Harga Cat Akrilik Murah Warna Lengkap

Sudah diketahui bahwa cat akrilik memiliki ciri khas cepat kering, tidak mudah luntur dan tahan lama. Karena karakteristik yang berbeda dari cat lain, maka pemilihan cat akrilik tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cermati Jenis Cat Akrilik

Cat akrilik bisa dibagi menjadi tiga jenis. Maka dari itu periksa cat akrilik yang hendak dibeli supaya bisa memastikan kesesuaian cat tersebut dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa jenis cat akrilik yang bisa Anda beli.

Cat Akrilik Transparan

Cat akrilik ini sangat cepat kering dan bisa memberikan hasil yang indah. Bahkan hasil akhirnya bisa seperti memakai cat minyak. Apalagi cat ini mempunyai kelenturan yang tinggi sehingga tidak mudah retak saat dipakai pada media kain.

Tingkat transparansi cat ini cukup tinggi, sehingga warna yang diaplikasikan di awal akan terlihat sangat transparan. Untuk itu Anda bisa menambahkan warna lain supaya lebih bagus sesudah proses overcoating selesai.

Cat Akrilik Buram (Gouache)

Cat yang satu ini biasa dipakai untuk melukis pada media lebar. Cat ini bisa menutupi warna dasar yang diaplikasikan di awal sehingga cat ini sering digunakan untuk menggambar desain seperti desain tekstil dengan sentuhan akhir matte. Akan tetapi cat akrilik gouache mempunyai tekstur yang kurang fleksibel sehingga ada risiko keretakan jika dipakai pada media kain atau sejenisnya.

Cat Akrilik Cair

Cat akrilik cair merupakan solusi untuk pengguna yang ingin menggunakan cat akrilik dengan memakai airbrush untuk diaplikasikan pada permukaan yang luas. Sebab cat akrilik dalam kemasan tabung dicairkan dengan air dalam jumlah banyak, pigmen cat tersebut bisa mengendap jika dibiarkan terlalu lama.

Oleh karenaya hadir cat akrilik tinta atau cair. Cat ini mengandung banyak air sehingga bisa dipakai untuk menggambar. Cat akrilik ini mempunyai pigmen yang lembut dan daya tahan rendah terhadap cahaya. Maka dari itu disarankan memakai cat ini untuk lukisan yang dipajang di dalam ruangan.

cat akrilik satuan

Cek Bahan Dasar Media Gambar

Cat akrilik memang bisa diaplikasikan di berbagai media. Baik kanvas, papan, batu, kain, kulit dan lain sebagainya. Hanya saja ada pula bahan dasar media gambar yang memiliki kemampuan adhesif rendah terhadap cat ini.

Bahan adhesif adalah bahan yang dilapisi dengan minyak pada beberapa cat, sehingga akan menghasilkan permukaan yang berminyak. Di samping itu cat akrilik juga bisa diaplikasikan pada media logam, namun sulit menempel pada media plastik. Untuk itu saat memilih cat akrilik jangan lupa untuk mencermati apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Periksa Jumlah dan Jenis Warna

Cat akrilik biasanya dijual dalam berbagai pilihan warna. Oleh karenanya kita perlu mencermati warna apa saja yang ditawarkan dalam satu set cat akrilik yang dijual beserta jumlahnya. Umumnya cat akrilik dijual dalam 12, 24 atau bahkan 48 warna dengan pilihan warna yang bermacam-macam.

Leave a Comment