Harga Hebel Batu Bata Ringan Per Kubik

Harga Batu Bata Ringan – Batu bata menjadi salah satu material bangunan yang paling mudah dijumpai. Batu bata biasanya dimanfaatkan sebagai pemisah ruangan atau dinding. Berbicara soal batu bata mungkin kita akan langsung membayangkan bata merah. Padahal sebenarnya ada beberapa jenis batu bata. Salah satu di antaranya adalah batu bata ringan.

Hebel, sebutan lain dari bata ringan banyak dimanfaatkan pada konstruksi baru. Bukan tanpa alasan, sesuai dengan namanya bata ini memiliki bobot yang ringan. Selain itu hebel juga mudah dalam pengerjaan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memasangnya.

Umumnya beton ringan memiliki berat sekitar 600-1600 kg/m3. Dengan begitu ketika diaplikasikan pada proyek bangunan tinggi (high rise building) maka dapat mengurangi berat bangunan secara signifikan dan juga berdampak pada perhitungan pondasi.

batu bata ringan

Untuk diketahui, bata ringan sudah lebih dulu dipakai di negara-negara Eropa sejak 1923. Setelah itu di tahun 1943 bata ringan dikembangkan lagi oleh Joseph Hebel di Jerman. Sementara di Indonesia sendiri bata ringan mulai dikenal pada 1990-an.

Pemasangan hebel berbeda dengan bata merah. Sebab dalam pengerjaannya bata ringan dipasang dengan semen khusus, yakni semen perekat bata ringan. Lantas berapa harga bata ringan ini? Untuk menjawab hal tersebut, kami telah menyiapkan tabel harga yang bisa Anda simak.

Daftar Harga Batu Bata Ringan Atau Hebel

harga bata ringan

Ada beberapa macam batu bata ringan. Harganya juga berbeda-beda. Di samping itu harga di pasaran juga bisa berbeda-beda. Berikut adalah kisaran harga hebel terbaru.

Harga Bata Ringan

No JENIS BATU BATA UKURAN HARGA
1 Bata Ringan hebel Per kubik IDR 750.000 /m3
2 Bata Ringan Voscon Per kubik IDR 650-1000 /m3
3 Bata Ringan 10x20x60 cm 1 biji IDR 10.000 /Biji
4 Bata Ringan 7,5x20x60 cm 1 biji IDR 7.800 /Biji
5 Bata Ringan 10x20x60 cm Per Kubik IDR 750.000 /m3
6 Bata Ringan 7,5x20x60 cm Per Kubik IDR 585.000 /m3

Baca juga: Harga Granit Lantai per Meter

Harga Semen Perekat Bata Ringan

Produk Fungsi Harga /sak
MU-300 digunakan untuk pasangan bata Rp 51.550,- /40kg
MU-380 digunakan untuk perekat bata ringan Rp 153.550,- /40kg
MU-301 digunakan untuk pasangan bata dan plesteran Rp 59.550,- /40kg
MU-100 digunakan untuk plester premium Rp 62.550,- /40kg
MU-200 digunakan untuk acian plester dan beton Rp 159.550,- /40kg
MU-260 digunakan untuk acian profil Rp 192.550,- /40kg
MU-270 digunakan untuk acian putih Rp 158.550,- /25kg

Harga hebel di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Harga masing-masing toko juga bisa berbeda. Untuk itu Anda bisa mencoba bertanya ke beberapa penjual untuk mengetahui harga pasaran di sekitar lokasi proyek yang akan Anda kerjakan.

Jenis Bata Ringan

bata ringan

Perlu diketahui bahwa bata ringan atau hebel atau celcon yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua jenis. Yakni Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC).

Kedua bata ringan ini terbuat dari campuran material yang sama. Yang membedakan adalah komposisi setiap materialnya. Di samping itu proses pengeringan dua bata ringan ini juga berbeda. Untuk bata ringan AAC dikeringkan dengan memanfaatkan tekanan tinggi. Sementara bata ringan CLC dikeringkan secara alami.

Pemilihan jenis bata ringan akan menentukan seberapa cepat produktivitas pemasangan dan besar biaya yang perlu disiapkan. Untuk bata ringan AAC lebih cepat dari CLC. Hanya saja biaya pemasangan akan lebih mahal dari jenis CLC.

Baca juga: Harga Batu Kali Per m3

Kelebihan Bata Ringan

Sebelum memutuskan untuk membeli bata ringan, ada beberapa hal yang bisa Anda ketahui terlebih dahulu. Seperti kelebihan bata ringan. Berikut adalah beberapa kelebihan bata ringan.

