Harga Bondek Cor Per Lembar Terbaru

Harga Bondek Cor – Membangun rumah atau bangunan lainnya memiliki tantangan tersendiri bagi kita. Apalagi jika kita ingin membangunnya dari nol. Untuk rumah sebenarnya ada banyak yang memasarkannya dalam keadaan sudah selesai dibangun. Sehingga pembeli tinggal menyelesaikan hal-hal lain seperti furnitur, pengurusan surat, pembayaran dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak sedikit yang ingin membangun rumah dari nol. Jika memang demikian keputusan Anda, maka ada banyak sekali persiapan yang harus Anda siapkan. Salah satunya adalah menyiapkan material bangunan. Meskipun ribet, keuntungan membangun rumah sendiri kita bisa menentukan kualitas materialnya berdasarkan budget yang tersedia. Seperti yang diketahui, material bangunan bisa beragam kualitasnya.

Selain itu macam-macam bahan bangunan juga bervariasi. Sehingga kita harus memahami fungsi-fungsinya. Salah satu material yang lazim ditemui adalah bondek. Apa itu bondek, apa saja fungsinya dan berapa harganya? Mengenai hal tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian Bondek

bondek baja ringan

Mungkin Anda sudah pernah melihat material bangunan ini sebelumnya meskipun tidak tahu betul apa namanya. Atau bisa jadi Anda sudah familiar dengan bondek. Bondek sering ditemui di langit-langit di bawah lantai atau bawah plat lantai beton. Material ini biasanya tampak sebelum dipasang plafon. Selain itu juga ada yang membiarkannya terlihat namun dilapisi dengan cat sebagai pemanis.

Bondek adalah bahan galvanis yang dibentuk menyerupai seng gelombang, namun fungsinya bukan sebagai penutup atap. Bondek adalah material pelapis bawah cor lantai beton sebagai pengganti bekisting kayu atau triplek. Bondek juga didesain untuk mengkonversi pemakaian besaran diameter besi dan mengkonversi ketebalan cor beton. Sistem tekuk atau gelombang plat pada bondek didesain untuk membantu kekuatan struktur beton cor pada lantai.

Supaya memudahkan Anda dalam memahami bondek, mari kita analogikan dengan kertas lipat tempat obat nyamuk bakar. Anda tentu pernah melihat kertas lipat yang dipakai untuk tempat obat nyamuk bakar. Kertas yang pada dasarnya tipis jika dilipat-lipat akan kuat dan sanggup menopang obat nyamuk bakar yang lebih berat dari kertas itu sendiri.

Baca juga: Cara Memasang Bondek

Hal ini juga berlaku pada plat galvanis yang dilipat-lipat. Dengan kata lain bondek memiliki sistem kerja yang sama dengan kertas lipat dudukan obat nyamuk bakar.

Jenis Bondek

bondek besi

Bondek dijual dalam dua jenis yang berbeda material, yakni bondek galvanis dan bondek galvalum. Masing-masing jenis bondek ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemakaiannya tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah penjelasan lebih jauh dua jenis bondek tersebut.

Bondek Galvanis

Bondek ini dibuat dengan lapisan berupa seng yang komposisinya mencapai 97%. Di samping seng juga ada campuran lain dalam pelapisan galvanis, yakni aluminium dan bahan-bahan lainnya. Lapisan seng itu dijadikan pelapis pada baja ringan yang berperan untuk melindungi baja ringan sehingga tidak mudah berkarat dan rusak.

Adanya lapisan seng pada baja ringan bukan berarti membuat bondek terbebas dari karat. Adanya seng membuat proses karat awalnya terjadi pada lapisan seng itu dulu. Seiring dengan berjalannya waktu lapisan seng bagian luar baja ringan akan habis dan baru baja ringan itu sendiri yang mengalami karat.

Hal ini membuat baja ringan tidak mudah mengalami korosi dan memiliki usia pakai yang lebih panjang. Dalam bangunan adanya lapisan seng juga membuat dak bangunan lebih tahan lama dan kuat. Pelapisan seng pada bondek galvanis dilakukan dengan dua cara. Yakni dengan pencelupan biasa dan dengan pencelupan yang berlangsung terus menerus atau disebut juga dengan istilah continuous hot dipped galvanising.

Bondek Galvalum

pemasangan bondek

Bondek galvalum dilapisi dengan campuran material aluminium, seng dan bahan lainnya. Jika pada bondek galvanis dilapisi seng dalam jumlah yang banyak, pada bondek galvalum komposisinya 55% aluminium dan 45% seng. Selain itu juga ada campuran dari bahan-bahan lain yang pada akhirnya mencapai komposisi 100%.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aluminium merupakan material yang tahan karat dan sering dijumpai pada peralatan dapur. Penggunaan material ini pada bondek galvalum juga membuatnya tahan karat. Hanya saja ada kekurangan dari bondek galvalum. Kandungan aluminium pada bondek ini tidak terlalu tahan terhadap semen.

