Harga Atap Polycarbonate Twinlite Bening

Harga Atap Polycarbonate Bening – Jika melihat bangunan di sekitar kita, kita mengenal ada banyak sekali jenis atap. Masing-masing mempunyai ciri khas, baik dari segi tampilan, material pembuat, hingga kualitas. Di satu sisi banyaknya pilihan akan memberikan keleluasaan kepada kita dalam menentukan pilihan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga kita akan kebingungan karena ada banyak sekali jenis atap.

Salah satu jenis yang mungkin Anda sudah tidak asing lagi adalah atap polycarbonate. Atap yang satu ini merupakan jenis penutup atap yang terbuat dari bahan polycarbonate, sama dengan namanya. Atap polycarbonate atau polikarbonat tergolong kelompok polimer termoplastik, yang mudah dibentuk dengan memanfaatkan suhu panas.

Atap polycarbonate ini bisa mengalirkan air hujan dengan cepat. Tidak hanya itu, atap ini juga bisa menyerap sinar matahari hingga nyaris 90%. Dengan begitu ruangan yang ada di bawahnya akan tetap terasa sejuk.

atap polikarbonat

Salah satu ciri khas dari atap ini terletak pada tampilannya yang tembus pandang. Atap polikarbonat juga ringan, tahan benturan hingga tahan cuaca. Hal inilah yang membuat polycarbonate menjadi pilihan alternatif selain kaca untuk bangunan rumah ataupun industri. Atap polycarbonate sendiri hadir di Indonesia sejak tahun 90-an. Kehadirannya saat itu diperuntukkan sebagai atap bagi ruangan yang memerlukan cahaya alami.

Itulah kenapa kebanyakan atap polycarbonate sudah dilengkapi dengan tambahan anti UV, baik pada satu sisi maupun kedua sisinya. Tidak hanya itu, beberapa merek luar negeri memiliki produk atap polycarbonate yang sejak awal pembuatannya sudah dicampur dengan komponen anti UV. Yakni saat material polycarbonate masih dalam mesin ekstrusi.

Tujuannya supaya komponen anti UV bisa benar-benar menyatu. Dengan demikian nantinya atap polycarbonate bisa menyerap panas sinar UV dengan baik.

Baca juga: Harga Atap Seng Galvalum Per Meter

Jenis Atap Polycarbonate

Jika Anda mengira hanya ada satu jenis atap polycarbonate, maka anggapan Anda tidak benar. Sebab ada beberapa jenis atap polycarbonate yang bisa kita jumpai di toko material bangunan. Berikut akan kami jelaskan secara singkat masing-masing jenis atap polycarbonate.

jenis atap polycarbonate

Polycarbonate Multiwall

Atap polycarbonate ini mempunyai struktur berbentuk rongga yang menyatukan dua lapisan polycarbonate. Bentuknya tidak bergelombang, dan tahan benturan serta hampir tidak bisa dipecahkan.

Polycarbonate Solid

Atap polikarbonat yang satu ini mempunyai struktur yang tebal, seperti lembaran akrilik dan kaca. Polycarbonate solid mempunyai kontur yang datar.

Polycarbonate Corrugated

Jenis Atap polikarbonat selanjutnya adalah  polycarbonate corrugated. atap boleh karbonat jenis ini mempunyai struktur bergelombang. Di samping itu atap ini hanya mempunyai satu lapisan tebal.

Polycarbonate Corrugated Multiwall

Atap polycarbonate jenis terakhir adalah Corrugated Multiwall. Atap ini mempunyai struktur berongga yang menyatukan dua lapisan. Mirip dengan polycarbonate multiwall. Hanya saja atap jenis ini mempunyai kontur bergelombang.

Kelebihan Atap Polycarbonate

polycarbonate twinlite

Polycarbonate mempunyai beberapa keunggulan yang membuatnya dilirik banyak orang. Sebelum membeli atap ini, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja kelebihan yang ditawarkan atap polycarbonate. Berikut beberapa kelebihannya.

