Harga Besi CNP Kanal C Per Batang

Harga Besi Kanal C – Bisa dibilang jenis material bangunan yang ada di sekitar kita tak terhitung jumlahnya. Karena ada begitu banyak macam bahan bangunan dengan fungsi yang juga berbeda-beda. Untuk material besi saja bisa dibagi lagi menjadi beberapa macam. Salah satunya adalah besi CNP kanal c.

Jika dilihat dari segi etimologi, kanal berarti sambungan atau terusan. Dalam dunia konstruksi, besi kanal dapat diartikan sebagai produk fabrikasi dengan bahan utama pelat koil atau lembaran baja maupun galvalum yang dilapisi chrome. Pembuatan besi ini memanfaatkan bantuan mesin-mesin berteknologi canggih yang diprogram oleh sistem komputer sehingga menghasilkan bentuk yang presisi.

Proses pembuatan besi kanal terbilang cepat. Secara garis besar pembuatan besi CNP kanal c mencakup pemotongan pelat, penekukan hingga menjadi bentuk besi kanal dengan dimensi tertentu, pemotongan sesuai panjang standar, pendinginan dan terakhir penyusunan produk untuk dikirim.

Tidak hanya kuat dan kokoh, besi CNP juga tahan karat dan juga anti karat. Sebab bahan utamanya adalah baja sehingga keunggulan tersebut bisa diperoleh. Kelebihan lain dari besi kanal c adalah pemasangannya yang cukup mudah. Itulah mengapa besi ini sering digunakan dalam berbagai pekerjaan konstruksi bangunan.

besi cnp

Baca juga: Harga Besi UNP

Besi kanal c memiliki beberapa kegunaan. Salah satunya adalah untuk gording. Di samping itu besi kanal c atau besi CNP ini juga sering digunakan untuk kanopi, pagar rumah, atau bahkan tiang. Besi CNP ini tergolong praktis dan mudah untuk digunakan sehingga fungsi dari besi ini juga sangat beragam.

Besi CNP adalah salah satu jenis profil besi baja untuk bangunan konstruksi baja yang digunakan untuk gording atap maupun rangka untuk dinding cladding. Ukuran panjang standar besi CNP adalah 6 meter per batang. Biasanya besi kanal c dipasang dengan memakai sambungan baut. Akan tetapi juga ada yang disambung dengan memanfaatkan las.

Jenis Besi Kanal

Besi kanal dibedakan menjadi dua jenis, yakni besi kanal c dan besi kanal u. Kedua jenis ini umum diproduksi dan dapat dijumpai dengan mudah di toko material bangunan. Meski sebenarnya pabrikan bisa membuat besi kanal sesuai dengan kebutuhan pembeli. Untuk lebih jelasnya berikut deskripsi kedua jenis besi kanal tersebut beserta fungsinya.

besi kanal c

Besi Kanal C

Besi kanal c juga disebut besi CNP. Disebut demikian karena penampangnya seperti huruf c. Besi kanal c memiliki panjang standar 6 meter. Akan tetapi dimensinya bisa berbeda-beda. Mulai dari 60 mm, 75 mm, 100 mm, 120 mm, 150 mm dan 200 mm. Sedangkan ketebalan besi kanal c mencapai 3,2 mm.

Besi CNP biasa digunakan untuk pekerjaan rangka atap rumah. Selain itu besi ini juga digunakan untuk bangunan komersial maupun industri. Besi kanal C juga memiliki julukan lain, yakni balok purlin. Alasannya besi ini juga bisa dimanfaatkan untuk dudukan penutup atap.

Leave a Comment