Harga Besi Kolom Jadi Per Meter 2022

Harga Besi Kolom Per Meter – Pada kesempatan kali ini kami berikan informasi harga besi kolom untuk Anda. Anda tentu saja sudah familiar dengan material bangunan yang satu ini. Maka dari itu selain mengetahui kegunaan suatu material bangunan juga penting bagi kita untuk mengetahui harga material bangunan.

Hal ini berhubungan dengan anggaran yang disiapkan untuk suatu pekerjaan konstruksi. Tentu kita tidak mengharapkan jika perhitungan kita salah sehingga membuat anggaran kurang. Maka dari itu harga pasaran bahan bangunan harus kita ketahui.

Akan tetapi sebelum memberikan informasi harga, terlebih dahulu kita akan bahas apa yang dimaksud dengan besi kolom. Termasuk apa saja fungsi, jenis hingga kelebihan-kelebihannya.

Pengertian Kolom

besi kolom jadi

Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka struktur yang memikul beban balok. Kolom menjadi sebuah elemen struktur tekan yang mempunyai peran penting dalam suatu bangunan. Sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur.

Selain itu menurut SK SNI T-15-1991-03 kolom adalah komponen struktur bangunan yang tugas utamanya menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditopang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil.

Baca juga: Harga Besi Wiremesh

Jenis Kolom

Kolom dalam dunia konstruksi terbagi dalam beberapa jenis. Menurut Wang (1986) dan Ferguson (1986) kolom memiliki tiga macam, antara lain:

  1. Kolom ikat (tie column).
  2. Kolom spiral (spiral column).
  3. Kolom komposit (composite column).

Sementara menurut Istimawan Dipohusodo dalam buku Struktur Beton Bertulang, kolom dibagi menjadi tiga jenis. Berikut akan dijelaskan singkat masing-masing jenis kolom tersebut.

Kolom Memakai Pengikat Sengkang Lateral

Kolom ini adalah kolom beton yang ditulangi dengan batang tulangan pokok memanjang. Kolom ini diikat dengan pengikat sengkang ke arah lateral pada jarak spasi tertentu. Tulangan tersebut berfungsi untuk memegang tulangan pokok memanjang supaya tetap kuat pada tempatnya.

besi kolom balok

Kolom Memakai Pengikat Spiral

Kolom ini mempunyai bentuk seperti kolom dengan pengikat sengkang lateral. Akan tetapi untuk pengikat tulangan pokok memanjang berupa tulangan spiral yang dililitkan keliling membentuk heliks menerus di sepanjang kolom. Fungsi tulangan spiral adalah memberikan kemampuan kolom untuk menyerap deformasi cukup besar sebelum runtuh. Dengan begitu hal tersebut dapat mencegah kehancuran seluruh struktur sebelum proses redistribusi momen dan tegangan.

Struktur Kolom Komposit

Kolom ini merupakan struktur tekan yang diperkuat pada arah memanjang dengan gelagar baja profil atau pipa, dengan atau tanpa diberi batang tulangan pokok memanjang.

Fungsi Kolom

Kolom berfungsi sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Kolom ibarat rangka tubuh manusia yang memastikan sebuah bangunan berdiri. Kolom merupakan salah satu struktur utama untuk meneruskan berat bangunan dan beban lain seperti beban hidup semisal manusia dan barang-barang, serta beban hembusan angin.

Leave a Comment