Peredam Panas

Atap polikarbonat menjadi salah satu jenis atap yang sanggup meredam panas secara maksimal. Hal ini tercapai berkat adanya lapisan UV Protection. Alhasil material atap ini sanggup memantulkan panas hingga 90%, namun tetap menyerap seluruh cahaya sehingga ruangan di bawahnya tetap terang.

Mudah untuk Dipasang

Selain sanggup meredam panas, atap polycarbonate juga mudah untuk dipasang. Anda hanya perlu beberapa alat seperti pemotong, gasket Neoprene, sealent, pengencang, Profil U dan Profil H. Anda bisa memasangnya sendiri berbekal perkakas tersebut.

Tahan Lama dan Fleksibel

Atap polycarbonate mempunyai daya tahan yang sangat baik. Materialnya mudah dipotong namun tahan terhadap cuaca ekstrim maupun benturan. Oleh karenanya atap ini bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Varian Warna Beragam

Kelebihan selanjutnya dari atap ini adalah pilihan warna yang sangat banyak. Anda bisa memilih atap yang gelap ataupun atap bening yang cerah sesuai dengan selera. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan warna cat dinding atau bagian lain supaya terlihat senada dan menarik.

Ramah Lingkungan

Atap polycarbonate terbuat dari bahan-bahan yang diklaim ramah lingkungan. Selain itu pembuatan atap ini memanfaatkan teknologi modern. Sehingga atap ini menjadi produk yang ramah lingkungan.

Kekurangan Atap Polycarbonate

polycarbonate solarlite

Walaupun mempunyai beberapa kelebihan, atap polycarbonate memiliki beberapa kekurangan. Anda perlu mengetahuinya supaya yakin bahwa atap ini cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Mahal

Salah satu kekurangan terbesar dari atap ini adalah harganya yang tergolong mahal. Semua jenis atap polikarbonat mempunyai harga jual yang tinggi. Jika dana terbatas, maka sebaiknya Anda hindari untuk memilih atap ini.

Sulit Dibersihkan

Apabila di rumah terdapat banyak pohon tinggi dan tergolong pemukiman padat penduduk, maka Anda perlu berpikir dua kali sebelum memilih atap polikarbonat. Sebab apabila daun-daun jatuh di atas atap polikarbonat maka bisa menimbulkan jamur dan lumut. Jika hal ini sampai terjadi maka akan susah untuk membersihkannya.

Perbedaan Atap Polycarbonate Twinlite dan Solarlite

Atap polycarbonate multiwall dapat dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni polycarbonate twinlite dan polycarbonate solarlite. Keduanya mempunyai struktur yang terbilang mirip. Meski demikian ada beberapa perbedaan yang bisa Anda ketahui dari kedua jenis ini. Berikut adalah perbedaannya.

  • Ketebalan Material. Atap Polycarbonate Twinlite ternyata memiliki pilihan ketebalan yang lebih beragam, yaitu 5mm dan 6mm. Sedangkan Polycarbonate Solarlite hanya tersedia ketebalan 5mm saja.
  • Pilihan Warna. Polycarbonate Twinlite memiliki koleksi warna yang lebih gelap, sedangkan Solarlite memiliki warna – warna yang lebih cerah. Dengan mengetahui perbedaan ini, akan lebih memudahkan anda memilih yang sesuai dengan warna cat dinding rumah anda.
  • Jaminan Garansi. Jika anda ingin mendapatkan jaminan garansi hingga 10 tahun, pilih atap Polycarbonate Twinlite. Karena untuk Solarlite tidak dibekali jaminan garansi dari pabrikan.
  • Perlindungan Sinar UV. Lapisan UV Protection pada Twinlite lebih baik dibanding Solarlite. Jadi bagi anda yang menginginkan suplai cahaya yang banyak, namun tidak menimbulkan panas dan gerah, pilih saja Twinlite.
  • Banderol Harga. Faktor harga bisa jadi menjadi pertimbangan yang sangat penting. Polycarbonate Twinlite memang dibekali lebih banyak kelebihan dibanding Solarlite, namun hal itu juga menjadikan jenis Twinlite lebih mahal.

