Harga Aluminium Foil Untuk Atap Per M2

Aluminium Foil Atap – Atap menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari sebuah gedung atau rumah. Atap memiliki fungsi yang sangat penting sehingga selalu hadir dalam suatu bangunan. Pada dasarnya atap adalah bangunan di atas yang berfungsi sebagai peneduh dari sinar matahari, air hujan, serta sebagai penepis angin.

Pemasangan atap yang baik akan membuat ruangan di bawahnya menjadi nyaman dan aman untuk dipakai. Sebab ruangan terhindar dari hawa panas dari sinar matahari, basah saat hujan, hawa dingin yang datang saat malam hari dan serangan serangga atau hewan lainnya.

Alternatif Mendinginkan Ruangan Tanpa AC

Biasanya para pemilik rumah akan menambahkan kipas angin atau pendingin ruangan (AC) agar hawa di dalam ruangan lebih sejuk. Hal ini cukup lazim dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, mengingat negara ini merupakan kawasan tropis dengan hawa yang cukup panas. Hanya saja penggunaan AC membutuhkan listrik, dan bisa saja listrik rumah terbebani karena plafon yang kurang maksimal dalam menghalau panas.

Perlu diketahui pemasangan plafon pada langit-langit ruangan bisa mengurangi panas dari sinar matahari yang mengenai penutup atap. Sebab hawa panas akan diteruskan ke plafon dan akan diredam oleh material plafon. Akan tetapi kerja plafon bisa saja kurang maksimal sehingga panas tidak terserap dengan baik.

aluminium foil atap

Belum lagi jika masalah lain muncul seperti kebocoran atap atau plafon terkena air hujan terus-menerus yang akan memunculkan noda dan jamur. Dalam waktu lama plafon bisa saja rusak atau keropos.

Untuk mencegah masalah-masalah tersebut kita bisa memanfaatkan aluminium foil atap. Mungkin Anda sudah familiar dengan barang yang satu ini. Biasanya aluminium foil digunakan dalam masak. Akan tetapi juga ada aluminium foil yang digunakan khusus untuk bangunan.

Dapat Mengatasi Rumah Bocor

Aluminium foil ini berfungsi untuk meredam panas dari matahari maupun suhu di luar atap. Selain itu aluminium foil atap juga berfungsi untuk mencegah kebocoran dan tampias air hujan.

Umumnya ada dua jenis aluminium foil atap. Yaitu aluminium foil untuk bangunan rumah dan aluminium foil untuk bangunan pabrik atau gudang. Kedua jenis bangunan ini membutuhkan aluminium foil atap yang berbeda.

Pada bangun rumah tinggal umumnya terdapat penutup plafon di bawah atap. Sehingga aluminium foil yang dipakai cukup yang jenis Single Side. Aluminium Foil Single Side ini hanya memiliki permukaan aluminium di sisi atas saja. Sedangkan di permukaan bawah tidak dilapisi aluminium foil. Selain itu lembaran aluminium foil lebih tipis dan memiliki bobot yang ringan.

Baca juga: Daftar Harga Turbin Ventilator

Lain halnya dengan bangunan pabrik atau gudang yang biasanya memakai atap ekspose tak berplafon dan memakai atap penutup dari bahan material seng, galvalum ataupun atap bergelombang. Hal ini membuat ruang di bawah atap lebih panas lantaran sinar matahari, serta menimbulkan suara bising ketika hujan turun.

Leave a Comment