Sehingga bondek yang dilapisi aluminium memang tahan karat, namun jika terkena kontak langsung dengan semen membuat bondek bisa mengalami proses pengeroposan.

Jika bondek galvanis dibuat dengan dua cara, pada bondek galvalum hanya dibuat lewat proses continuous hot-dipped yang saat ini juga dikenal dengan proses Non Oxides Furnace (NOF). Proses NOF mempunyai prinsip kerja yang sama dengan continuous hot-dipped. Bedanya terdapat pada wadah cairan lapisan dan proses pemanasan yang dilakukan.

Setelah mengetahui definisi, fungsi dan jenis bondek, berikutnya mari kita lihat daftar harga bondek terbaru. Harganya memang beragam, sehingga tidak ada patokan yang pasti. Meski begitu Anda tetap bisa memanfaatkan daftar harga di bawah ini sebagai referensi karena umumnya selisih harga tidak terlalu banyak.

Daftar Harga Bondek Terbaru

jenis bondek

JENIS BONDEK UKURAN HARGA
Bondek Galvalum/Floordeck0.75 0.75 Rp.112.700
Bondek Galvanis/Floordeck 0.75 0.75 Rp.110.400
Bondek Galvalum/Floordeck 0.70 0.70 Rp.102.350
Bondek Galvanis/Floordeck 0.70 0.70 Rp.100.050
Bondek/Floordeck 0.65 0.65 Rp.94.300

Harga Bondek Per m2

No Ukuran (Tebal) Lebar : 1 Meter Harga
1 0,65 mm Rp. 92.000/m2
2 0,70 mm Rp. 104.000/m2
2 0,75 mm Rp. 108.000/m2
3 1 mm Rp. 182.000/m2
Ukuran Bondek
1 3 Meter Tinggal di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
2 3,5 Meter Tinggal di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
3 4 Meter Tinggal di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
4 4,5 Meter Tinggal di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
5 5 Meter Tinggal di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
6 5,5 Meter Tinggal di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.
7 6 Meter Tinggal di kali Dengan harga permeter tebal yang di inginkan.

Baca juga: Harga Plafon Gypsum

Kelebihan Bondek untuk Cor Dak

Ada beberapa kelebihan bondek jika dipakai untuk cor dak dibandingkan dengan triplek. Berikut beberapa kelebihan tersebut.

bondek cor beton

Efektif dan Efisien

Pemakaian bondek bisa membuat proses pembangunan lebih efektif dan efisien. Sebab material sisa yang terbuang percuma bisa diminimalisir. Di samping itu bondek ini lebih mudah dalam urusan pemasangan dan tidak membutuhkan material pendukung seperti kayu ataupun papan bambu seperti yang biasa dipakai untuk pengecoran konvensional.

Tidak diperlukannya penyangga akan membuat pengeluaran lebih kecil dan tidak menyisakan sampah sesudah pembangunan.

Hemat Tenaga Kerja

Pengecoran dengan menggunakan bondek juga lebih hemat tenaga kerja dibandingkan dengan cara konvensional. Pemasangan bondek ini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, sehingga tidak memerlukan banyak orang untuk melakukannya.

Proses Cepat dan Mudah

Waktu pengerjaan cor dengan bondek juga lebih cepat dibandingkan cara konvensional. Proses juga bisa berjalan lebih mudah, sebab bondek meringankan pekerjaan dalam pengecoran dak bangunan.

Lebih Aman untuk Pekerja

Adanya plat lantai beton atau bondek juga lebih aman untuk pekerja dibandingkan bekisting dari kayu. Sebab tidak ada risiko patah atau jebol ketika terinjak.

Tidak Perlu Buka Bekisting

Triplek atau kayu dipakai sebagai penyangga cor harus dilepas atau dibongkar sesudah dak beton sudah jadi. Akan tetapi pada bondek hal tidak diperlukan proses pembongkaran, sebab bondek menempel pada beton dan menyatu dengan dak. Bondek ini bisa langsung dilapisi dengan plafon.

Tahan Karat

Pelapisan yang dilakukan pada baja ringan penyusun bondek juga bisa membuat bondek lebih kebal terhadap karat. Usia pakai bondek juga bisa lebih lama. Seperti yang diketahui, baja bisa berkarat atau mengalami korosi seiring dengan pemakaian. Hal ini tentu membahayakan sebab bisa membuat bangunan rapuh atau yang terparah mudah roboh.

Leave a Comment