Harga Besi Kolom Jadi Per Meter 2021

Harga Besi Kolom Per Meter – Pada kesempatan kali ini kami berikan informasi harga besi kolom untuk Anda. Anda tentu saja sudah familiar dengan material bangunan yang satu ini. Maka dari itu selain mengetahui kegunaan suatu material bangunan juga penting bagi kita untuk mengetahui harga material bangunan.

Hal ini berhubungan dengan anggaran yang disiapkan untuk suatu pekerjaan konstruksi. Tentu kita tidak mengharapkan jika perhitungan kita salah sehingga membuat anggaran kurang. Maka dari itu harga pasaran bahan bangunan harus kita ketahui.

Akan tetapi sebelum memberikan informasi harga, terlebih dahulu kita akan bahas apa yang dimaksud dengan besi kolom. Termasuk apa saja fungsi, jenis hingga kelebihan-kelebihannya.

Pengertian Kolom

besi kolom jadi

Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka struktur yang memikul beban balok. Kolom menjadi sebuah elemen struktur tekan yang mempunyai peran penting dalam suatu bangunan. Sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur.

Selain itu menurut SK SNI T-15-1991-03 kolom adalah komponen struktur bangunan yang tugas utamanya menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditopang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil.

Baca juga: Harga Besi Wiremesh

Jenis Kolom

Kolom dalam dunia konstruksi terbagi dalam beberapa jenis. Menurut Wang (1986) dan Ferguson (1986) kolom memiliki tiga macam, antara lain:

  1. Kolom ikat (tie column).
  2. Kolom spiral (spiral column).
  3. Kolom komposit (composite column).

Sementara menurut Istimawan Dipohusodo dalam buku Struktur Beton Bertulang, kolom dibagi menjadi tiga jenis. Berikut akan dijelaskan singkat masing-masing jenis kolom tersebut.

Kolom Memakai Pengikat Sengkang Lateral

Kolom ini adalah kolom beton yang ditulangi dengan batang tulangan pokok memanjang. Kolom ini diikat dengan pengikat sengkang ke arah lateral pada jarak spasi tertentu. Tulangan tersebut berfungsi untuk memegang tulangan pokok memanjang supaya tetap kuat pada tempatnya.

besi kolom balok

Kolom Memakai Pengikat Spiral

Kolom ini mempunyai bentuk seperti kolom dengan pengikat sengkang lateral. Akan tetapi untuk pengikat tulangan pokok memanjang berupa tulangan spiral yang dililitkan keliling membentuk heliks menerus di sepanjang kolom. Fungsi tulangan spiral adalah memberikan kemampuan kolom untuk menyerap deformasi cukup besar sebelum runtuh. Dengan begitu hal tersebut dapat mencegah kehancuran seluruh struktur sebelum proses redistribusi momen dan tegangan.

Struktur Kolom Komposit

Kolom ini merupakan struktur tekan yang diperkuat pada arah memanjang dengan gelagar baja profil atau pipa, dengan atau tanpa diberi batang tulangan pokok memanjang.

Fungsi Kolom

Kolom berfungsi sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Kolom ibarat rangka tubuh manusia yang memastikan sebuah bangunan berdiri. Kolom merupakan salah satu struktur utama untuk meneruskan berat bangunan dan beban lain seperti beban hidup semisal manusia dan barang-barang, serta beban hembusan angin.

Kolom berperan untuk menjaga bangunan agar tidak mudah roboh. Beban sebuah bangunan dimulai dari atap. Beban atap akan meneruskan beban yang diterimanya ke kolom. Semua beban yang diterima kolom didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya.

Struktur dalam kolom dibuat dari besi dan beton. Kedua material tersebut merupakan perpaduan antara material yang tahan tarikan dan tekanan. Besi merupakan material yang tahan tarikan, sementara beton adalah material yang tahan tekanan. Perpaduan kedua material tersebut dalam struktur beton memungkinkan kolom atau bagian struktural lain seperti balok ataupun sloof mampu menahan gaya tekan dan gaya tarik pada bangunan.

besi kolom praktis

Kelebihan dan Kekurangan Besi Kolom

Besi kolom jadi atau besi kolom beton mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu supaya memahami karakteristik material bangunan ini.

