Harga Aluminium Foil Untuk Atap Per M2

Aluminium Foil Atap – Atap menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari sebuah gedung atau rumah. Atap memiliki fungsi yang sangat penting sehingga selalu hadir dalam suatu bangunan. Pada dasarnya atap adalah bangunan di atas yang berfungsi sebagai peneduh dari sinar matahari, air hujan, serta sebagai penepis angin.

Pemasangan atap yang baik akan membuat ruangan di bawahnya menjadi nyaman dan aman untuk dipakai. Sebab ruangan terhindar dari hawa panas dari sinar matahari, basah saat hujan, hawa dingin yang datang saat malam hari dan serangan serangga atau hewan lainnya.

Alternatif Mendinginkan Ruangan Tanpa AC

Biasanya para pemilik rumah akan menambahkan kipas angin atau pendingin ruangan (AC) agar hawa di dalam ruangan lebih sejuk. Hal ini cukup lazim dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, mengingat negara ini merupakan kawasan tropis dengan hawa yang cukup panas. Hanya saja penggunaan AC membutuhkan listrik, dan bisa saja listrik rumah terbebani karena plafon yang kurang maksimal dalam menghalau panas.

Perlu diketahui pemasangan plafon pada langit-langit ruangan bisa mengurangi panas dari sinar matahari yang mengenai penutup atap. Sebab hawa panas akan diteruskan ke plafon dan akan diredam oleh material plafon. Akan tetapi kerja plafon bisa saja kurang maksimal sehingga panas tidak terserap dengan baik.

aluminium foil atap

Belum lagi jika masalah lain muncul seperti kebocoran atap atau plafon terkena air hujan terus-menerus yang akan memunculkan noda dan jamur. Dalam waktu lama plafon bisa saja rusak atau keropos.

Untuk mencegah masalah-masalah tersebut kita bisa memanfaatkan aluminium foil atap. Mungkin Anda sudah familiar dengan barang yang satu ini. Biasanya aluminium foil digunakan dalam masak. Akan tetapi juga ada aluminium foil yang digunakan khusus untuk bangunan.

Dapat Mengatasi Rumah Bocor

Aluminium foil ini berfungsi untuk meredam panas dari matahari maupun suhu di luar atap. Selain itu aluminium foil atap juga berfungsi untuk mencegah kebocoran dan tampias air hujan.

Umumnya ada dua jenis aluminium foil atap. Yaitu aluminium foil untuk bangunan rumah dan aluminium foil untuk bangunan pabrik atau gudang. Kedua jenis bangunan ini membutuhkan aluminium foil atap yang berbeda.

Pada bangun rumah tinggal umumnya terdapat penutup plafon di bawah atap. Sehingga aluminium foil yang dipakai cukup yang jenis Single Side. Aluminium Foil Single Side ini hanya memiliki permukaan aluminium di sisi atas saja. Sedangkan di permukaan bawah tidak dilapisi aluminium foil. Selain itu lembaran aluminium foil lebih tipis dan memiliki bobot yang ringan.

Baca juga: Daftar Harga Turbin Ventilator

Lain halnya dengan bangunan pabrik atau gudang yang biasanya memakai atap ekspose tak berplafon dan memakai atap penutup dari bahan material seng, galvalum ataupun atap bergelombang. Hal ini membuat ruang di bawah atap lebih panas lantaran sinar matahari, serta menimbulkan suara bising ketika hujan turun.

Untuk itu khusus atap bangunan pabrik atau gudang menggunakan Aluminium Foil Double Side dengan permukaan atas dan permukaan bawah yang dilapisi aluminium foil. Aluminium foil jenis ini juga lebih tebal dan mempunyai bobot yang lebih berat.

Bahan Pembuat Aluminium Foil Atap

aluminium foil bangunan

Aluminium foil bisa terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan bahan pembuatannya. Antara lain woven laminated, bubble laminated dan foam laminated. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai tiga bahan pembuat aluminium foil atap ini.

Woven Laminated

Aluminium foil woven laminated terbuat dari bahan dasar plastik woven  yang dilapisi reflektor panas PET Metalizing yang berfungsi sebagai pemantul panas sinar matahari. Peredam dengan bahan dasar woven terbagi menjadi dua bagian, yakni woven single laminated dan woven double side laminated. Double side laminated bisa memberikan perlindungan yang lebih baik karena terdiri dari dua sisi.

Woven single side metalizing menjadi pilihan yang paling terjangkau dari semua macam woven laminated. Untuk jenis ini satu sisi hanya dilapisi lapisan pemantul yang terbuat dari bahan karung plastik yang kuat.

Sedangkan double side metalizing mempunyai reflector double side yang membuatnya bisa memantulkan panas lebih baik dari single side. Dengan begitu ruangan di bawah atap menjadi lebih terang.

