Desain Interior Kamar Tidur Minimalis

Kamar Tidur Minimalis – Kamar tidur pada dasarnya merupakan tempat bagi kita untuk beristirahat. Mungkin tidak sedikit yang mengabaikan penampilan dari kamar tidurnya. Padahal kamar tidur yang menarik bisa memberikan mood yang baik bagi kita, entah saat hendak beristirahat ataupun bangun tidur.

Jika Anda ingin melakukan renovasi kamar tidur, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Terlebih jika Anda ingin menerapkan konsep kamar tidur minimalis. Berikut adalah beberapa referensi yang bisa kami sampaikan untuk Anda.

Meletakkan Hanya Furnitur Esensial

inspirasi kamar minimalis

Ruang kamar yang tidak terlalu luas membuat kita harus berpikir dua kali ketika meletakkan furnitur. Maka dari itu pilihlah furnitur yang penting menurut Anda. Selain tempat tidur, Anda bisa meletakkan lemari pakaian berukuran kecil dan juga meja kecil atau meja rias. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk meletakkan furnitur multi-fungsi agar lebih hemat tempat.

Mengaplikasikan Wallpaper

Jika kamar tidur dirasa kurang menarik, Anda bisa coba menerapkan wallpaper pada salah satu sisi dinding. Tapi ingat, jangan terlalu banyak memasang barang pada dinding yang dipasangi wallpaper untuk mempertahankan kesan minimalis.

Menempatkan Storage

desain kamar menarik

Jika Anda membutuhkan banyak tempat penyimpanan, Anda bisa meletakkan drawer dan ambalan yang saling berhadapan. Juga bisa meletakkan furnitur custom sehingga ukuran, model maupun warnanya bisa diselaraskan dengan konsep kamar tidur.

Baca juga: Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Headboard dari Kolase Foto

desain kamar tidur minimalis

Headboard dari kolase foto bisa membuat kamar tidur lebih menarik. Kesan unik akan muncul dan membuat suasana kamar tidur lebih menarik. Jika dirasa masih kurang, tambahkan tanaman hias atau mengaplikasikan lantai kayu untuk menghadirkan kesan alami.

Menyusun Furnitur Memanjang Untuk Kamar 3×4

desain kamar tidur

Jika kamar tidur Anda berukuran 3×4 dan ingin meletakkan furnitur berukuran besar, Anda bisa meletakkannya memanjang. Misalnya tempat tidur diletakkan di bagian belakang. Sementara furnitur lain seperti meja, kursi atau lemari di tempatkan di bagian depan kamar.

Warna Putih Agar Kamar Terlihat Minimalis

inspirasi kamar sederhana

Jika bingung memilih warna untuk kamar, Anda bisa mencoba mengaplikasikan warna putih. Warna putih bisa memberikan kesan luas. Tidak perlu khawatir kamar terlihat monoton, Anda bisa memberikan sedikit aksen supaya terlihat lebih berwarna. Misalnya memasang pigora foto minimalis, memilih furnitur kayu berwarna coklat muda dan lain sebagainya.

Menambahkan Tanaman di Sudut Ruangan

Jika Anda merasa kamar masih cukup luas dan ingin menambah hiasan, Anda bisa mencoba meletakkan tanaman di sudut-sudut ruangan. Pilih jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air dan perawatan sehingga tidak mengotori kamar.

tanaman dalam kamar tidur

Memberikan Lampu Hias

Hadirnya lampu hias di dalam kamar juga bisa membuat kamar terlihat lebih menarik. Akan tetapi jangan asal meletakkan, lampu hias harus disesuaikan sehingga kamar tetap terlihat rapi. Anda bisa mencoba mencari referensinya di internet.

kamar tidur dengan lampu hias

Pemakaian Perabotan Bermaterial Besi

Perabotan dengan material besi bisa membuat kamar terlihat lebih minimalis. Akan tetapi usahakan untuk tidak memilih besi yang terlalu tebal untuk menghindari kesan berat pada kamar tidur.

kamar tidur hiasan dinding bahan besi

Konsep Atraktif untuk Kamar Tidur Anak

kamar anak minimalis

Walaupun luas kamar tidur terbatas, Anda tetap bisa menawarkan konsep yang menyenangkan pada kamar tidur anak. Misalnya menghadirkan bunk bed dengan tema rumah kayu, Pada bunk bed bisa juga berfungsi sebagai ruang storage sehingga tetap minimalis dan hemat ruang.