Kelebihan Besi Kolom

  • Mempunyai struktur yang kokoh dan kuat
  • Mempunyai daya tekan yang lebih tinggi dibandingkan material konstruksi lainnya
  • Lebih tahan lama dan awet. Sehingga bisa dipakai menahan bobot atau beban bangunan dalam jangka waktu yang lama
  • Tahan air dan api, sehingga ketika terkena api besi kolom tidak mudah terbakar. Begitu juga jika terkena air, maka materialnya tidak mudah berkarat
  • Biaya pemeliharaan rendah

Kekurangan Besi Kolom

  • Untuk membangun rumah, dibutuhkan besi kolom jadi dalam jumlah banyak. Hal ini membuat anggaran yang harus dikeluarkan juga lebih tinggi.
  • Kualitas tergantung dari penyedia atau produsen besi kolom jadi. Makan dari itu pemilihan harus cermat supaya hasil pengerjaan sempurna dan tahan lama, serta tidak merugikan pembeli.
  • Perlu membuat perhitungan ukuran dan jumlah yang dibutuhkan secara keseluruhan. Kesalahan dalam menghitung bisa membuang-buang uang dan waktu, sehingga tidak efektif dan efisien.

Daftar Harga Besi Kolom Jadi Lengkap

Setelah mengetahui apa itu besi kolom dan fungsi beserta kelebihan hingga kekurangannya, kini saatnya membahas daftar harga besi kolom jadi. Seperti material bangunan lainnya, harga besi kolom tidak pasti. Harga masing-masing toko bangunan bisa menjualnya dengan harga yang bervariasi. Akan tetapi selisih harganya tidak terlalu banyak, sehingga Anda tetap bisa menjadikan daftar harga di bawah ini sebagai acuan.

besi kolom batang

Harga Besi Kolom Jadi

Spesifikasi Harga (Rp)
Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3m 42.500
Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4m 54.500
Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3m 62.500
Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4m 81.500
Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3m 93.500
Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4m 126.500

Harga Besi Tulangan

Jenis Ukuran Satuan Harga (Rp)
Pondasi cakar ayam 50 x 50 cm Batang 42.500
40 x 40 cm Batang 37.500
Kolom, balok, sloof 3 meter Batang 27.500
3,5 meter Batang 37.500
4 meter Batang 52.500
Beugel Ø 6 mm Kg 17.500
Ø 8 mm Kg 59.500
Ø 10 mm Kg 123.500

Memakai Besi Kolom Jadi untuk Pondasi

Apabila ingin menggunakan besi kolom untuk pondasi rumah, maka Anda harus membuat desain rumah terlebih dahulu sesuai dengan keinginan. Anda bisa membuatnya secara simpel dan simetris, dengan perbandingan panjang dan lebar 2:1.

Di samping memperhatikan desain rumah, juga perhatikan kondisi tanahnya. Tanah yang digunakan untuk meletakkan pondasi harus keras, tidak boleh lembek. Dengan begitu hasil pengerjaan akan kuat dan tahan terhadap goncangan maupun getaran. Memakai besi kolom praktis atau jadi untuk pondasi bertujuan supaya bobot bangunan menyebar. Biasanya besi kolom jadi yang dipakai berasal dari tulangan beton kuat sehingga membuatnya kokoh.

ukuran besi kolom

Baca juga: Harga Besi WF

Tips Memilih Besi Kolom Jadi

Besi kolom untuk konstruksi terbagi menjadi dua versi, yakni besi kolom yang dibuat sendiri atau besi kolom jadi yang tinggal pakai. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika Anda memutuskan untuk membeli besi kolom jadi, maka Anda tidak akan membuang banyak waktu karena besi kolom langsung bisa digunakan.

Akan tetapi ketika memilih besi kolom praktis jangan lupa untuk mencermati materialnya supaya tidak sampai salah beli. Pemilihan diameter juga tidak harus tepat. Meskipun sekilas tampak mirip, perbedaan ukuran bisa membuat kekuatan kolom berubah. Hal ini bisa menjadi masalah jika Anda membangun rumah atau bangunan dengan dua lantai atau lebih.

Di samping itu jangan lupa untuk mencermati jumlah gelang atau besi pengikat. Sebab jarak antar gelang memiliki pengaruh terhadap kekuatan kolom saat harus menahan beban bangunan. Demikian pula dengan ukuran diameter besi gelang tersebut.

Tali atau kawat pengikat gelang juga harus dipastikan kuat sehingga kolom besi dan gelangnya melekat dengan erat. Untuk memeriksanya Anda bisa menggerakkan atau menggesernya dengan tangan. Yang terakhir, pastikan besi kolom tidak berkarat

Leave a Comment