Harga Cat Genteng Mowilex, Matex, Dulux, Dll

Harga Cat Genteng Mowilex, Matex, Dulux, Dll – Cat sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari bangunan ataupun rumah. Seperti yang diketahui, cat memiliki fungsi dalam hal estetika. Cat bisa membuat tampilan suatu rumah semakin menarik dengan polesan warna-warni.

Tidak hanya itu saja, seiring berjalannya waktu cat juga bisa berfungsi sebagai lapisan pelindung. Sehingga permukaan yang dilapisi cat bisa tahan terhadap berbagai cuaca, serangan jamur, lumut, karat dan lain sebagainya.

Saat ini ada banyak sekali pilihan cat yang bisa kita pilih. Bahkan cat banyak macamnya jika dilihat dari kegunaannya. Salah satu pilihannya adalah cat genteng. Sama seperti cat lainnya, cat genteng berfungsi untuk mempermanis tampilan genteng rumah.

Di samping itu cat ini juga berfungsi melindungi genteng dari berbagai cuaca. Sebab genteng berada di atas bangunan dan menjadi salah satu bagian yang paling sering terpapar panas atau hujan secara langsung dan terus-menerus. Maka dari itu genteng membutuhkan perlindungan ekstra supaya bisa menjaga ruangan yang ada di bawahnya dengan maksimal.

merek cat genteng

Anda sudah pasti mengetahui bahwa genteng terbagi menjadi beberapa macam. Karakteristik masing-masing jenis genteng ini juga berbeda. Oleh karenanya setiap jenis membutuhkan cat genteng khusus, tidak boleh sembarangan. Misalnya untuk genteng beton memerlukan cat yang bisa menutupi pori-porinya yang besar.

Maka dari itu Anda perlu mencermati genteng apa yang digunakan atau akan digunakan. Kemudian disesuaikan dengan cat genteng yang tepat.

Baca juga: Harga Atap Asbes

Rekomendasi Cat Genteng

Ada beragam pilihan merek cat genteng yang bisa Anda dapatkan di toko cat. Mungkin tidak sedikit dari Anda yang penasaran merek apa saja yang mempunyai kualitas baik. Untuk itu berikut akan kami berikan beberapa rekomendasi cat genteng yang bisa Anda jadikan bahan referensi.

Nippon Paint Matex

cat minyak avian

Cat Nippon Paint Matex merupakan salah satu merek yang terkenal di Indonesia. Cat ini dibuat dari bahan Synthetic Emulsion latex yang mampu melindungi genteng rumah dari berbagai cuaca. Nippon Paint sudah terkenal luas dan banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga Anda tidak perlu ragu akan kualitasnya.

Nippon Paint Matex memiliki kemampuan untuk melindungi genteng dari paparan sinar matahari ataupun hujan. Di samping itu cat ini juga bisa melindungi genteng dari kelembapan udara.

Dulux Weathershield Roof Paint

cat genteng dulux

Selain Nippon Paint, Dulux juga memiliki varian cat untuk genteng yang diberi nama Weathershield Roof Paint. Cat ini mempunyai daya lekat yang baik pada permukaan genteng. Selain itu cat ini juga mampu melindungi genteng dari paparan cuaca ekstrim.

Cat genteng Dulux juga tahan air alias waterproof. Dengan begitu genteng tidak akan mudah bocor ataupun pecah. Cat Dulux ini juga dilengkapi dengan formula anti-fungus untuk melindungi genteng dari jamur maupun udara yang lembap.

Jotun Jotaroof

cat genteng jotun

Merek selanjutnya yang memiliki produk cat genteng berkualitas adalah Jotun Jotaroof. Cat ini dibuat khusus sebagai cat dengan perlindungan lebih untuk genteng. Cat ini mampu menahan paparan matahari, kelembapan udara, hingga air hujan. Cat ini juga bisa melindungi genteng dari jamur.

Dengan formula khusus Jotun Jotaroof juga sanggup mencegah air hujan supaya tidak mudah merembes ke dalam rumah.

Jenis Bahan Dasar Cat Genteng

Selanjutnya kita bahas apa saja bahan dasar pembuatan cat genteng. Seperti yang kami jelaskan di atas, bahan pembuatan cat genteng bisa berbeda-beda. Maka dari itu kita perlu mengenalnya supaya nantinya tidak salah pilih cat.

Styrene Acrylic

Bahan dasar ini mempunyai kemampuan untuk memberikan perlindungan yang baik pada genteng rumah dari cuaca ekstrim. Selain itu bahan ini juga bisa membuat genteng lebih kebal dari jamur dan lumut. Biasanya cat dengan formula styrene acrylic diaplikasikan di genteng yang terbuat dari tanah liat, genteng beton atau asbes.