Tips Dekorasi Kamar Tidur Sederhana

Setelah membahas soal inspirasi kamar tidur minimalis, kami akan memberikan beberapa tips sehingga Anda tidak kesulitan untuk menerapkan konsep minimalis pada kamar tidur Anda. Ada beberapa poin yang bisa dipertimbangkan, seperti pemilihan dekorasi, memisahkan ruang ganti pakaian dengan kamar tidur, hingga pengaplikasian warna cerah.

Pertimbangkan Pemilihan Furnitur

inspirasi desain kamar

 Pemilihan furnitur adalah kunci. Supaya kesan minimalis terjaga dan kamar tidak terlihat sumpek, Anda perlu mencermati pemilihan furnitur untuk kamar. Misalnya tidak meletakkan aksesori interior secara berlebihan atau meletakkan lemari berukuran kecil.

Anda juga perlu memilah furnitur yang sekiranya tidak perlu diletakkan di dalam kamar. Misalnya apakah perlu meletakkan meja kerja di dalam kamar, apakah Anda tetap perlu rak TV atau lemari storage.

Mengganti Lemari Baju dengan Standing Clothes Rack

kamar tidur modern

Supaya tidak terlalu memakan tempat, Anda bisa mengganti lemari baju dengan standing clothes rack yang berukuran lebih ringkas. Tidak hanya hemat tempat, furnitur ini juga membuat pakaian mendapat sirkulasi udara yang baik.

Memisahkan Ruang Ganti dengan Kamar Tidur

kamar tidur nyaman

Anda bisa meletakkan lemari pakaian di selasar menuju kamar tidur yang juga mengarah ke kamar mandi. Konsep ini disebut juga dengan istilah walk-in-closet. Tidak hanya membuat kamar tidur lebih lega, konsep ini juga memudahkan Anda saat bersih-bersih rumah. Anda bisa mencari berbagai referensi desain walk in closet di internet.

Menerapkan Warna Cerah

kamar minimalis

Warna cerah pada kamar tidur bisa menambah kesan ruang terlihat lebih luas. Maka dari itu Anda bisa menerapkan warna cerah pada dinding. Atau juga bisa memilih furnitur dengan warna cerah sehingga terlihat senada. Sebagai referensi, Anda bisa memilih warna biru sebagai warna kamar tidur Anda.

Memadukan Dua Warna Cat Dinding

kamar sederhana

Masih banyak cara untuk membuat kamar tidur lebih menarik. Anda bisa bereksperimen dengan dinding kamar. Misalnya dengan memadukan dua warna cat dinding. Warna two-tone pada dinding kamar bisa membuatnya terlihat lebih penuh warna dan tidak terkesan monoton. Selain itu juga bisa menghadirkan suasana yang segar. Cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menghias kamar tidur.

Menambahkan Karpet

kamar tidur sederhana

Jika Anda jenuh dengan suasana kamar, Anda bisa menambahkan karpet. Saat ini tidak sulit untuk mencari karpet dengan beragam motif. Anda bisa membelinya dengan mudah di toko perabotan rumah tangga atau toko online.

Pemilihan karpet tentunya harus sesuai dengan konsep kamar Anda sehingga tetap senada. Di samping itu Anda juga bisa memberikan bed runner untuk membuat kamar minimalis semakin indah dipandang.

Mengaplikasikan Pintu Geser

Jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa menerapkan pintu geser pada kamar tidur Anda. Tujuannya tentu saja untuk efisiensi ruang. Selain untuk memaksimalkan ruang di kamar tidur, pintu geser juga bisa memberikan kesan layaknya ruang rahasia. Kesan unik pun juga akan muncul setiap kali Anda akan masuk ke dalam kamar.

Demikian adalah beberapa desain kamar tidur minimalis yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Perlu kami ingatkan kembali, Anda bisa berkreasi sendiri sesuai dengan keinginan. Baik soal pemilihan warna, perabotan, hingga pemilihan dekorasi. Akan tetapi tetap perhatikan beberapa hal seperti pemanfaatan ruang, keserasian warna dan lain-lain supaya kamar tidak terasa sempit dan tetap nyaman untuk dipakai beristirahat.

Anda bisa mencari inspirasi desain kamar tidur minimalis tambahan yang banyak beredar di dunia maya atau media sosial. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Artikel Diolah Dari:

Leave a Comment