnya untuk reklamasi teluk, pondasi dermaga untuk pelabuhan atau jembatan rekreasional dan dinding penahan gelombang ombak.

Daftar Harga Batu Split

jenis batu split

Harga batu split di pasaran cukup beragam. Untuk itu kita perlu mengetahui kisaran harga batu split. Sebagai referensi berikut adalah harga batu split yang ada di pasaran.

Spesifikasi Batu Satuan Harga (Rp)
Batu Kali Belah m3 185.000
Batu Split pick up 260.000
Batu Split truk 1.260.000
Batu Knecker m3 210.000

Baca juga: Harga Batu Kali Per Meter Kubik

Ciri-Ciri Batu Split Berkualitas

batu split murah

Untuk keperluan konstruksi, batu belah atau split menjadi material yang penting. Bahkan kualitas batu belah bisa mempengaruhi kekuatan hasil bangunan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri batu split yang berkualitas.

Sebagai catatan, batu split yang berkualitas adalah batu yang kandungan pasir dan abunya sedikit. Hal inilah yang membuat batu split umumnya mempunyai tekstur yang keras dan tajam, baik hasil belahan manual maupun dengan menggunakan mesin.

Jika melihat fisiknya, batu belah yang berkualitas tidak berpori. Karena tidak ada pori-pori maka batu belah tersebut sangat padat hingga tidak ada ruang untuk udara. Di samping itu perhatikan kandungan lumpurnya. Batu split yang baik harus mempunyai kadar lumpur sebesar 1% saja. Lebih dari itu batu split harus dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai untuk membangun ataupun sebagai campuran bahan beton.

Di pasaran Anda juga bisa menjumpai batu split yang kurang berkualitas. Keputusan kembali ke tangan Anda, apakah ingin memilih batu split yang berkualitas baik atau rendah. Akan tetapi perlu diingat bahwa ada harga ada rupa. Jika menggunakan batu split murah yang kualitasnya kurang baik akan berisiko hasil pekerjaan tidak tahan lama.

Misalnya untuk pengerjaan aspal jalan atau lapis ulang aspal. Batu yang kurang baik kualitasnya bisa dengan mudah tergerus. Hal ini bisa membuat jalanan cepat berlubang atau berpasir. Hal seperti ini perlu dipertimbangkan dengan matang supaya Anda tidak sampai salah membeli. Demikian informasi harga batu split di website hargabahanmaterial yang bisa kami sampaikan untuk Anda.

Leave a Comment