Harga Atap Seng Galvalum Per Meter Persegi

Atap Seng Galvalum – Seiring dengan kemajuan zaman, dunia konstruksi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Penemuan-penemuan baru hadir untuk memudahkan sekaligus memberikan solusi kepada umat manusia mengenai konstruksi. Itulah mengapa saat ini ada banyak sekali material bangunan yang bisa kita manfaatkan.

Berbeda jika menengok beberapa abad yang lampau, di mana teknologi konstruksi terbilang sangat sederhana. Saat ini kita mengenal berbagai jenis pasir, batuan, semen, genteng, besi, kayu dan lain sebagainya. Masing-masing material bangunan tersebut pasti mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Sama halnya dengan atap seng galvalum.

Banyak orang yang memilih seng atap galvalum dan seng gelombang karena beberapa alasan. Seperti materialnya yang lebih kedap suara dibandingkan dengan seng yang berbahan dasar besi.

Seng besi memang memiliki beberapa kekurangan. Awalnya seng ini digunakan untuk talang air di atas atap. Hanya saja penggunaan semacam ini sudah jarang lantaran dinilai kurang efektif. Selain itu seng besi juga rentan berkarat. Seng besi juga tidak tahan cuaca ekstrim. Terlebih jika ada hewan yang berkelahi di atasnya ataupun saat hujan turun. Hal ini bisa menimbulkan suara yang berisik dan mengganggu.

atap seng

Seng besi juga tidak dapat menyerap panas. Ketika sinar matahari terik, panasnya akan terserap masuk ke dalam. Sehingga kita akan merasa gerah saat berada di bawahnya.

Itulah kenapa kebanyakan orang menghindari untuk memakai seng besi sebagai atap rumah atau penutup suatu area. Dan sebagai alternatifnya bisa memilih seng galvalum. Seng yang satu ini dinilai lebih baik, tahan lama dan mempunyai tampilan yang terkesan lebih menarik.

Tidak hanya itu saja, harga atap seng galvalum juga terjangkau. Biasanya seng galvalum ini dijual per meter, per lembar atau per roll. Oleh karenanya harga seng galvalum bisa beragam.

Baca juga: Harga Atap Polycarbonate per M2

Sebelum membahas soal harga, terlebih dahulu kita ketahui lebih lanjut seputar atap galvalum. Galvanization atau galvanisasi merupakan proses penerapan protective zinc coating pada besi atau baja. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko berkarat. Istilah tersebut berasal dari ilmuwan Italia, Luigi Gallvani. 

Galvanisasi ini dapat dilakukan dengan elektrokimia dan proses elektrodeposisi. Akan tetapi metode  yang sering digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi. Caranya adalah dengan merendam bahan baja di dalam bak zinc cair atau molten zinc. Dalam proses ini ada dua teknik dasar dalam pelapisan anti karat pada besi, yakni galvanis atau galvanized atau galvalume.

atap galvalum

Untuk galvalume finishing terdiri dari 55% aluminium sebagai unsur coating. Sedangkan 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon. Teknik kedua disebut dengan istilah Zincalume. Pelapisan zincalume sendiri terdiri dari 98% unsur coating seng/zinc dan 2% adalah unsur aluminium. Zincalume biasanya digunakan untuk pelapisan besi atau baja ringan dengan berat per batang kurang dari 5 kilogram.

Leave a Comment