Harga Box Culvert, Ukuran Dan Spesifikasi

Harga Dan Ukuran Box Culvert – Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing dengan box culvert. Apalagi jika Anda sering berkecimpung dalam proyek konstruksi jalan raya. Box culvert merupakan salah satu jenis beton precast yang terbuat dari beton.

Material ini berbentuk segi empat dan biasanya digunakan untuk gorong-gorong. Box culvert sendiri tersedia dalam ukuran yang beragam. Begitu juga dengan harganya yang mulai ratusan ribu sampai dengan puluhan juta rupiah.

Penting bagi kita untuk mengetahui kisaran harga supaya tidak sampai salah dalam menentukan anggaran. Selain itu kita juga bisa menentukan apakah harga box culvert yang ditawarkan kepada kita termasuk murah atau mahal. Akan tetapi sebelum menyampaikan daftar harga box culvert, terlebih dahulu kita bahas seputar box culvert. Mulai dari definisi, fungsi hingga spesifikasinya.

Pengertian Box Culvert

box culvert beton

Jika Anda masih asing dengan box culvert dan ingin tahu lebih lanjut apa itu box culvert, mari kita bahas definisinya. Box culvert adalah sebuah material konstruksi yang terbuat dari beton bertulang dengan bentuk segi empat. Konstruksi ini mempunyai soket dan spigot yang membuatnya kedap air tanah dan bisa tetap menyatu walaupun terjadi pergeseran tanah. Box culvert juga biasa disebut gorong-gorong beton kotak.

Box culvert biasanya dimanfaatkan sebagai saluran air bawah tanah dan cocok dipakai untuk lahan yang terbatas. Kedalaman dan ketinggian box culvert terbatasi, namun memerlukan ruang saluran yang lebar dan dangkal dan bisa menangani arus sesuai dengan yang diperlukan. Box culvert lazim digunakan sebagai gorong-gorong di jalan raya, jembatan jalan raya yang pendek, gorong-gorong kereta api atau terowongan.

Baca juga: Harga Buis Beton

Box culvert juga dapat dibuat dengan profil bulat, trapesium, persegi maupun modular yang terpisah antara bagian atas dan bagian bawah. Bahkan ukuran box culvert juga bisa bervariasi, tergantung dari debit air yang akan dialirkan lewat gorong-gorong beton tersebut.

Fungsi Box Culvert

Seperti yang telah kami bahas, box culvert pada dasarnya berfungsi sebagai drainase. Akan tetapi selain itu box culvert juga bisa dipakai dalam berbagi konstruksi underpass. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa kegunaan box culvert yang perlu Anda ketahui.

Saluran Irigasi

Box culvert yang dibutuhkan untuk irigasi mempunyai kekuatan struktur yang tinggi sehingga dapat menyalurkan air tanpa kendala. Biasanya penggunaan box culvert sebagai saluran irigasi bisa kita temui dengan mudah di bawah jalan tol maupun sungai dekat persawahan yang ditujukan untuk saluran irigasi.

Ukuran box culvert tentu saja disesuaikan dengan fungsinya. Sementara proses pengecoran dapat dilakukan langsung di tempat tanpa perlu menggunakan beton pracetak.

box culvert precast

Media Terowongan Utilitas

Tidak hanya digunakan untuk saluran air saja, box culvert juga bisa dipakai sebagai utilitas kabel telepon, listrik dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, box culvert juga dapat berfungsi sebagai kabel bawah tanah yang biasa ditanam untuk keperluan estetika kota.

Leave a Comment