Desain Teras Rumah Minimalis Kekinian

Teras Rumah Minimalis Kekinian – Setiap rumah biasanya memiliki teras di depan ataupun teras di belakang rumah. Pada dasarnya teras berfungsi sebagai tempat untuk bersantai bagi para pemiliknya. Di teras kita bisa duduk dengan nyaman dan menikmati suasana sekitar sembari menikmati teh atau kopi hangat dan membaca kabar baru dari layar ponsel atau koran.

Oleh karenanya tidak sedikit orang yang menaruh perhatian khusus pada teras rumahnya. Memiliki teras rumah yang menarik bisa menjadi kebanggaan tersendiri, terutama teras depan rumah. Selain menambah kesan menarik hunian kita, teras rumah yang indah akan membuat kita semakin nyaman dan betah berlama-lama di sana.

Jika teras rumah yang Anda miliki sekarang masih kurang menarik, maka Anda bisa melakukan renovasi. Atau jika Anda membangun rumah dari nol Anda bisa mencari inspirasi mengenai bagaimana tampilan teras rumah nantinya. Sebagai inspirasi, Anda bisa melihat beberapa referensi teras rumah minimalis di bawah ini.

Inspirasi Teras Rumah Minimalis

Teras Kecil dengan Warna Senada Fasad Rumah

teras rumah minimalis

Anda bisa mendapatkan kesan minimalis dengan teras yang berukuran mungil seperti gambar di bawah ini. Anda bisa menerapkan ceiling yang tinggi dan dilabur dengan cat putih. ceiling ini dibentuk mengerucut seperti atap sehingga terlihat lebih unik. Sementara warna putih yang identik dengan warna terang akan membuat teras terkesan lebih luas dari yang sebenarnya.

Baca juga: Desain Taman Rumah Minimalis

Teras Kering dengan Pohon Kaktus

teras minimalis

Konsep minimalis tentu saja tidak memanfaatkan banyak sekali ornamen tambahan. Seperti halnya inspirasi desain teras rumah yang satu ini. Cukup dengan perpaduan dua warna di sekitar teras dan tambahan pohon kaktus bisa membuat teras tampak atraktif. Desain yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah dengan lebar 6 meter.

Teras Rumah Nuansa Alami

teras modern

Anda juga bisa menghadirkan kesan natural di teras rumah. Salah satu inspirasinya dengan memadukan dinding bata dan dinding kayu berwarna putih pada fasad. Lalu di bagian lantai Anda bisa memilih material kayu dan membiarkan warna alaminya terekspos. Dengan begitu kesan alami akan terasa kental di teras rumah Anda. Sebagai pelengkap Anda bisa menambahkan tanaman hijau

Lantai Dua Sebagai Kanopi

teras rumah simpel

Jika tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat kanopi di teras, Anda bisa membuat desain rumah sedemikian rupa sehingga lantai dua yang menjorok keluar di atas teras juga berfungsi sebagai kanopi. Sebagai pemanis Anda bisa menerapkan kayu pada ceiling dan bench di teras untuk menghadirkan kesan hangat sekaligus menenangkan. Dengan begitu Anda bisa bersantai dengan tenang di sana.

Teras Minimalis dengan Sentuhan Rustic

teras rustic

Gaya rustic masih populer di Indonesia dan juga di luar negeri. Anda bisa mencoba menerapkannya di teras rumah untuk mendapatkan tampilan yang beda dari yang lain. Anda bisa mempercantik tampilan teras dengan aksesoris bergaya rustic chic. Supaya lebih berwarna Anda boleh menambahkan tanaman atau bunga warna-warni supaya teras rumah terkesan lebih cerah.

Teras Rumah Kekinian

teras minimalis milenial

Inspirasi teras rumah yang satu ini mempunyai kesan praktis, minimalis dan unik. Tampilannya sesuai dengan selera generasi milenial yang cenderung suka dengan sesuatu yang efektif dan unik. Tidak hanya itu, teras rumah ini juga akan mudah untuk dibersihkan sehingga tidak perlu terlalu susah payah ketika ingin membersihkannya.

