Harga Baja Ringan Per Meter Dan Per Batang

Harga Dan Ukuran Baja Ringan – Baja ringan menjadi salah satu material bangunan yang sangat penting. Saat ini banyak masyarakat atau kontraktor bangunan yang memilih baja ringan untuk berbagai keperluan. Sesuai dengan namanya, baja ringan mempunyai bobot yang ringan.

Walau demikian, kualitas baja ringan tidak perlu diragukan. Sebab baja ringan bisa tahan dalam waktu yang lama. Kelebihan lain dari baja ringan adalah harganya yang terjangkau, efisien dan anti rayap.

Karena banyak diminati, saat ini tidak sulit untuk menjumpai penjual baja ringan. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko material bangunan terdekat. Tidak hanya itu, kita juga bisa memesannya secara online di berbagai toko online atau e-commerce ternama.

Karena banyak yang menawarkan baja ringan dan variasi produk yang beragam, harga baja ringan juga menjadi bermacam-macam. Anda bisa mendapatkannya mulai dari Rp 60 ribuan.

jenis baja ringan

Ketika ingin membeli baja ringan, pastinya Anda harus mengetahui beberapa hal. Seperti jenis baja ringan yang dibutuhkan, berapa jumlahnya, hingga mengetahui kisaran harga dari baja ringan yang dibutuhkan. Maka dari itu kami telah menyiapkan harga baja ringan lengkap per meter. Akan tetapi lebih dulu kita bahas seputar baja ringan supaya bisa menjadi informasi tambahan bagi Anda yang masih awam seputar baja ringan.

Baca juga: Jarak Gording Atap Baja Ringan

Jenis Baja Ringan

Baja ringan terbagi menjadi beberapa macam. Masing-masing jenis ini tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga fungsinya juga bisa berbeda. Macam-macam baja ringan dini dibedakan berdasarkan bahan yang dipakai. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah jenis baja ringan yang bisa Anda temui di pasaran.

Zincalume

Baja ringan ini terbuat dari bahan logam campuran. Di antaranya seng dengan kandungan 45% seng, dan aluminium 55%. Dalam proses pembuatannya, zincalume melewati proses pembuatan dengan memakai teknologi tinggi. Hal ini membuat komposisi baja ringan zincalume akurat. Oleh karena itu harga zincalume lebih mahal dibandingkan jenis-jenis lainnya.

Galvanis

Baja ringan galvanis menggunakan proses galvanisasi atau pelapisan dengan memakai seng. Baja ringan ini juga mendapat finishing dengan coating. Untuk coating galvanis terdiri dari dua unsur, yakni 98% seng dan 2% aluminium. Harga baja ringan galvanis lebih terjangkau dibandingkan dengan zincalume.

Galvalum

Jenis baja ringan selanjutnya adalah galvalum. Baja ringan ini memakai bahan pelapis seng. Galvalum juga memiliki pelapis yang terdiri dari seng dan silikon. Galvalum diklaim mempunyai kekuatan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan baja ringan galvanis.

Kelebihan Baja Ringan

atap baja ringan

Setiap material bangunan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini perlu dipahami supaya kita bisa menentukan material mana yang akan dipakai dengan tepat. Sama halnya dengan baja ringan, ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan dari material ini. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

  1. Memiliki bobot yang ringan, sehingga akan memudahkan pemasangannya.
  2. Baja ringan anti rayap karena materialnya yang kuat sehingga tak bisa dimakan rayap. Tidak seperti material kayu yang rentan serangan rayap.
  3. Tidak hanya anti rayap, baja ringan juga tidak mudah terbakar. Sehingga relatif aman ketika terjadi kebakaran.
  4. Baja ringan juga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Material baja ringan tidak akan menyusut ataupun memuai.
  5. Harga baja ringan relatif terjangkau sehingga bisa menghemat biaya pembelian bahan bangunan.
  6. Lebih tahan gempa dibandingkan dengan material kayu.

Kekurangan Baja Ringan

baja ringan galvanis

Leave a Comment