Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Interior Rumah Minimalis – Memiliki hunian yang nyaman dan menarik dipandang merupakan idaman banyak orang. Sayangnya tidak sedikit yang kebingungan harus mulai dari mana ketika ingin menata rumah, khususnya interior. Meski terdengar sepele, menata interior rumah yang indah bukanlah perkara yang sangat mudah.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan supaya sesuai dengan ekspektasi. Biasanya penghuni akan menghabiskan 95% waktunya di dalam rumah. Maka dari itu kenyamanan dan penataan yang menarik perlu diprioritaskan. Berikut adalah beberapa inspirasi desain interior rumah bergaya minimalis dan modern.

Inspirasi Desain Lobi

desain ruangan minimalis

Lobi atau juga disebut foyer merupakan pemisah antara teras dan ruang tamu. Area ini merupakan area pertama yang dilihat saat memasuki rumah. Anda bisa menyajikan kesan minimalis dengan pemberian aksen kayu untuk menghadirkan kesan natural. Kesan kompak juga perlu dipertahankan supaya lobi tidak terlihat sempit.

Desain Ruang Tamu dan Keluarga

ruang tamu minimalis

Selain kamar tidur, biasanya kita juga banyak menghabiskan waktu di ruang keluarga atau ruang tamu. Banyak inspirasi desain yang bisa dicoba. Misalnya merancang ruang tamu dengan langit-langit yang tinggi atau jendela yang besar. Tujuannya supaya cahaya yang masuk lebih banyak saat pagi hari.

Dengan begitu sirkulasi udara juga akan lebih baik. Anda juga menerapkan warna yang lembut supaya nuansa santai dan nyaman kental di ruangan ini. Sebagai pemanis Anda bisa menambahkan dekorasi lain, misalnya foto, lukisan, rak buku, karpet ataupun sofa lengkap dengan bantalnya.

Ruang Kerja

desain interior terbaru

Jika Anda bekerja di rumah, Anda akan membutuhkan ruang untuk kerja. Desainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Desain yang tepat dan sesuai dengan keinginan bisa menambah mood sehingga lebih produktif selama bekerja.

Anda bisa menerapkan warna-warna cerah namun tetap lembut. Misalnya warna hijau dan biru. Kedua warna ini dipercaya bisa meningkatkan fokus dan efisiensi kerja. Selain itu Anda juga bisa memasang jendela besar yang akan membuat suasana lebih segar.

Baca juga: Desain Kamar Minimalis Sederhana

Teras Rumah

interior minimalis

Teras rumah bisa menjadi tempat berkumpul saat ada tamu atau saudara yang berkunjung. Maka dari itu teras perlu ditata supaya tetap menarik. Banyak pemilik rumah yang menambahkan kolam ikan di teras rumah. Kolam diyakini bisa memberikan energi positif.

Akan tetapi jika teras rumah Anda terbatas, Anda bisa menggunakan taman vertikal. Dekorasi taman juga bisa memperindah teras rumah Anda.

Desain Ruang Bermain Anak

desain interior kekinian

Jika Anda masih mempunyai anak kecil, kehadiran ruang khusus bermain anak bisa membuat mereka senang. Anda bisa meletakkan furnitur dengan desain foldable yang akan menjadikan ruang multifungsi. Sehingga selain sebagai ruang bermain dan belajar anak, ruangan tersebut juga bisa menjadi kamar tidur.

Untuk penggunaan warna pilih yang kontras, sejalan dengan ciri khas dunia anak yang penuh warna. Dengan begitu anak akan semakin ceria saat bermain bersama dengan Anda.

Kamar Tidur

desain interior modern

Sebenarnya ada banyak inspirasi desain kamar tidur yang bisa Anda ulik. Jika ingin mengejar kesan minimalis, tentunya Anda harus menghindari peletakan banyak detail. Sehingga kamar terlihat lapang. Selain itu Anda bisa menerapkan warna putih atau pastel untuk memberikan kesan cerah dan juga lega.

Walk-in Closet

desain interior minimalis

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, walk-in closet berfungsi untuk membuat kamar lebih lapang. Anda bisa meletakkan beberapa lemari pakaian yang disesuaikan dengan ruang yang tersedia supaya tidak terlalu memakan tempat. Jangan lupa juga untuk merapikan pakaian di dalam lemari supaya Anda tidak kesulitan untuk mencari pakaian saat dibutuhkan. Selain itu pakaian yang rapi juga bisa menambah estetika.