Teras dengan Sentuhan Kayu dan Kolam

teras rumah kayu

Selain desain di atas, Anda juga bisa mencoba mengaplikasikan elemen kayu di beberapa bagian seperti pada contoh desain teras rumah minimalis ini. Anda juga bisa menambahkan sofa, kursi dan meja kopi untuk tempat bersantai. Sebagai tambahan Anda juga bisa memberikan kolam minimalis. Alhasil suasana hangat akan menyambut Anda setiap menginjakkan kaki di teras rumah ini.

Teras Belakang dengan Sliding Door

teras rumah unik

Pada inspirasi desain ini terdapat sliding door yang menutupi seluruh dinding balkon di lantai 2. Ketika ingin mengaplikasikan desain seperti ini, dianjurkan lebar sliding door tidak lebih dari 1,5 meter supaya tidak terlalu berat saat menggesernya. Untuk itu Anda bisa membaginya menjadi 3-4 pintu.

Anda bisa memakai pintu grid kayu jika ingin mendapatkan privasi namun juga tetap ingin merasakan sinar matahari di pagi hari. Jangan lupa berikan cat politur UV dan bersifat water repellent supaya kayu tahan terhadap sinar matahari maupun air.

Teras dengan Taman dan Kolam

teras elegan

Salah satu penthouse di Jakarta Utara ini bisa menjadi referensi lain ketika Anda ingin mendapatkan teras rumah dengan desain yang indah dan elegan. Pada penthouse ini ruang baca mendapatkan pemandangan yang mewah ke arah kolam. Suara air yang menenangkan tentu bisa membuat penghuni rileks di sana. Tidak hanya itu, adanya area hijau dengan pemandangan kota di teras atas dan bawah juga membuatnya menjadi semakin menarik.

Area hijau tersebut bersebelahan dengan ruang keluarga. Sebagai tambahan, Anda bisa meletakkan ruangan yang sering dipakai bersama keluarga di satu ruangan memanjang. Misalnya ruang keluarga dan ruang makan.

Teras Minimalis dengan Ruang Hijau

teras minimalis simpel

Menghadirkan ruang hijau di teras rumah bisa membuat mata lebih segar saat memandangnya. Anda bisa memberikan pintu utama kaca lipat dengan model yang sederhana. Tidak hanya berfungsi untuk memberikan udara segar, taman juga bisa membuat tempat bersantai lebih indah.

Baca juga: Model Kanopi Kaca Dan Harga Per Meter

Tips Menata Teras Rumah Minimalis

Menghadirkan kesan minimalis di teras rumah bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan supaya teras tidak hanya minimalis namun juga terlihat indah. Berikut beberapa tips menata teras minimalis.

Penataan Tanaman Hias

Banyak teras rumah yang dilengkapi dengan tanaman hias. Akan tetapi usahakan supaya tanaman hias tersebut tidak membuat rumah terkesan tertutup. Cukup tambahkan beberapa pot tanaman hias. Pemilihan tanaman hias juga perlu diperhatikan supaya senada dengan teras.

Dekorasi Teras

Biasanya kita tergoda untuk memberikan berbagai macam dekorasi di teras rumah. Karena tujuannya adalah menghadirkan suasana yang minimalis, maka batasi peletakan dekorasi di teras. Cukup berikan beberapa dekorasi penting, seperti cushion empuk atau karpet outdoor maupun tanaman hias. Dengan begitu tampilan teras akan menarik dan kesan minimalis tetap terjaga dengan baik.

Furnitur Khusus untuk Teras

Untuk teras rumah alangkah baiknya untuk memilih furnitur yang memang dikhususkan untuk teras. Misalnya memilih meja atau kursi yang materialnya tahan lama dan tahan air. Bisa memilih material kayu atau besi. Pemilihan furnitur khusus untuk teras akan membuatnya tahan lama dan tidak mudah rusak. Dan yang tak kalah penting pilih yang ukurannya sesuai dengan teras Anda. 

Teras Belakang Rumah

Jika di depan rumah tidak ada cukup ruang untuk teras, Anda bisa memindahkannya ke belakang rumah. Sehingga Anda bisa bersantai di sini bersama keluarga.

Leave a Comment