Cara Pemasangan Bondek Yang Benar

Cara Pemasangan Bondek – Dalam konstruksi bangunan semuanya harus melewati perhitungan yang tepat. Ketika ingin membangun rumah atau bangunan bertingkat, maka perlu dibuat dulu sketsa atau desain dengan mempertimbangkan pedoman yang berlaku. Hal ini juga berlaku dalam pemasangan bondek.

Sebenarnya dalam pembangunan gedung ada cukup banyak metode pengecoran yang bisa dipakai. Hanya saja saat ini pengecoran dengan bondek menjadi yang paling banyak diminati. Bukan tanpa alasan, ada beberapa keuntungan yang didapat jika menggunakan bondek. Seperti proses pengerjaan yang lebih cepat dan hemat biaya. Apa itu Bondek?

Bondek atau juga bisa disebut floordeck adalah benda yang dipakai sebagai pelapis dasar cor dan struktur pengganti besi yang biasa digunakan dalam pengerjaan beton konvensional. Bondek dijadikan alas dalam pengecoran, menggantikan material papan triplek atau kayu. Untuk kekuatannya menahan material cor sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Jika pada papan kayu atau triplek selepas pengerjaan harus dilepas, berbeda halnya dengan bondek yang tidak perlu dilepas. Hal ini akan mengurangi adanya sampah kayu atau triplek setelah pengerjaan.

bondek cor

Walaupun demikian pemasangan bondek tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada teknik-teknik tertentu yang perlu dipahami sehingga pemasangan bondek dilakukan dengan benar dan bebas risiko. Umumnya ada dua cara yang bisa diterapkan dalam memasang bondek.

Pertama dengan membuat balok-balok penyangga bondek terlebih dahulu baru menata bondek. Atau cara lainnya adalah dengan memasang bondek bersamaan dengan rangkaian besi beton balok dan plat lantai besi, sehingga proses pengecoran dapat dilakukan bersama-sama. Berikut akan kami jelaskan cara memasang bondek dengan balok penyangga yang sudah siap.

Baca juga: Daftar Harga Bondek per Meter

Alat dan Bahan

cara pasang bondek

Sebelum memasang bondek, tentunya kita perlu menyiapkan material atau bahan dan alat. Berikut adalah perlengkapan yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

  • Papan triplek 18 mm dengan ukuran yang disesuaikan kebutuhan. Biasanya ukuran yang dipilih adalah 120 x 240 cm.
  • Kayu kaso sesuai dengan kebutuhan. Umumnya kayu kaso yang dipilih memiliki panjang 4 meter.
  • Besi wiremesh ulir atau polos tipe M-8 ke atas.
  • Bondek dengan ketebalan minimal 0,75 mm
  • Kawat Bendrat
  • Paku 5, 7, dan 10
  • Peralatan pendukung lain seperti meteran, waterpass, martil, tang, gergaji kayu dan besi, benang, serta pensil.

Perlu dicatat bahwa peralatan yang disiapkan bisa saja berbeda-beda. Menyesuaikan dengan kebutuhan saat hendak melakukan pemasangan bondek.

Cara Memasang Bondek

bondek beton

Sebelum memasang bondek, pastikan Anda sudah memahami dan mengetahui teknik pemasangan bondek. Sehingga hasil akhirnya sempurna dan bebas masalah. Berikut adalah cara pemasangan bondek:

  1. Sebelum memulai pemasangan, pastikan terlebih dahulu rangkaian balok-balok penyangga sudah siap untuk dipakai. Rangkaian balok ini nantinya digunakan untuk menyangga bondek yang akan dipasang.
  2. Langkah selanjutnya adalah memasang bondek. Dalam proses ini perlu diperhatikan arah struktur ke bagian batangan balok yang terpendek sudah terpasang dengan benar dan rapi.
  3. Setelah itu pemasangan penyangga pada titik-titik yang dibutuhkan. Tujuannya untuk mengurangi beban ketika pengecoran. Hal ini biasanya dilakukan saat ada beberapa bagian yang memiliki beban yang tidak merata.
  4. Perlu diperhatikan bahwa pemasangan penyangga bondek berukuran 1,5 meter.
  5. Di samping itu juga perlu dipastikan bahwa tinggi balok dan permukaan sudah sama rata. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa beban yang diterima lapisan bondek sama rata.
  6. Jika sudah dipastikan sama, maka tinggal memasangkan bondek di tepi balok penyangga dengan ukuran minimal 2,5 cm.
  7. Tahap selanjutnya adalah memasang penguat bondek berupa stek ataupun bolt. Penguat ini berfungsi untuk memastikan bahwa bondek tidak akan bergeser dari posisi semula, terutama saat proses pengecoran berlangsung.
  8. Berikutnya adalah menempatkan end stop supaya campuran semen dan pasir yang dituangkan di atas bondek tidak tumpah.
  9. Kemudian tata wiremesh atau plat besi batangan. Jarak antara bondek ke wiremesh diatur sekitar 1,5 cm.
  10. Setelah tertata dengan baik dan rapi, pastikan semua bagian sudah terpasang dengan baik.
  11. Proses selanjutnya adalah pengecoran. Dalam tahap ini yang tak kalah penting diperhatikan adalah jumlah orang yang ada di atas bondek. Usahakan tidak banyak orang yang berada di atas bondek selama proses pengecoran. Tujuannya untuk mengurangi beban dan menghindari terjadinya pergeseran bondek yang telah dipasang.

Di atas adalah gambaran singkat mengenai cara memasang bondek yang benar. Jika Anda masih kurang jelas, berikut adalah penjelasan lebih lengkap supaya Anda lebih paham.

Baca juga: Harga Waterproofing Membrane Bakar

Pedoman Pemasangan

pemasangan bondek

Leave a Comment