Desain Taman Minimalis Depan Dan Belakang

Desain Taman Rumah Minimalis – Memang tidak semua rumah memiliki taman. Alasannya bisa karena anggaran yang belum tersedia atau lahan yang tidak ada. Jika Anda memiliki cukup dana dan mempunyai area kosong di depan atau belakang rumah, Anda bisa mempertimbangkan untuk membangun taman di sana.

Tidak harus besar, taman minimalis nan mungil bisa Anda hadirkan di rumah. Sehingga suasana di rumah lebih indah dan menenangkan. Anda bisa bersantai di sana saat pagi atau sore ketika hari libur, sembari menikmati secangkir kopi dan obrolan hangat bersama keluarga. Pasti sangat menyenangkan, bukan?

taman rumah minimalis

Hanya saja salah satu tantangan untuk membuat taman rumah adalah menentukan seperti apa desainnya. Jika Anda mengalami kesulitan serupa, tidak perlu bingung. Sebab di era canggih seperti saat ini tidak sulit untuk mencari referensi desain taman rumah. Anda bisa mencarinya di media sosial, blog, tabloid, majalah, TV atau media lainnya.

Untuk memudahkan Anda, kami mempunyai beberapa inspirasi desain taman minimalis yang bisa Anda terapkan di depan atau belakang rumah. Langsung saja berikut adalah referensi yang bisa Anda simak.

Baca juga: Harga Rumput Sintetis

Taman di Area Balkon

taman balkon minimalis

Jika di rumah terdapat balkon, Anda juga bisa mengubahnya menjadi taman kecil. Biasanya area ini bersifat semi outdoor atau masih beratap. Oleh karenanya hindari meletakkan tanaman yang besar dan tinggi. Cukup berikan tanaman hias dalam pot.

Pot-pot ini bisa diletakkan di lantai, railing balkon, dinding atau bahkan di ujung atap. Selain itu Anda juga bisa mengganti lantai dengan lantai kayu untuk membuat kesan alami lebih kuat. Berikut furnitur pendukung supaya Anda bisa bersantai di taman balkon.

Taman di Teras Rumah

taman depan rumah

Jika di depan rumah tidak tersedia lahan yang memadai untuk taman, Anda bisa membuat taman yang disesuaikan sedemikian rupa sehingga tetap terlihat menarik dan bisa mempercantik suasana. Anda bisa memadukan area teras dengan taman.

Anda bisa membuat area duduk yang menyatu dengan teras dan taman. Atau juga bisa menyamakan material yang dipakai pada taman dan teras. Atau menambahkan tanaman dalam pot berjenis sama dengan tanaman yang ada di taman.

Taman Minimalis Kering

taman kering minimalis

Taman yang satu ini cocok untuk Anda yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mengurus tanaman. Area bawah taman tidak memakai rumput, melainkan batu koral. Taman semacam ini juga bisa hadir bahkan di lahan yang sempit.

Banyak yang tertarik untuk memiliki taman minimalis dengan konsep seperti di atas karena perawatannya yang cenderung lebih mudah. Selain itu Anda bisa menambahkan kursi teras untuk bersantai saat senggang.

Taman Minimalis di Lahan Sempit

taman minimalis mungil

Memiliki lahan yang kecil bukanlah halangan untuk memiliki taman. Anda tetap bisa membuat taman yang terlihat lega seperti referensi di atas. Kuncinya adalah menghadirkan area lapang sebagai pusat atau titik fokus dari taman yang ada. Sedangkan di sekelilingnya bisa ditambahkan berbagai tanaman sehingga tampak lebih indah.

Taman Vertikal Minimalis

taman vertikal

Salah satu kendala memiliki rumah di tengah kota adalah lahan yang terbatas. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan taman vertikal. Anda bisa menempatkan pot-pot secara vertikal di dinding eksterior atau dinding pagar. Di samping itu Anda bisa membuat rangka shading jendela sehingga bisa ditempati pot-pot tanaman.

Taman di Samping Rumah

taman mungil

Jika di samping rumah Anda terdapat ruang kosong, Anda bisa memanfaatkannya sebagai taman kecil. Seperti referensi desain yang satu ini. Dengan memanfaatkan ruang yang ada, terciptalah taman mungil yang menyejukkan.

