Pondasi Batu Kali Dan Metode Pelaksanaannya

Metode Pelaksanaan Pondasi Batu Kali – Kita seringkali dibuat kagum dengan berbagai bentuk bangunan yang indah dan megah. Di zaman seperti sekarang ini bukanlah hal yang sulit untuk membangun gedung pencakar langit, atau rumah dengan beberapa lantai nan mewah. Semua bangunan itu pasti membutuhkan pondasi.

Pondasi adalah struktur yang berfungsi sebagai landasan untuk menahan beban bangunan ataupun rumah. Oleh karenanya pemahaman soal pondasi bangunan ini sangat penting dan harus dipertimbangkan dengan cermat ketika ingin membuat sebuah bangunan. Seperti yang diketahui, ada cukup banyak jenis pondasi yang bisa kita temui. Salah satunya yang sangat populer adalah pondasi batu kali.

Pondasi batu kali dikenal oleh banyak masyarakat karena beberapa kelebihannya. Seperti risiko kebocoran yang lebih kecil, kemampuannya untuk menguatkan dan mempertahankan massa bangunan, biaya pembuatan yang rendah dan waktu pengerjaan yang cukup cepat.

Lantas seperti apa pembuatan pondasi batu kali ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah gambaran umum mengenai cara membuat pondasi batu kali.

pondasi rumah

Baca juga: Harga Batu Kali

Cara Membuat Pondasi Batu Kali

Sesuai dengan namanya, pondasi batu kali membutuhkan batu kali sebagai bahan dasarnya. Secara sederhana batu kali ini ditanam di dalam tanah, dengan bentuk trapesium. Karena bentuknya inilah pondasi batu kali mempunyai daya dukung yang lebih kuat.

Akan tetapi tetap saja dalam pembuatannya tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan faktor keamanan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah tahap-tahap pembuatan pondasi batu kali.

Bahan

Sebelum memulai pekerjaan, terlebih dahulu kita harus menyiapkan bahan-bahannya. Salah satunya adalah batu. Dalam pemilihan perlu diperhatikan bahwa batu-batu harus keras dengan permukaan tanpa cacat atau retak.

Selain itu siapkan pasir. Pasir ini dipakai sebagai urugan pada galian pondasi. Galian pondasi perlu diurug pasir dengan ketebalan 5 cm, lalu dipadatkan dengan timbris tangan yang terbuat dari logam atau stamper. Bahan terakhir yang perlu disiapkan adalah adukan yang terdiri dari campuran 1 semen : 5 pasir. 

Membuat Galian

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah membuat galian. Yang dilakukan gali tanah dengan ukuran yang sama seperti lebar pondasi di bagian bawah dengan kedalaman yang disyaratkan. Setelah itu gali sisi miringnya. Dengan demikian akan diperoleh sudut kemiringan yang paling tepat. Jangan lupa untuk memeriksa lebar, kedalaman dan kerapian sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan.

tahap pengerjaan pondasi

Urug dengan Pasir

Ketika pembuatan galian sudah selesai, berikutnya adalah meratakan pasir urug di dasar galian. Setelah itu siram dengan air untuk mendapatkan kelembapan yang optimal. Anda bisa menggunakan stamper untuk memadatkan pasir urug tersebut. Selanjutnya ulang langkah kedua jika memang diperlukan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan ketebalan pasir urug sesuai dengan yang direncanakan.

Memasang Pondasi

Saat memulai pekerjaan pemasangan pondasi, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Anda perlu memasang patok bantu untuk memasang profil. Dua patok dipakai untuk setiap profil. Sedangkan profil dipasang di setiap ujung lajur pondasi.

Pemasangan bilah bantu datar di kedua patok harus memiliki tinggi yang sama seperti profil. Pemasangan profil harus tegak lurus, sementara bidang atas profil datar. Usahakan agar titik tengah profil tepat di tengah-tengah galian yang direncanakan dan bidang atasnya sesuai dengan profil pondasi.