Woven laminated memiliki harga yang ekonomis, kuat dan tahan air. Selain itu bahan ini juga mudah dalam hal pemasangan. Tidak hanya bisa dipakai untuk meredam panas, aluminium woven laminated juga bisa dipakai lapisan tampias kebocoran akibat rembesan air hujan dari genteng. Cocok untuk atap dengan konstruksi baja ringan. 

aluminium foil roll

Baca juga: Harga Atap Spandek

Bubble Laminated

Bubble laminated adalah jenis pelapis atap dengan bahan dasar gelembung di bagian tengah. Sedangkan lapisan pemantulnya ada di kedua sisi. Pelapis dengan bahan dasar bubble dapat menyerap panas lebih baik. Hal inilah yang membuat aluminium foil bubble laminated lebih mahal. Tidak hanya itu, bubble laminated juga dapat meredam suara bising yang ditimbulkan oleh air hujan saat jatuh ke permukaan atap.

Foam Laminated

Foam laminated adalah pelapis atap berbahan busa dengan lapisan metalizing yang terdapat di kedua sisinya. Jenis bahan ini sangat baik jika dipakai sebagai peredam suara dan panas. Bahan ini sangat cocok dipakai pada atap pabrik atau gudang. Kemampuannya dalam mengisolasi panas dan suara sangat baik. Selain itu aluminium foil ini juga tebal sehingga sangat awet, namun bobotnya relatif lebih berat.

Busa dengan laminasi metalizing bolak-balik ini cocok dipakai pada atap metal seperti seng atau spandex. Sebab busa yang memiliki ketebalan 8 mm itu dapat mengurangi suara berisik saat hujan.

Kelebihan Aluminium Foil Atap

woven laminated

Di atas sudah kami jelaskan singkat apa manfaat dari aluminium foil atap. Pada poin ini akan kami jelaskan apa saja kelebihan aluminium foil atap, sehingga Anda bisa lebih mengerti sebelum memutuskan membeli aluminium foil atap. Ada sekitar 8 kelebihan dari aluminium foil atap, antara lain:

  • Memiliki daya tahan yang baik, bahkan bisa dipakai hingga 10 tahun lamanya
  • Mampu memantulkan panas dan sinar ultraviolet sehingga suhu ruangan lebih sejuk
  • Diklaim dapat menghemat penggunaan AC hingga 60%
  • Mempunyai nilai estetika  yang baik
  • Pengaplikasian dapat dilakukan dengan mudah sehingga lebih hemat biaya
  • Aluminium foil juga anti korosi dan jamur sehingga aman untuk atap
  • Aluminium foil atap tidak berbahaya bagi tubuh, tidak seperti asbes
  • Tidak mengalami perubahan bentuk atau menyusut walaupun mengalami perubahan suhu maupun cuaca.

Lantas berapa harga aluminium foil atap? Untuk mengetahui harga pasarannya, kami telah merangkum dari beberapa sumber yang bisa Anda jadikan acuan. Berikut daftar harga selengkapnya.

Daftar Harga Aluminium Foil Atap Terbaru

aluminium foil lembaran

No Produk Aluminium Foil Atap   Harga
1 Aluminium Woven foil Woven Metalizing Double side / pelapis atap Rp. 408.000/roll
2 Bubble foil ukuran 1,2x25M tebal 4mm Rp. 27.500/Meter
3 Bubble Laminated Rp. 670.000 / roll
4 Foam 8mm Rp. 1.700.000/ roll
5 Foam foil ukuran 1x25M tebal 3mm Rp. 65.000/Meter
6 Metalizing Aluminium Foil Woven 2 Sisi Peredam Panas Rp. 515.000/roll
7 Moncrete – Bubble foil aluminium 3mm pemantul panas atap Rp. 455.000/roll
8 Paper foil double ukuran 1,25 x 60 M Rp. 8.700/Meter
9 Paper foil single ukuran 1,25 x 60 M Rp. 7.500/Meter
10 peredam panas atap aluminium foil PF3EE Rp. 565.000/roll
11 Truss woven foil aluminium pemantul panas atap bangunan Rp. 315.000/roll
12 Woven Double Side Laminated Rp. 490.000 / roll
13 Woven foil double ukuran 1,2 x 50 M Rp. 9.000/Meter
14 Woven foil single ukuran 1,2 x 50 M Rp. 8.500/Meter
15 Woven Single Laminated Rp. 385.000 / roll

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu harga aluminium foil atap juga bisa berbeda di setiap toko. Meski begitu umumnya selisih harganya tidak terlalu besar. Sehingga Anda tetap bisa memanfaatkan daftar harga di atas sebagai referensi.

Leave a Comment