Model Desain Railing Tangga Minimalis

Model Tangga Minimalis – Menyiasati lahan yang terbatas bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membuat bangunan menjadi bertingkat. Jika bangunan memiliki lebih dari satu lantai, maka sudah bisa dipastikan ada sebuah tangga di dalamnya.

Tangga dimanfaatkan sebagai penghubung antara lantai yang satu dengan lantai lainnya. Akan tetapi ketika ingin membuat tangga minimalis, sejumlah aspek perlu disiapkan. Meliputi area yang akan dijadikan tangga, perhitungan anak tangga hingga desain tangga.

Pada dasarnya tangga memang menjadi akses untuk ke lantai atas atau bawah. Akan tetapi di sisi lain tangga juga bisa mempercantik tampilan interior rumah. Untuk menghadirkan estetika yang lebih baik, maka desain tangga harus dibuat menarik.

Misalnya jika Anda memiliki rumah dengan konsep yang minimalis, Anda bisa membuat tangga dengan desain yang minimalis. Saat ini ada banyak sekali inspirasi desain tangga dan juga desain railing tangga beragam konsep.

Untuk memudahkan Anda, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan gambaran desain tangga. Langsung saja berikut adalah referensi desainnya.

Desain Tangga Terbaru Untuk Rumah Modern Minimalis

Tangga Melayang

tangga minimalis modern

Untuk menciptakan kesan yang ringkas, tangga berdesain melayang bisa dipertimbangkan. Konsep ini terlihat minimalis, sehingga akan cocok diterapkan pada rumah dengan konsep yang sama. Cara peletakan tangga bisa bervariasi, mulai dari cara digantung, ditempelkan di dinding ataupun dengan bantuan railing.

Tangga Spiral

tangga melingkar

Tangga ini cocok dipakai pada rumah dengan ruangan yang terbatas. Tangga dengan desain spiral terkesan lebih pas jika diaplikasikan di area belakang rumah. Akan tetapi dengan sentuhan yang tepat Anda bisa membuat tangga spiral terlihat menarik di interior rumah.

Tangga Zig-zag

desain tangga unik

Tangga ini terlihat unik dan berbeda dengan tangga pada umumnya. Sebab sesuai dengan namanya, tangga ini disusun secara zig-zag. Tangga ini juga cocok diterapkan pada bangunan yang memiliki ruang terbatas.

Tangga Penguin

desain tangga pinguin

Sama halnya dengan tangga zig-zag, kesan unik juga tampak jelas pada tangga penguin. Tangga ini bahkan cocok untuk rumah mungil sekalipun lantaran lebih hemat tempat. Untuk desainnya menggunakan permainan bentuk dengan tetap memperhatikan kekuatan. Tangga ini juga sering disebut dengan istilah tangga split.

Tangga Kayu

tangga kayu minimalis

Untuk menghadirkan kesan yang alami, tangga kayu bisa dipilih untuk hunian Anda. Selain memunculkan suasana yang hangat dan natural, tangga kayu dengan ciri khasnya yang berwarna coklat juga bisa membuat interior rumah lebih cantik.

Tangga Metal

desain tangga industrial

Ingin memunculkan kesan industrial pada rumah? Maka Anda bisa mengubah tangga dengan bahan metal. Buat tangga dengan sentuhan yang tegas dan minim polesan untuk mempertahankan kesan minimalis dan memunculkan kesan industrial.

Tangga Beton

tangga beton

Mengekspos beton secara langsung tak selamanya jelek. Dengan kualitas yang baik, Anda bisa mendapatkan tangga dengan tampilan yang unik sekaligus tetap minimalis.

Baca juga: Warna Cat Rumah Minimalis

Tangga Kaca

tangga kaca minimalis

Tangga kaca akan memunculkan kesan minimalis sekaligus modern. Tangga ini juga bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin interior tampil memikat.

Tangga dengan Warna Cerah

desain tangga unik

Tangga rumah bisa menjadi daya tarik utama dalam sebuah ruangan. Caranya adalah dengan mengaplikasikan warna yang berbeda. Anda bisa mengecat tangga dengan warna cerah dan kontras dengan ornamen di sekitarnya.

Tangga dengan Warna Natural

desain tangga kayu

Warna natural juga tidak ada salahnya diterapkan pada tangga. Kesan sejuk dan alami bisa menghiasi interior rumah Anda.

Tangga Multifungsi

desain tangga

Tangga juga bisa dibuat multifungsi atau mempunyai fungsi ganda. Misalnya memodifikasinya sehingga bisa berfungsi sebagai meja makan. Anda tinggal menambahkan beberapa meja di sampingnya.

Selain itu tangga juga bisa difungsikan sebagai lemari penyimpanan jika ruang bawah tangga masih kosong. Dengan begitu Anda bisa menyimpan berbagai barang dengan mudah tanpa perlu menambah lemari.

Desain Railing Tangga

Desain railing tangga bisa berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikannya sesuka hati. Akan tetapi akan lebih baik jika desain railing tangga senada dengan konsep interior rumah Anda sehingga tetap terlihat menarik.