Kamar Tidur Anak

desain interior rumah

Kamar anak umumnya memiliki ruang yang terbatas. Untuk menyiasatinya Anda bisa meletakkan furnitur yang bisa dilipat alias foldable furniture. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan ruangan. Selain itu Anda juga bisa memperoleh ruang yang luas ketika sewaktu-waktu diperlukan.

Pemilihan furnitur tentu saja harus disesuaikan dengan usia anak. Jika masih kecil pilih furnitur dengan sudut tumpul. Intinya pilih furnitur yang cocok untuk anak. Bisa dengan memilih material solid wood yang telah dioven dengan finishing waterbased paint atau non-toxic supaya lebih aman.

Desain Kamar Mandi

interior rumah modern

Pencahayaan yang baik di dalam kamar mandi bisa menghadirkan kesan nyaman. Akan tetapi privasi juga tetap harus dijaga. Untuk itu Anda bisa memilih skylight dengan material iced glass atau kaca es yang mempunyai tekstur dan permukaan buram. 

Ruang Makan

interior rumah simpel

Ada beragam inspirasi desain ruang makan yang bisa Anda cari. Salah satunya adalah memilih perabotan dengan aksen kayu untuk menghadirkan nuansa yang lebih natural. Juga bisa memberikan akses hijau pada teras terbuka supaya kesan segar lebih kuat.

Baca juga: Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Dapur

interior rumah minimalis

Dapur yang rapi dan bersih bisa membuat Anda lebih bersemangat saat memasak. Anda bisa meletakkan built-in furniture atau custom furniture. Dengan begitu ruang yang ada di dapur bisa dimaksimalkan sehingga tidak ada ruang kosong. Tidak hanya itu, kesan modern juga akan terasa kental tanpa mengabaikan sisi minimalis.

Taman Dalam Rumah

interior rumah sederhana

Jika Anda masih memiliki ruang kosong yang tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai taman dalam rumah. Letakkan beberapa tanaman hijau beserta hiasan supaya ruangan terlihat lebih segar. Adanya tanaman di dalam rumah juga bisa membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Tips Desain Interior Rumah Minimalis

Tren desain interior rumah memang berubah-ubah. Wajar saja, karena manusia memang cenderung mudah merasa bosan. Jika Anda berniat mengubah interior rumah dalam waktu dekat, kami berikan beberapa tips yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

tips dekorasi ruang tamu

Hadirkan Kesan Natural

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mempermanis interior rumah adalah dengan memberikan kesan natural. Misalnya dengan memberikan tanaman hias. Anda bisa meletakkannya di beberapa sudut ruang supaya tidak terlihat kaku.

Kreasikan Warna Desain Interior

Kreativitas tidak ada batasnya, termasuk dalam urusan desain interior. Untuk itu Anda bisa berkreasi dengan warna interior rumah. Bisa dimulai dengan memadukan warna hitam, putih atau abu-abu dengan warna yang kontras. Sehingga kesan minimalis tetap terjaga dan interior rumah tampak lebih berwarna.

Mengaplikasikan Bentuk Geometris

Bentuk-bentuk geometri dasar menjadi tren belakangan ini, termasuk di dalam desain interior rumah. Anda bisa mencobanya di dalam rumah. Supaya tidak monoton, Anda bisa melakukan ubahan supaya terlihat dinamis. Misalnya dengan memberikan sentuhan warna yang menarik.

Memberikan Elemen Kejutan

Menyiasati interior rumah yang monoton bisa dilakukan dengan memberikan elemen kejutan. Misalnya pada ruang interior yang minimalis Anda memberikan furnitur modern. Atau juga bisa memberikan taman dalam rumah sehingga cukup mencolok namun justru membuat interior lebih indah.

Demikian artikel seputar desain interior rumah minimalis yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Anda bisa berkreasi sesuai dengan keinginan. Jika ingin mencari inspirasi tambahan, Anda bisa mencarinya dari acara di televisi, majalah, tabloid ataupun media sosial.

Artikel Diolah Dari:

Leave a Comment