Harga Besi Siku Lubang Dan Polos Per Batang

Harga Besi Siku Lubang Dan Polos – Material besi sering digunakan dalam dunia konstruksi untuk berbagai keperluan. Seiring berjalannya waktu, jenis material besi juga semakin beragam. Namanya bermacam-macam, dengan fungsi, bentuk, ukuran hingga harga yang berbeda-beda.

Salah satu jenis besi yang terbilang sering digunakan adalah besi siku. Anda pasti sudah tidak asing dengan bahan bangunan yang satu ini. Sesuai dengan namanya, besi siku adalah besi yang berbentuk siku. Besi ini mempunyai dua jenis bentuk sudut, yakni besi siku dengan sudut 90 derajat dan besi siku dengan sudut 45 derajat. Besi yang memiliki sudut 45 derajat juga disebut dengan nama besi L-Bracket atau besi angle bar.

Selain dibedakan berdasarkan sudutnya, besi siku juga bisa dibedakan berdasarkan bentuknya. Ada dua macam yang bisa kita jumpai, yakni besi siku polos dan besi siku berlubang. Keduanya sama-sama bisa dipakai dalam konstruksi bangunan. Hanya saja kegunaannya yang mempunyai sedikit perbedaan.

ukuran besi siku

Baca juga: Harga Besi CNP Per Batang

Besi siku dibuat dari bahan dasar billet dan skrap. Billet adalah jenis baja batangan yang dibuat dari pengecoran bijih besi atau pig iron. Sementara skrap adalah besi bekas yang dipanaskan pada suhu tertentu sehingga bisa dicetak ulang menjadi besi baru.

Karena bentuknya yang bermacam-macam, harga besi siku tentu juga akan beragam. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui harganya, baik besi siku lubang ataupun polos sehingga bisa memperkirakan berapa kisaran dana yang harus disiapkan. Akan tetapi sebelumnya mari kita bahas lebih jauh seputar jenis besi siku ini, beserta kegunaan dan kelebihannya.

Jenis Besi Siku

Seperti yang sudah kami bahas singkat di atas, besi siku memiliki beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis besi siku yang bisa Anda jumpai di pasaran.

Besi Siku Sama Sisi

Besi siku ini merupakan jenis besi siku polos dengan sudut 90 derajat. Sehingga panjang kedua sisinya sama. Misalnya adalah besi siku dengan ukuran 50×50 atau 5×5, yang artinya kedua sisinya mempunyai panjang 5 cm.

Besi Siku Tidak Sama Sisi

Besi siku yang satu ini berjenis besi siku polos dengan sudut 45 derajat. Sehingga salah satu sisinya lebih panjang dibandingkan dengan sisi lainnya. Besi siku ini juga disebut besi L-Braket. Di pasaran besi siku tidak sama sisi mempunyai beberapa macam ukuran. Beberapa di antaranya 100×75, 125×75 dan 150×90.

besi siku lubang

Besi Siku Lubang

Besi siku ini mempunyai ciri khas yang terletak pada bentuknya yang berlubang di salah satu sisi atau keduanya. Salah satu jenis besi siku adalah besi siku rak yang biasanya digunakan untuk memasang rak portabel yang bisa dipasang dan dilepas dengan mudah.

Fungsi Besi Siku

Besi siku sering digunakan untuk beberapa keperluan. Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa kegunaan besi siku.

Konstruksi Tangga

Besi siku bisa dimanfaatkan untuk konstruksi tangga. Biasanya konstruksi tangga memerlukan material yang kokoh untuk struktur utama atau untuk railing tangga. Besi siku menawarkan kekokohan yang terjamin sehingga bisa dimanfaatkan untuk tangga.

Leave a Comment