Baca juga: Ukuran dan Harga Atap Spandek

Tips Memilih Atap Polycarbonate

macam atap polycarbonate

Memilih atap polycarbonate sama seperti memilih material bangunan lain. Kita perlu jeli dalam memilih supaya tidak sampai salah membeli. Sebab atap polycarbonate yang dijual di pasaran sangat beragam, dengan kualitas material dan harga yang berbeda-beda.

Maka dari itu kita perlu memperhatikannya terlebih dahulu sebelum membelinya supaya yakin produk yang dibeli berkualitas baik. Berikut adalah tips dalam memilih atap polikarbonat.

Cermati Daya Tahan

Ketika memilih, perhatikan daya tahan dan kekuatannya. Caranya dengan menekan lembaran atap polycarbonate kuat-kuat atas izin penjual. Jika penyok atau menimbulkan lendutan pada rongga, maka kualitas material atap tersebut kurang baik. Sebab atap polycarbonate yang berkualitas tahan terhadap tekanan maupun benturan.

Perlindungan Sinar UV

Seperti yang kami jelaskan di atas, atap polycarbonate dilengkapi dengan pelindung sinar UV sehingga bisa memantulkan panas. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Anda menjumpai atap polycarbonate yang tidak sanggup memantulkan sinar UV. Maka dari itu pastikan produk yang Anda beli bisa memantulkan panas matahari namun tetap menyerap cahayanya.

Caranya dengan membawa lembaran polycarbonate di bawah terik matahari dan letakkan di atas kepala. Jika Anda tetap merasakan panas, maka kualitasnya patut dipertanyakan.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih atap polycarbonate, pastikan Anda membeli sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai nantinya Anda salah pilih atap polycarbonate. Begitu juga dengan pemilihan warnanya. Jika ingin tetap menarik padukan dengan warna dinding rumah atau bangunan.

Jaminan Garansi

Cari tahu apakah atap polycarbonate yang akan dibeli mempunyai garansi atau tidak. Ini penting supaya saat terjadi kerusakan yang bukan karena kesalahan pemasangan Anda bisa menggantinya tanpa perlu keluar uang lagi.

Daftar Harga Atap Polycarbonate

Merk Tebal Ukuran Harga
Twinlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.200.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.480.000,-
10 mm 2,1 m x 11,8 m 3.500.000,-
Lexan Easy Clean 6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.760.000,-
X-Lite 4,5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.315.000,-
Duromax 4,8 mm 2,1 m x 11,8 m 1.670.000,-
Solarlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.770.000,-
GE Carboron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.870.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.150.000,-
Polykron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.050.000,-
Global 4,2 mm 2,1 m x 11,8 m 1.225.000,-
4,5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.395.000,-
De’Light 4 mm 2,1 m x 11,8 m 1.055.000,-

 

Merek Polycarbonate Harga
Polycarbonate Solarlite 5 mm  Rp2.500.000 per roll
Polycarbonate Lexan Easy Clean 6 mm Rp.3820.000 per roll
Polycarbonate X-Lite 4,5 mm Rp2.400.000 per roll
Polycarbonate X-Lite Crystalize 4,5 mm Rp1.351.000 per roll
Polycarbonate Solite 4 mm Rp1.670.000 per roll
Polycarbonate S-Lite 5 mm Rp2.660.000 per roll
Polycarbonate Sheet 0,3 mm Rp170.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 0,5 mm Rp390.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 1 mm Rp599.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 1,5 mm Rp790.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 2 mm Rp850.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 3 mm Rp1.150.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 5 mm Rp2.350.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 6 mm Rp2.750.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 8 mm Rp3.400.000 per lembar

 

Leave a Comment