Harga Buis Beton Bentuk Kotak Dan U

Harga Buis Beton Kotak Dan U – Buis beton menjadi satu dari sekian macam material bangunan yang mempunyai fungsi penting pada suatu bangunan. Buis beton adalah sebuah bahan konstruksi dari beton precast yang memiliki bentuk seperti pipa dengan tulangan atau tanpa tulangan.

Buis beton juga disebut dengan istilah hong atau gorong-gorong. Sedangkan tulangan sendiri adalah serangkaian besi baja yang disusun menjadi sebuah jaring-jaring tertentu dan ditanam ke dalam cetakan. Tulangan tersebut berfungsi sebagai penguat dan pengikat dari adukan campuran beton.

Hanya saja kebanyakan proyek konstruksi menggunakan buis beton tanpa tulangan dibandingkan dengan tulangan. Alasannya buis beton bertulang lebih mahal dibandingkan yang tanpa tulangan. Di samping itu proses produksinya memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan versi tanpa tulangan.

buis beton bulat

Buis beton mempunyai peran yang penting dalam menjaga lingkungan. Seperti yang diketahui, fungsi dari buis beton adalah sebagai media saluran pembuangan air kotor dari sisa rumah tangga. Selain itu buis beton juga sering digunakan untuk saluran air hujan.

Oleh karenanya pemasangan buis beton selalu ditanam ke dalam tanah sehingga seringkali tidak terlihat oleh kita. Padahal buis beton atau gorong-gorong mempunyai peran yang sangat penting. Fungsi buis beton tidak jauh berbeda dengan beton precast lainnya yang digunakan untuk saluran air, seperti u ditch dan box culvert. Untuk produk massal biasanya dilakukan di pabrik beton yang biasa memproduksi kanstin dan paving block.

Baca juga: Harga Saluran U Ditch Semua Ukuran

Jenis Buis Beton

Jika dilihat dari proses produksinya, buis beton terbagi menjadi dua macam. Yakni buis beton biasa dan non pasir. Kedua jenis ini mempunyai fungsi yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada cara membuatnya.

Perbedaan proses produk dari kedua jenis material itu bisa mempengaruhi kualitasnya. Buis beton non pasir mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan yang biasa. Jenis non pasir menjadi pilihan yang baik dibandingkan jenis lainnya. Sebab proses pembuatannya tidak memakai pasir sama sekali, namun hanya campuran semen, air dan kerikil.

Dengan begitu akan terbentuk rongga-rongga udara pada celah-celah kerikil. Di samping itu berat jenis buis beton non pasir juga lebih rendah. Hanya saja jenis ini digunakan sebagai material untuk membuat sumur resapan. Sementara untuk buis beton biasa digunakan untuk saluran air.

Buis beton tanpa campuran pasir diklaim lebih kuat dan tidak akan ada air yang masuk ke dalamnya. Berbeda dengan buis beton dengan campuran air yang biasanya dipakai sebagai sumur resapan.

Selain dari bahan pembuatnya, buis beton juga mempunyai beberapa macam dilihat dari rangka atau tulangannya. Buis beton ada yang dibuat dengan rangka baja sehingga mempunyai daya tahan yang lebih kuat. Sedankgan buis beton tanpa tulangan juga cukup kuat namun lebih berpotensi rapuh dibanding buis beton bertulang.

Bentuk dan Ukuran Buis Beton

buis beton bertulang

Bentuk buis beton ada dua macam, yakni buis beton belah atau ½ lingkaran dan buis beton bulat. Ukuran buis beton ½ lingkaran adalah setengah dari diameter versi bulat. Biasanya model ½ lingkaran dimanfaatkan sebagai saluran air got sistem terbuka pada lingkungan perumahan.

Ukuran buis beton juga bervariasi. Untuk yang diameter kecil berkisar 20 cm sampai dengan 60 cm, dengan panjang 100 cm. Lalu untuk diameter besar berukuran 80 dan 100 cm. Hanya saja panjangnya mencapai 50 cm saja atau setengah dari versi diameter kecil.

Besar kecilnya diameter buis beton tentu saja akan mempengaruhi harganya. Semakin besar ukurannya tentu saja akan semakin mahal harganya. Sebagai gambaran, harga buis beton setengah lingkaran bisa lebih murah ⅔ dibandingkan model bulat.

Fungsi Buis Beton

Buis beton mempunyai cukup banyak manfaat. Salah satunya seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Selain itu buis beton juga digunakan untuk material drainase di jalanan yang kerap dilewati kendaraan ringan. Sementara khusus ruas jalan yang dilewati kendaraan berat maka memakai buis beton dengan besi tulangan. Lebih lengkapnya berikut adalah fungsi-fungsi buis beton.

buis beton resapan

Sumur Resapan

Material buis beton dimanfaatkan sebagai pelapis dinding tanah dalam pembuatan sumur atau pengerjaan galian saluran. Biasanya buis beton dengan diameter besar digunakan sebagai sumur resapan. Sebab buis beton lebih praktis dibandingkan dengan membuat sumur resapan secara manual.

