Cara Menghitung Batu Bata Per Meter Persegi

Cara Menghitung Batu Bata – Ketika ingin memulai suatu proyek konstruksi, kita perlu menyiapkan berbagai hal terlebih dahulu. Misalnya menyiapkan bahan bangunan. Mengetahui berapa banyak jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu proyek membutuhkan perhitungan yang cermat.

Misalnya kita akan membangun dinding di dalam rumah. Maka tentu saja kita perlu mengetahui seberapa banyak batu bata yang dibutuhkan. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas cara mengetahui kebutuhan batu bata.

Dengan mengetahui teknik ini, kita akan tahu seberapa banyak material bangunan yang diperlukan dan seberapa besar dana yang harus disiapkan. Di samping itu proses pengadaan atau pembelian juga bisa dilakukan secara efisien. Lantas seperti apa alur perhitungan kebutuhan batu bata? Berikut adalah pembahasan selengkapnya untuk Anda.

Cara Menghitung Batu Bata

kebutuhan batu bata

Sebelum menghitung kebutuhan batu bata, kita harus mengetahui jumlah batu bata setiap 1 meter persegi. Setelah itu kita kalikan dengan total luas dinding yang akan dikerjakan. Misalnya diketahui bahwa luas bersih dinding rumah berukuran 5 x 5 m adalah 77,24 m2.

Untuk mengetahui berapa batu bata yang dibutuhkan, kita perlu mengetahui jumlah batu bata setiap meter persegi. Caranya kami jelaskan di bawah ini.

Memakai angka koefisien pengali sesuai SNI perhitungan harga satuan pekerjaan

Cara ini dianggap menjadi cara termudah. Sebab kita hanya perlu mengalikan angka koefisien yang sudah ditetapkan dalam SNI dengan luas dinding tersebut. Menurut Standar Nasional Indonesia, analisis harga satuan untuk pekerjaan pemasangan dinding batu bata merah ½ batu. Jumlah batu bata merah yang diperlukan adalah 70 buah untuk setiap 1 meter persegi. Sehingga jumlah kebutuhan batu batanya adalah:

Jumlah kebutuhan bata = Luas dinding x koefisien (SNI)

Jumlah kebutuhan bata = 77,24 x 70 = 5407 buah

Akan tetapi perlu dicatat bahwa angka koefisien 70 buah tersebut adalah untuk pemasangan 1 m2 dinding bata merah dengan ketebalan ½ batu dan memakai bata dengan ukuran 5 x 11 x 22 cm. Apabila ketebalan dinding dan ukuran bata berbeda, maka angka koefisien tersebut harus disesuaikan kembali.

Baca juga: Cara Membuat RAB Rumah

Memakai Perhitungan Teoritis

perhitungan batu bata

Cara kedua adalah dengan menggunakan cara perhitungan teoritis. Untuk mengetahui jumlah bata dalam satu meter persegi dinding, kita bisa menghitungnya dengan membagi luasan 1 meter persegi dinding dengan 1 luasan muka bata (termasuk spesi). Misalnya tebal spesi 1,5 cm, maka jumlah bata per m2 adalah:

Jumlah bata per m2 = 1 : Luas muka bata

Jumlah bata per m2 = 1 : ((Panjang bata + Spesi) x (Tinggi bata + Spesi))

Leave a Comment