Kemudian ikat profil di bagian bilah datar yang dipasang di antara dua patok. Jangan lupa untuk memakunya supaya lebih kuat. Pasang patok sokong miring di bagian tebing galian pondasi. Lalu ikat pada profil supaya lebih kokoh. Periksa pula ketegakan profil dan ukurannya. Jika ada yang kurang tepat lakukan perbaikan.

pengerjaan pondasi

Pasangan Pondasi Batu Kali

Saat akan memasang pondasi batu kali, pasang benang di sisi luar profil setiap beda tinggi 25 cm dari permukaan urug pasir. Setelah itu siapkan adukan supaya bisa meletakkan batu-batuan tersebut. Langkah selanjutnya adalah menyusun batu di atas lapisan pasir tanpa adukan dengan tinggi 20 cm.

Isikan pasir di dalam celah batu sehingga tidak ada rongga antar batu yang satu dengan yang lain. Kemudian siram pasangan batu kosong dengan air. Sediakan tempat untuk lubang stek kolom dan kebutuhan lain. cor stek kolom dan jangan lupa untuk merapikan pondasinya. Saat pasangan mengeras, bagian sisi pondasi diurug kembali.

Baca juga: Harga Borongan Bangunan Per Meter

Kelebihan Pondasi Batu Kali

pondasi batu

Masing-masing pondasi mempunyai ciri khas yang berbeda. Sama halnya seperti pondasi batu kali. Perlu dicatat, pondasi batu kali mempunyai beberapa karakter yang berbeda dengan jenis pondasi lainnya. Beberapa karakter ini menjadi kelebihan dari pondasi batu kali. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Minim Kebocoran

Pondasi batu kali dapat meminimalisir semua jenis kebocoran. Maka dari itu membangun rumah dengan pondasi batu kali bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab lingkungan bisa lebih sehat dan terjaga karena tidak mudah terjadi kebocoran. Baik gas maupun banjir. Pondasi ini juga tidak akan terkena serangan jamur.

Konstruksi Sederhana

Pondasi batu kali juga mempunyai karakter konstruksi yang lebih sederhana dibandingkan dengan jenis pondasi lain. Sehingga proses pengerjaan pondasi batu kali menjadi lebih praktis. Bahan baku yang dipakai dalam pembuatan pondasi ini juga tidak terlalu banyak, sehingga akan menghemat pengeluaran.

Dapat Memperkuat Massa Bangunan

Pondasi batu kali sudah dipakai sejak dulu karena dikenal awet dan tahan lama. Oleh karenanya pondasi ini sangat efektif dalam membuat struktur bangunan yang dibangun di atasnya semakin kokoh dan kuat.

Waktu Pengerjaan Singkat

Pengerjaan pondasi batu kali umumnya lebih singkat, sama seperti dengan memakai pondasi batu bata. Oleh karenanya pondasi ini cocok dipakai jika berencana membangun dalam waktu yang relatif singkat.

kelebihan pondasi batu

Tahan Gempa

Pondasi batu kali mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap guncangan seperti gempa. Pondasi batu kali ini dapat dipadukan dengan teknik pemasangan strauss pile atau bore pile supaya daya tahan bangunan terhadap guncangan semakin baik. Selain itu juga dapat meredam getaran dari dalam tanah maupun lingkungan di sekitar bangunan.

Lebih Fleksibel

Pondasi batu kali juga fleksibel karena ukurannya dapat disesuaikan dengan mudah berdasarkan lebar bangunan. Dengan demikian daya topang terhadap beban menjadi lebih maksimal dan bisa meminimalisir ketidakakuratan pondasi pada bangunan rumah.

Murah

Pondasi batu kali tidak membutuhkan alat berat dalam pembuatannya. Di samping itu bahan baku pondasi ini juga murah. Seperti batu kali, pasir dan juga semen. Seluruh bahan ini dapat dijumpai di toko material terdekat. Karena beberapa faktor tersebut biaya pembuatan pondasi batu kali minim biaya.

Walaupun mempunyai beberapa kelebihan, pondasi batu kali tidak dapat digunakan pada semua jenis tanah. Pondasi ini disarankan digunakan pada tanah yang stabil. Sebab jika terjadi pergeseran tanah maupun akar pohon bisa membuat struktur dinding mengalami keretakan. Maka dari itu penting untuk melakukan pengecekan kondisi tanah sebelum memutuskan memakai pondasi ini.

Leave a Comment