Jika Anda belum tahu, sumur resapan adalah teknologi konservasi air yang  berbentuk seperti sumur biasa. Hanya saja fungsi sumur resapan bukan sebagai tempat untuk mengambil air, melainkan untuk menyerap air dari atas permukaan lalu meneruskan resapan air tersebut ke dalam tanah. Dengan begitu risiko genangan air di jalan bisa diminimalisir.

Tidak hanya itu, semakin sedikit genangan air maka dampak sedimentasi dan erosi yang ditimbulkan juga semakin kecil. Sumur resapan juga mempunyai kemampuan untuk mempertahankan permukaan air di dalam tanah dan mencegah terjadinya land subsdience. Apabila diaplikasikan di kawasan industri yang menghasilkan limbah cair berbahaya, adanya sumur resapan bisa membantu mencegah terjadinya pencemaran air dalam tanah.

Saluran Air dan Septic Tank

Buis beton juga mempunyai fungsi sebagai septic tank dan saluran air. Jika pemasangan saluran air dibuat terbuka, maka buis beton yang digunakan adalah yang setengah lingkaran. Tentu saja diameter yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya untuk saluran air maka digunakan buis beton dengan diameter berkisar 20-60 cm. Sementara untuk septic tank dan sumur resapan bisa memilih buis beton berdiameter 80 cm sampai 100 cm.

Menggunakan buis beton untuk saluran air akan membuat proses pengerjaan lebih cepat. Tidak hanya itu, gorong-gorong juga menjadi lebih kuat dan tahan lama. Maka dari itu sekarang banyak yang memakai buis beton untuk drainase dibandingkan dicor atau memakai teknik lain.

Pengairan

Fungsi buis beton yang lain adalah untuk pengairan. Buis beton yang digunakan sama seperti untuk gorong-gorong, yakni setengah lingkaran atau buis beton belah. Proses pengerjaan saluran pengairan dengan buis beton akan lebih cepat dan murah dibandingkan material lainnya.

Tidak hanya itu, memakai buis beton sebagai material untuk pengairan juga lebih baik dibandingkan dengan memakai batu kali. Alasannya buis beton dapat melindungi air dibandingkan dengan material lainnya. Buis beton juga termasuk material yang kuat sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Baca juga: Harga Dan Analisa Pemasangan Kanstin

Harga Buis Beton Lengkap

buis beton gorong

Berikutnya kami berikan referensi harga buis beton terbaru yang ada di pasaran. Seperti yang diketahui, harga material bangunan bisa berbeda-beda antara toko satu dengan toko lainnya. Begitu juga dengan satu daerah dengan daerah lainnya. Akan tetapi selisih harganya tidak terlalu besar sehingga Anda tetap bisa menjadikannya sebagai referensi.

Harga Buis Beton Lingkaran

Ukuran (cm) Harga / Unit Unit / m¹
Φ 20 x 100 Rp 75,000 1
Φ 30 x 100 Rp 100,000 1
Φ 40 x 100 Rp 125,000 1
Φ 50 x 100 Rp 190,000 1
Φ 60 x 100 Rp 255,000 1
Φ 80 x 50 Rp 255,000 2
Φ 100 x 50 Rp 305,000 2
Tutup Φ 80 Rp 245,000 1
Tutup Φ 100 Rp 300,000 1

 

HARGA BUIS BETON 1/2 LINGKARAN

Ukuran (cm) Harga / Unit Unit / m¹
Φ 20 x 100 Rp 55,000 1
Φ 30 x 100 Rp 70,000 1
Φ 40 x 100 Rp 85,000 1
Φ 50 x 100 Rp 130,000 1
Φ 60 x 100 Rp 175,000 1
Φ 80 x 50 Rp 175,000 2
Φ 100 x 50 Rp 205,000 2

buis setengah lingkaran

Harga Buis Beton Bertulang

Ukuran Ø Diameter x Panjang (cm) Harga (Rp) Satuan
Ø 30 x 100 225.000 Per Pcs
Ø 40 x 100 250.000 Per Pcs
Ø 50 x 100 310.000 Per Pcs
Ø 60 x 100 385.000 Per Pcs
Ø 80 x 100 390.000 Per Pcs

Harga Tutup Buis Beton

Ukuran Ø Diameter (cm) Harga (Rp) Satuan
Ø 60 135.000 Per Pcs
Ø 80 275.000 Per Pcs

Demikian informasi harga buis beton lengkap yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Perlu diingat bahwa harga bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap kota.

Leave a Comment