Daya Tahan Kuat

Pada dasarnya dimensi dan bentuk bata ringan mirip dengan batu bata konvensional. Akan tetapi bata ringan atau hebel memiliki bobot 3 kali lebih ringan dari bata merah maupun batako. Bata ringan terbuat dari campuran bahan yang sama dengan bahan pembuat beton. Hal ini membuat bata ringan memiliki daya tahan yang setara dengan beton.

Bahkan ketahanan bata ringan juga sudah memenuhi standar bahan bangunan anti gempa. Itulah kenapa hebel biasanya lebih banyak dipakai pada bangunan atau gedung bertingkat dan mall.

Insulator yang Baik

batu hebel

TIdak hanya bisa membuat ringan sekaligus memperkuat ketahanan bangunan, bata ringan juga dapat melindungi bangunan secara utuh. Pori-pori yang ada di permukaan bata ringan dapat menyerap panas udara dari luar bangunan, sehingga membuat suhu di dalam ruangan tetap sejuk.

Lantaran bentuknya yang padat, bata ringan juga menjadi material bangunan yang kedap suara. Sehingga suara bising dari luar dapat dihalau.

Pemasangan Cepat

Bata ringan mempunyai dimensi yang lebih presisi dan kerataan permukaan yang lebih baik. Hal ini membuat pemasangan batu bata ringan lebih cepat. Tidak hanya itu, bobot yang ringan juga akan memudahkan tukang saat proses pemasangan sehingga mendapatkan hasil yang lebih rapi. Hanya saja pemasangan bata ringan ini membutuhkan perekat khusus yang merupakan semen instan atau mortar.

Finishing Lebih Mudah

Untuk finishing pembuatan dinding, dinding yang terbuat dari bata ringan memiliki tekstur permukaan yang halus dan rata. Sehingga tidak diperlukan lagi pelapisan yang tebal pada permukaannya. Bahkan Anda bisa langsung mengecatĀ  dinding tersebut atau membiarkannya terbuka.

Hal ini tentu berbeda dengan finishing dinding dari bata merah. Sebab pada bata merah perlu dilapisi dengan plester aci agar permukaannya lebih halus.

bata hebel

Hemat Biaya

Harga bata ringan sebenarnya lebih mahal dari bata merah. Akan tetapi bukan berarti memakai bata ini akan lebih boros pengeluaran. Sebab dengan memakai bata ringan Anda bisa menghemat biaya penggunaan plester hingga 50 persen. Proses pemasangan bata ringan yang lebih praktis dan cepat juga akan mengurangi biaya harian pekerja bangunan.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata

Tips Memilih Batu Bata Ringan

Membeli material bangunan alangkah baiknya tidak sembarangan. Kita perlu melakukan pengecekan dan mempertimbangkan kualitas maupun harganya. Hal ini dilakukan agar bangunan kokoh dan terbebas dari permasalahan di kemudian hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bata.

  • Cermati tumpukan batu bata saat mengunjungi toko bangunan maupun saat diturunkan dari truk pengangkut. Jika banyak yang patah, pecah atau seratnya keluar, maka bata tersebut rapuh dan kurang berkualitas.
  • Gesek potongan besi pada batu bata. Jika muncul suara dentingan nyaring, maka bata tersebut berkualitas baik.
  • Coba Anda belah atau bagi dua sampel batu bata. Jika bagian dalam belahan berwarna merah merata, maka bisa dipastikan batu bata tersebut baik karena sudah matang saat proses pembakaran. Ketika ingin membagi, jangan lupa untuk meminta izin penjual terlebih dahulu. Untuk tips ini berlaku pada bata merah.
  • Pilih bata ringan dengan standar SNI ataupun internasional. Adanya sertifikasi tersebut menandakan bahwa bata ringan berkualitas dan sudah teruji di laboratorium. Sehingga aman untuk dipakai dalam berbagai kondisi cuaca.
  • Tusuk bata ringan memakai paku. Bata ringan yang berkualitas tentu akan keras dan sulit tertembus paku.
  • Pilih bata ringan dengan warna putih bersih. Ini merupakan ciri bahwa hebel tersebut bagus. Proses pengeringan yang baik bisa membuat bata ringan matang sempurna dan berwarna putih.
  • Usahakan untuk tidak tergiur harga murah. Ketika memilih batu bata hebel usahakan untuk mengutamakan kualitas. Sehingga hasil akhirnya nanti memuaskan dan tahan lama.
  • Pilih ukuran yang presisi. Ukuran bata ringan standar panjangnya 60 cm, dengan tinggi 20 cm. Sementara tebalnya beragam, mulai dari 7,5 cm sampai dengan 10 cm.
  • Masukkan ke dalam air. Bata ringan yang baik akan terapung saat dimasukkan ke dalam air. Alasannya bata ringan menyerap sedikit air sehingga tidak rembes. Hal ini bisa terjadi karena proses kimia saat diproduksi.

Leave a Comment