Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Secara Tepat

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai – Keramik lantai tersedia dalam jenis yang beragam, salah satu yang paling populer adalah keramik glossy. Jenis keramik ini akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas dan juga bersih sehingga sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu. Selain itu ada juga jenis keramik berglazur yang sangat cocok diaplikasikan di kamar mandi untuk menghindari terpeleset karena permukaan licin akibat genangan air. Meskipun demikian kemampuan keramik dalam menjalankan fungsinya ini juga turut dipengaruhi oleh kualitasnya. Keramik yang dijual di pasar tanah air tersedia dalam kualitas yang berbeda-beda, mulai dari yang berkualitas rendah sampai kualitas terbaik masing-masing dibandrol dengan harga yang berbeda-beda. Semakin bagus kualitasnya maka semakin mahal juga harganya. Namun jangan terjebak membeli keramik lantai hanya karena harganya lebih murah, mengingat kualitas akan mempengaruhi tampilan lantai, fungsi, kekuatan dan juga daya tahannya dalam waktu panjang.

Harga Keramik Lantai Terbaru – Selain jenisnya yang beragam, bahan bangunan yang satu ini juga diproduksi dengan ukuran yang berbeda-beda diantaranya 20 x 20, 25 x 25, 25 x 50, 40 x 40 dan sebagainya. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih keramik lantai berdasarkan ukurannya diantaranya adalah luas rumah, fungsi dari setiap ruangan dan sebagainya. Umumnya lantai yang digunakan untuk ruang tamu mempunyai ukuran yang besar agar terihat lebih enak dipandang dan memberi kesan luas dan juga megah. Pemilihan keramik lantai dengan ukuran yang tepat dapat memilimalisir pemotongan keramik yang cukup memakan waktu saat proses pemasangannya. Oleh karena itu pastikan proses perhitungan luas ruangan tersebut dilakukan dengan benar, karena efek yang ditimbulkan dari kesalahan perhitungan ini cukup besar.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai | tukangpoleslantai.com

Harga Keramik Per Kardus Terbaru – Untuk dapat menentukan kebutuhan jumlah keramik secara tepat, sebelumnya ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya adalah menghitung luas total lantai yang akan dipasang keramik pastikan proses pengukuran dilakukan dengan teliti karena terlalu besar atau terlalu kecil akan berpengaruh pada jumlah keramik yang akan dibeli. Setelah itu cari tahu jumlah keramik dalam satu kotak dengan pasti, Anda dapat menanyakannya ke penjual keramik di toko bangunan. Keramik lantai dijual dalam kemasan kotak dengan isi yang berbeda-beda untuk setiap ukuran. Biasanya keramik lantai berukuran 20 x 20 tersedia dalam 25/dos, sementara untuk keramik lantai berukuran 40 x 40 tersedia dalam 4/dos.

Setelah itu Anda dapat mulai mempediksikan jumlah keramik yang dibutuhkan berdasarkan kedua faktor tersebut. Untuk memastikan Anda mendapatkan keping keramik dengan tepat berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan keramik lantai.

  1. Hitung Luas Total Lantai Rumah. Contoh Luas Lantai = (3,5 x 3,1)+(1,65 x 1.40)+(3,5 x 3.1)+(3,14 x 5,0) = 39,71 m2.
  2. Hitung Jumlah Keramik ukuran 40×40 yang diperlukan untuk dipasang pada lantai seluas 39,71 m2 tsb.
    Jumlah Keramik = 39,71 m2 : 0,96  = 41,36 kotak (Cat: 1 kotak Keramik ukuran 40×40 = 0,96 m2)
  3. Hitung Jumlah Keramik yang Seharusnya Dibeli (tambahkan 3% dari Perhitungan diatas)
    Jumlah Keramik = 41,36 kotak x 103 % = 42,60 kotak
    Catatan: Penambahan 3% ini berdasarkan pengalaman, untuk mengantisipasi Keramik yang Pecah dan lainnya. 
  4. Beli Keramik 43 kotak.

Demikianlah cara menghitung kebutuhan keramik, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan lebih memudahkan Anda dalam menentukan jumlah keping keramik yang sesuai dengan kebutuhan.