Harga Buis Beton Bentuk Kotak Dan U

Harga Buis Beton Kotak Dan U – Buis beton menjadi satu dari sekian macam material bangunan yang mempunyai fungsi penting pada suatu bangunan. Buis beton adalah sebuah bahan konstruksi dari beton precast yang memiliki bentuk seperti pipa dengan tulangan atau tanpa tulangan.

Buis beton juga disebut dengan istilah hong atau gorong-gorong. Sedangkan tulangan sendiri adalah serangkaian besi baja yang disusun menjadi sebuah jaring-jaring tertentu dan ditanam ke dalam cetakan. Tulangan tersebut berfungsi sebagai penguat dan pengikat dari adukan campuran beton.

Hanya saja kebanyakan proyek konstruksi menggunakan buis beton tanpa tulangan dibandingkan dengan tulangan. Alasannya buis beton bertulang lebih mahal dibandingkan yang tanpa tulangan. Di samping itu proses produksinya memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan versi tanpa tulangan.

buis beton bulat

Buis beton mempunyai peran yang penting dalam menjaga lingkungan. Seperti yang diketahui, fungsi dari buis beton adalah sebagai media saluran pembuangan air kotor dari sisa rumah tangga. Selain itu buis beton juga sering digunakan untuk saluran air hujan.

Oleh karenanya pemasangan buis beton selalu ditanam ke dalam tanah sehingga seringkali tidak terlihat oleh kita. Padahal buis beton atau gorong-gorong mempunyai peran yang sangat penting. Fungsi buis beton tidak jauh berbeda dengan beton precast lainnya yang digunakan untuk saluran air, seperti u ditch dan box culvert. Untuk produk massal biasanya dilakukan di pabrik beton yang biasa memproduksi kanstin dan paving block.

Baca juga: Harga Saluran U Ditch Semua Ukuran

Jenis Buis Beton

Jika dilihat dari proses produksinya, buis beton terbagi menjadi dua macam. Yakni buis beton biasa dan non pasir. Kedua jenis ini mempunyai fungsi yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada cara membuatnya.

Perbedaan proses produk dari kedua jenis material itu bisa mempengaruhi kualitasnya. Buis beton non pasir mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan yang biasa. Jenis non pasir menjadi pilihan yang baik dibandingkan jenis lainnya. Sebab proses pembuatannya tidak memakai pasir sama sekali, namun hanya campuran semen, air dan kerikil.

Dengan begitu akan terbentuk rongga-rongga udara pada celah-celah kerikil. Di samping itu berat jenis buis beton non pasir juga lebih rendah. Hanya saja jenis ini digunakan sebagai material untuk membuat sumur resapan. Sementara untuk buis beton biasa digunakan untuk saluran air.

Buis beton tanpa campuran pasir diklaim lebih kuat dan tidak akan ada air yang masuk ke dalamnya. Berbeda dengan buis beton dengan campuran air yang biasanya dipakai sebagai sumur resapan.

Selain dari bahan pembuatnya, buis beton juga mempunyai beberapa macam dilihat dari rangka atau tulangannya. Buis beton ada yang dibuat dengan rangka baja sehingga mempunyai daya tahan yang lebih kuat. Sedankgan buis beton tanpa tulangan juga cukup kuat namun lebih berpotensi rapuh dibanding buis beton bertulang.

Bentuk dan Ukuran Buis Beton

buis beton bertulang

Leave a Comment