Taman Berupa Pot Semen Minimalis

taman sederhana minimalis

Anda bisa membuat pot semen dengan bentuk yang minimalis dan meletakkan tanaman secara berderet di dalamnya. Bentuk pot ini disesuaikan dengan ruang yang tersedia sehingga tidak terkesan sempit. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pemandangan yang indah di area yang terbatas.

Taman di Tangga Teras

taman teras rumah

Solusi lain jika Anda ingin memiliki taman di rumah adalah dengan menghadirkannya di tangga teras. Biasanya area ini dibiarkan kosong tanpa sentuhan. Maka dari itu Anda bisa mempercantik tampilannya dengan menanami rumput dan beberapa tumbuhan yang tidak terlalu besar. Alhasil kesan alami akan muncul begitu sampai di depan rumah.

Taman Perpaduan Batu dan Kerikil

taman minimalis modern

Inspirasi yang satu ini bisa dibilang sederhana namun unik. Cocok jika Anda tertarik menghadirkan taman dengan konsep minimalis. Taman ini tidak menghadirkan banyak tanaman dalam satu tempat. Beberapa tanaman diletakkan di dalamnya dan dipadukan dengan bebatuan dan kerikil sehingga memberikan kesan rapi.

Taman Fungsional

taman minimalis unik

Taman ini bisa menghadirkan kesan unik pada rumah Anda. Melihat tampilannya, taman ini merupakan sebuah grass bed yang sederhana dan mengedepankan fungsi. Anda tidak perlu lagi menambahkan sofa, sebab Anda bisa bersantai di atas rerumputan dengan nyaman. Berikut beberapa bantal yang menjadi dekorasi sekaligus bisa Anda pakai untuk bersantai.

Taman di Atas Atap

taman atap rumah

Taman di atas atap menjadi salah satu solusi untuk rumah yang memiliki lahan terbatas namun Anda masih ingin memiliki taman. Di atas atap rumah bisa Anda manfaatkan sebagai taman atap terbuka. Tambahkan beberapa tumbuhan yang tidak terlalu memakan tempat, berikut kursi dan meja untuk bersantai.

Taman dengan Empat Elemen Alam

taman rumah minimalis

Taman yang satu ini tetap mengutamakan faktor minimalis, dengan perpaduan empat elemen utama bumi. Yakni air, api, tanah dan udara. Anda bisa melihatnya dari pemilihan warna furnitur dan penempatan taman di ruang terbuka. Suasana yang nyaman bak alam akan membuat Anda bisa bersantai dengan tenang di sana.

Baca juga: Desain Teras Rumah Kekinian

Taman Dalam Rumah

taman dalam rumah

Jika tidak memiliki halaman namun Anda mempunyai interior yang lapang, Anda bisa mencoba menghadirkan taman di dalam rumah seperti referensi desain yang satu ini. Ketika ingin memiliki taman di dalam rumah, yang harus diperhatikan adalah letaknya.

Taman harus diletakkan dekat kaca supaya tanaman mendapat cukup cahaya matahari. Anda bisa meletakkan pohon yang berukuran sedang, dihiasi rerumputan dan bebatuan yang akan menambah keindahannya. Taman dalam rumah juga bisa menjadi daya tarik utama ketika masuk ke dalam ruangan. Akan tetapi usahakan untuk memilih tanaman yang mudah untuk dirawat sehingga nantinya tidak merepotkan Anda.

Ada banyak sekali referensi desain taman minimalis yang bisa Anda dapatkan, baik untuk depan maupun belakang rumah. Bahkan Anda juga bisa saja menghadirkan taman minimalis di dalam rumah, balkon atau samping rumah seperti yang sudah kami sampaikan di atas.

Soal desain taman tentu saja terserah Anda sendiri. Anda bisa berkreasi dengan bebas. Akan tetapi jangan lupa untuk memperhatikan budget. Untuk itu jika dana yang tersedia masih belum banyak Anda bisa membuat taman sederhana yang tidak membutuhkan banyak dana.

Leave a Comment