Harga Exhaust Fan Berbagai Macam Merk

Harga Exhaust Fan – Menghadirkan suasana yang nyaman di rumah menjadi salah satu prioritas bagi para pemilik rumah. Sebab rumah yang nyaman dan tenang tentu akan membuat kita betah beraktivitas maupun berlama-lama di dalamnya. Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh supaya interior rumah lebih memanjakan pemiliknya. Salah satunya dengan exhaust fan.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat elektronik yang satu ini. Exhaust fan sekilas memiliki tampilan seperti kipas angin pada umumnya. Akan tetapi exhaust fan mempunyai fungsi yang lebih spesifik. Alat yang satu ini berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan. Dengan begitu udara di dalam akan menjadi lebih segar.

Exhaust fan bekerja dengan cara menyedot udara di dalam ruangan. Di saat bersamaan exhaust fan mengalirkan udara segar masuk ke dalam ruangan. Memasang exhaust fan menjadi opsi menarik untuk rumah yang sirkulasi udara di dalam rumah kurang baik atau terasa panas.

Dengan perangkat ini maka udara ruangan akan terjaga kesejukannya. Penggunaan exhaust fan dan AC secara bersamaan juga bisa membuat sirkulasi udara terus berganti.

pemasangan exhaust fan

Fungsi Exhaust Fan

Exhaust fan atau blower ruangan mempunyai beberapa fungsi, selain memperlancar sirkulasi udara. Anda bisa membacanya untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki exhaust fan. Sehingga Anda juga semakin mengerti apakah produk ini sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum. Berikut adalah beberapa fungsi exhaust fan:

  1. Memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan.
  2. Menghilangkan udara panas di dalam ruangan secara optimal.
  3. Untuk meningkatkan kualitas udara. Sebab pergantian udara dilakukan terus menerus selama perangkat ini beroperasi.
  4. Mengontrol sirkulasi udara pada pemakaian AC. Sebab AC hanya berfungsi menyejukkan ruangan dan tidak dapat mengganti udara kotor di dalam ruangan dengan udara dari luar ruangan.
  5. Alternatif ventilasi ruangan jika ruangan di dalam rumah tidak mempunyai jendela yang cukup besar untuk bisa memenuhi pergerakan sirkulasi udara secara optimal.
  6. Juga berfungsi untuk mengusir nyamuk.
  7. Sanggup menghilangkan aroma tidak sedap.
  8. Menjaga kelembapan udara di dalam ruangan, termasuk jika di dalam ruangan ada AC.

Baca juga: Harga Turbin Ventilator

Kelebihan dan Kekurangan Exhaust Fan

blower dinding

Selain mempunyai beberapa fungsi, exhaust fan juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Apa saja plus-minus penggunaan exhaust fan ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

Hemat Daya

Exhaust fan tidak boros daya seperti halnya AC. Karena mekanisme yang serupa dengan kipas angin, pemakaian daya listrik dari perangkat ini juga tidak terlalu besar, yakni berkisar 40 Watt. Tentunya ini merupakan keuntungan yang bisa dipertimbangkan, terlebih jika daya di rumah terbatas.

Ramah Lingkungan

Air Conditioner (AC) menyimpan beberapa kekurangan yang membuat banyak orang ragu untuk membelinya. Salah satunya AC dinilai menjadi salah satu penyebab global warming alias pemanasan global. Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada exhaust fan. Pemakaian exhaust fan tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan atau diri kita sendiri. Sehingga perangkat ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin penyejuk ruangan yang ramah lingkungan.

Pemasangan Agak Ribet

Salah satu kekurangan dari exhaust fan adalah pemasangannya yang sedikit rumit. Sebab Anda perlu melubangi dinding atau plafon terlebih dahulu sebelum memasangnya. Maka dari itu selain mempertimbangkan soal harga jangan lupa cermati biaya pemasangan dan letak pemasangan.

Dapat Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Exhaust fan bisa menyejukkan udara di dalam ruangan sehingga menjadi lebih sejuk. Hanya saja jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan hal ini bisa saja menimbulkan masalah. Sebab perbedaan suhu udara di dalam dan luar ruangan berpotensi mengganggu daya tahan tubuh. Terlebih jika Anda dalam kondisi tidak sehat.

Jenis Exhaust Fan

exhaust fan ruangan

Leave a Comment