Harga Atap Zincalume Berbagai Ukuran

Harga Atap Zincalume Per m2 – Jika diperhatikan, ada banyak sekali jenis atap yang bisa kita jumpai di sekitar kita. Masing-masing jenis ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Karakteristik macam-macam atap ini juga tak sama. Salah satu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah atap zincalume.

Atap zincalume adalah material penutup rangka atap. Zincalume terbuat dari bahan dasar baja yang dilapisi unsur aluminium dan zinc. Komposisi dari lapisan tersebut 55% adalah aluminium, sementara 43,5% merupakan unsur seng dan 1,5% merupakan unsur silikon.

Perpaduan tersebut membuat atap zincalume memiliki beberapa keunggulan. Aluminium yang terdapat pada atap ini membuatnya tahan karat. Sedangkan adanya kandungan seng membuat atap zincalume menjadi kaku, kuat dan lebih ringan dibandingkan galvanis. Tidak hanya itu, disebutkan bahwa atap zincalume juga tahan terhadap cuaca ekstrem lebih baik 4 kali lipat dibandingkan dengan atap baja yang dilapisi galvanis.

Oleh karenanya tidak sedikit orang yang memilih atap zincalume dibandingkan dengan atap sejenis lainnya. Apalagi atap zincalume juga bisa berfungsi selain atap. Seperti sebagai dinding sekat ruangan atau ekspos bertema industrial untuk interior.

atap zincalume warna

Baca juga: Harga Atap Polycarbonate

Selain memiliki kandungan silikon, seng dan aluminium atap zincalume mempunyai lapisan resin. Lapisan ini membuat zincalume mudah untuk dicat ulang. Lapisan resin jernih ini membuat zincalume tidak mudah tergores dan juga tidak menimbulkan adanya bercak tangan.

Atap zincalume bisa diaplikasikan pada rangka atap besi, kayu ataupun baja ringan. Akan tetapi jika ingin pekerjaan pemasangan dilakukan dengan cepat, murah dan mudah, maka disarankan untuk memakai rangka atap baja ringan galvalume sebagai penopang penutup atap.

Sebab atap zincalume merupakan bagian dari atap baja ringan galvalume. Perbedaannya sebagai penutup atap, sudah dapat dipastikan bahwa atap zincalume berbentuk lembaran baja ringan. Sedangkan untuk keperluan rangka atap memakai jenis baja ringan Truss Canal C.

Perbedaan Atap Zincalume dan Atap Galvanis

kelebihan atap zincalume

Sudah disinggung di atas bahwa selain ada atap zincalume juga ada atap galvanis. Mungkin jika masih awam sulit untuk membedakannya. Maka dari itu berikut akan kami jelaskan apa saja perbedaan kedua jenis atap ini.

  1. Lapisan Zincalume terdiri dari 55% unsur coating aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon. Sementara lapisan atap galvanis terdiri dari 98% zinc dan 0,2% aluminium.
  2. Dari sisi permukaan, baja ringan lapisan galvanis memiliki corak seperti bunga es. Sementara lapisan zincalume memiliki warna permukaan dengan corak pasir berukuran kecil.
  3. Zincalume tidak mempunyai ketahanan terhadap semen. Berbeda dengan galvanis yang memiliki ketahanan sangat baik terhadap semen.
  4. Atap zincalume bisa tahan terhadap karat, hanya saja material zincalume kurang mampu menahan terjadinya korosi. Sedangkan atap galvanis justru sebaliknya, sangat tahan terhadap keropos namun sangat mudah berkarat.

Kelebihan Atap Zincalume

Sebelum membeli, Anda perlu mengetahui karakteristik dari atap zincalume. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mempelajari apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh atap ini. Lebih jelasnya silakan simak keunggulan atap zincalume di bawah ini.

Tahan Karat dan Korosi

Sudah kami jelaskan di atas bahwa zincalume tahan terhadap karat dan korosi. Hal ini diperoleh berkat adanya perpaduan zinc, alumunium dan resin. Terlebih adanya lapisan resin yang membuat atap zincalume tidak mudah lecet karena gesekan. Perlu diketahui bahwa lecet karena goresan atau gesekan menjadi salah satu faktor penyebab material berbahan besi maupun baja berkarat.

Leave a Comment