Alkyd Synthetic

Bahan pembuatan selanjutnya yang sering digunakan pada cat adalah Alkyd Synthetic. Formula ini mempunyai sifat yang cukup kuat. Selain itu kandungan ini juga bisa membuat tampilan cat glossy jika diaplikasikan pada genteng.

Kemampuan Alkyd Synthetic adalah melindungi genteng dari cuaca ekstrim dan serangan jamur. Lazimnya cat dengan formula ini digunakan untuk genteng dari tanah liat, beton atau untuk mewarnai permukaan besi ataupun kayu.

bahan cat genteng

Zinc Chromate Primer

Formula ini berfungsi untuk melindungi atap dari karat. Dengan begitu genteng bisa bertahan dalam waktu yang lama. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk sering mengganti atap rumah. Cat dengan kandungan formula Zinc Chromate Primer biasanya digunakan untuk genteng berbahan logam atau metal.

Acrylic Resin

Cat dengan bahan pembuatan acrycic resin sering digunakan pada atap yang terbuat dari tanah liat, beton atau asbes. Cat ini juga bisa digunakan pada lapisan film yang mempunyai tekstur keras.

Bahan dasar ini mempunyai ketahanan yang terbilang baik dan bisa kering dengan cepat. Tidak hanya itu, cat dengan kandungan Acrylic Resin mempunyai tampilan yang glossy. Sehingga bisa memberikan sentuhan mewah pada atap rumah.

Cat Waterproof

Sesuai dengan namanya formula waterproof berfungsi melindungi genteng supaya tidak mengalami kebocoran. Biasanya cat ini dipakai untuk menutupi retak rambut yang muncul pada genteng.

Karakteristik bahan dasar yang satu ini elastis, kedap air, anti alkali dan anti leleh. Umumnya cat dengan kandungan waterproof digunakan pada atap tanah liat, beton, asbes atau seng.

Vernis Thinner

Bahan pembuatan cat terakhir adalah vernis thinner. Cat ini bisa memberikan perlindungan yang baik terhadap genteng. Selain itu cat ini juga memberikan sentuhan mengkilap dan bersih. Vernis Thinner juga bisa membuat genteng terhindar dari debu. Dengan begitu warna dasar genteng tidak mudah pudar.

Daftar Harga Cat Genteng

Berikutnya kita lihat daftar harga cat genteng di pasaran. Perlu Anda ingat, harga di bawah ini masih bisa berubah. Mengingat harga cat genteng di pasaran bisa berbeda-beda. Ada yang menjualnya murah dan ada yang menjualnya dengan harga lebih tinggi dari harga rata-rata.

Walaupun begitu Anda tetap bisa menjadikan daftar harga di bawah ini sebagai acuan ketika ingin membeli cat genteng. Silakan simak harga cat genteng di bawah ini.

Merek dan Spesifikasi Satuan Harga
Cat Genteng Belazo 2.5 liter 165.850,-
Cat Genteng Express 1kg 41.850,-
Cat Atap Disnilux 2.5 liter 128.850,-
Envi Roof Paint 1kg 47.850,-
Penta Genteng 2.5 liter 124.850,-
DTamitex Genteng 2.5 liter 159.850,-
Dulux –  Weathershield Roof Paint 2.5 liter 168.850,-
NoDrop 1 kg 47.850,-
NoDrop 1 kg 47.850,-
Nippon Paint Matex – Cat Genteng 1 liter 48.850,-
Jotun – Jotaroof 2.5 liter 148.850,-
Mowilex – Roofpaint 2.5 liter 168.850,-
Sika – Raintite 1 kg 54.850,-
Avian Paint – Avitex Roof 4 kg 118.850,-

Baca juga: Harga Atap Seng Galvalum

Tips Memilih Cat Genteng

Jika Anda masih bingung dalam menentukan cat genteng, ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar Anda bisa memilih cat genteng yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips dalam membeli cat genteng.

  1. Bertanyalah pada tukang bangunan yang mengerjakan pembangunan atau renovasi di rumah Anda. Sehingga Anda mendapatkan masukan yang pas.
  2. Anda juga bisa mencari informasi langsung ke toko bangunan. Kunjungi toko terpercaya yang bersedia memberikan informasi lebih detail seputar spesifikasi dan keunggulan dari cat genteng yang mereka jual.
  3. Lakukan validasi dengan membandingkan kandungan dan bahan dasar masing-masing merek cat dengan melihat tabel spesifikasi. Selain itu bandingkan pula harganya.
  4. Jika ditemukan cat berbeda merek dengan spesifikasi sama, pilihlah merek cat yang dibanderol dengan harga lebih mahal.
  5. Tentukan warna pilihan anda sesuai dengan merek cat genteng yang telah anda pilih.

Sumber:

Leave a Comment