Harga Besi WF Per Kg Dan Per Meter

Harga Dan Ukuran Besi WF – Besi adalah salah satu material bangunan yang penting dan hampir tidak pernah terlupakan. Sebab material besi sangat banyak bentuknya. Fungsinya juga berbeda-beda sehingga sangat berguna dalam suatu proyek konstruksi.

Salah satu dari sekian banyak jenis besi yang ada di pasaran adalah besi WF atau Wide Flange. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan besi yang satu ini karena besi WF sering digunakan oleh pemborong untuk membangun suatu bangunan. Besi WF diandalkan oleh banyak orang karena sangat kuat untuk menahan, menarik maupun menjadi tumpuan.

Biasanya besi WF digunakan untuk membuat gedung besar atau bertingkat. Walaupun banyak dimanfaatkan, besi WF mempunyai banderol harga yang cukup mahal. Wajar saja mengingat dimensinya yang besar dan berat.

Satu batang besi WF bisa memiliki ukuran  250 x 125 x 6 x 9 mm, dengan panjang hingga 12 meter dan berat bisa mencapai 355 kg. Oleh karena itu untuk menaikkan maupun menurunkan besi ini dibutuhkan alat berat sehingga pekerjaan akan lebih mudah.

baja wf

Sedangkan harganya sendiri berkisar mulai Rp 1 jutaan sampai dengan Rp 6 jutaan. Tentu saja harga dipengaruhi beberapa faktor. Seperti kualitas material, dimensi, hingga biaya kirim. Jika Anda penasaran harga besi WF atau kebetulan sedang mencari informasi harganya, Anda datang ke tempat yang tepat. Akan tetapi sebelumnya mari berkenalan lebih dekat dengan besi WF.

Baca juga: Harga Besi CNP / Kanal C

Apa itu Besi WF?

Besi baja WF adalah salah satu profil baja struktural yang populer untuk konstruksi baja. Besi WF atau Wide Flange ini terbagi dalam berbagai variasi ukuran. Mulai dari WF 150, WF 200, WF 250, WF 300, WF 350, WF 400, WF 450, WF 500, hingga WF 600. Di pasaran sendiri Anda bisa mendapatkan besi WF baru dan juga besi WF bekas. Tentu saja dengan harga dan kualitas yang berbeda.

Besi WF disebut sebagai balok baja yang dikategorikan sebagai baja struktural. Artinya baja yang dipakai dalam kegiatan konstruksi rangka baja atau civil engineering. Pada struktur baja WF elemen vertikal disebut wide. Sementara elemen horizontal disebut flange. Wide ini menghubungkan dua flange untuk membentuk profil WF.

wide flange

Sistem konstruksi besi WF adalah perpaduan dari elemen struktur yang rumit. Dalam sistem struktur besi ini tujuannya secara umum adalah untuk membawa beban dengan aman dan efektif dalam semua gaya yang bekerja pada bangunan, untuk selanjutnya dikirim ke pondasi. Berbagai gaya dan beban yang bekerja pada bangunan sendiri termasuk vertikal, horizontal, perbedaan suhu, getaran, dan lain-lain.

Sifat besi WF mempunyai kekuatan yang tinggi dan kuat pada kekuatan tarik ataupun tekan. Selain itu besi ini juga menjadi elemen struktur yang mempunyai batas sempurna dalam menahan jenis beban aksial, tekan aksial maupun lentur dengan fasilitas serupa dalam pembangunan strukturnya.

Leave a Comment