Biasanya railing tangga ini terbuat dari besi tempa atau besi biasa. Ada juga material lain yang juga dipakai untuk railing tangga. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Baik dari segi tampilan maupun harga. Untuk inspirasinya silakan simak gambar berikut.

desain railing tangga

Harga Railing Tangga

Harga Rp. 372.300/m2

Spesifikasi :

  • Tiang Railing tangga berbahan besi Hollow Hitam 40x40mm
  • Jaro/jari-jari dalam berbahan besi hollow Hitam 20x40mm
  • Handdrile/pegangan tangan berbahan besi hollow 30×50
  • Warna railing tangga bebas sesuai request
  • Gratis biaya pemasangan
  1. Harga Rp. 430.500/m2

Spesifikasi :

  • Tiang Railing tangga berbahan besi Hollow Galvanis anti karat 40x40mm
  • Jaro/jari-jari dalam berbahan besi hollow Galvanis anti karat 20x40mm
  • Handdrile/pegangan tangan berbahan besi hollow 30×50
  • Warna railing tangga bebas sesuai request
  • Gratis biaya pemasangan
  1. Harga Rp. 490.200/m2

Spesifikasi :

  • Tiang Railing tangga berbahan besi Hollow hitam 40×60mm
  • Jaro/jari-jari dalam berbahan besi hollow Hitam 20x40mm
  • Handdrile/pegangan tangan berbahan besi hollow 30×50
  • Warna railing tangga bebas sesuai request
  • Gratis biaya pemasangan
  1. Harga Rp. 610.500/m2

Spesifikasi :

  • Tiang Railing tangga berbahan besi Hollow Galvanis anti karat 40×60 mm
  • Jaro/jari-jari dalam berbahan besi hollow anti karat 20x40mm
  • Handdrile/pegangan tangan berbahan besi hollow 30×50
  • Warna railing tangga bebas sesuai request
  • Gratis biaya pemasangan

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendesain Tangga

Desain

Desain dan model perlu dicermati sebelum membangun tangga. Hal ini berkaitan dengan biaya yang nantinya akan Anda keluarkan. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda bertanya terlebih dahulu kepada ahlinya sehingga Anda mempunyai gambaran kisaran biaya renovasi nantinya.

Posisi Tangga

Posisi tangga yang baik berada di area yang mudah dijangkau dari berbagai sudut rumah. Hal ini akan memudahkan pemilik saat akan naik ataupun turun tangga.

Keamanan

Keamanan juga harus menjadi hal yang tak boleh terlupakan. Pastikan tangga dilengkapi dengan railing yang memadai. Mengenai bahannya tergantung selera Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga

Kualitas Anak Tangga

Pastikan Anda menggunakan material bangunan yang berkualitas. Sehingga tangga bisa tahan lama.

trik desain anak tangga

Trik Desain Tangga

Variasi Lebar

Jika ingin tampil beda, Anda bisa mencoba membuat lebar tangga bervariasi. Tentunya tangga akan menjadi unik dan tidak membosankan untuk dinaiki maupun dituruni.

Kreasikan Railing

Railing biasanya dipasang sejajar dengan tangga. Akan tetapi sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai hal tersebut. Maka dari itu Anda bisa mencoba berkreasi dengan railing supaya selain aman tampilannya terlihat lebih menarik.

Dinding Parapet

Anda bisa memberikan dinding pembatas atau parapet pada tangga. Selain tampilannya terlihat lebih menarik, dinding ini juga membuat ruang tangga tidak terkesan sempit.

Semi Privasi

Jika tidak ingin pembatas dinding penuh, Anda bisa menggantinya dengan parapet semi-transparan dari bahan kayu. Supaya tetap ada privasi dan juga menimbulkan kesan unik pada interior.

Pemilihan Cat

Jika Anda perlu mengaplikasikan cat pada tangga, pastikan pemilihannya sesuai. Anda bisa menerapkan warna yang senada dengan ruangan. Atau Anda bisa mengaplikasikan warna yang cerah. Yang pasti pastikan tampilannya tetap selaras dengan interior rumah Anda.

Demikian artikel seputar desain tangga dan railing tangga yang dapat kami berikan kepada Anda. Referensi lain tetap bisa Anda dapatkan di media sosial, blog, majalah ataupun televisi. Anda juga bisa berkreasi sendiri. Akan tetapi jangan lupa untuk berkonsultasi dengan yang ahli supaya Anda tidak kesulitan untuk menghadirkan tangga yang indah di dalam rumah.

Yang juga tak kalah penting diperhatikan adalah keamanannya ketika digunakan nanti. Untuk tangga rumah sesuaikan dengan penghuni rumah. Misalnya jika ada anak kecil maka pilih model tangga yang aman dipakai untuk anak kecil. Pastikan sudut-sudut railing tidak lancip dan juga rapat sehingga risiko terjatuh bisa dihindari. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment