Harga Kabel Listrik Berbagai Jenis Per Meter

Harga Kabel Listrik Per Meter – Bangunan, misal gedung perkantoran, apartemen atau rumah biasanya dilengkapi dengan beragam komponen atau fasilitas pendukung. Fasilitas ini disediakan untuk memudahkan kita saat beraktivitas di dalam rumah, kantor ataupun apartemen. Fasilitas pendukung yang biasa tersedia adalah air bersih, saluran pembuangan dan listrik.

Untuk instalasi listrik sudah menjadi fasilitas wajib ada yang biasanya sudah terpasang saat bangunan rumah berdiri. Adanya instalasi listrik akan mempermudah kegiatan kita sehari-hari. Mulai dari menyalakan AC, lemari es, penerangan atau bahkan mengisi daya gadget kesayangan. Maka dari itu keberadaan listrik menjadi sebuah keharusan di era modern seperti saat ini.

Seperti yang diketahui, komponen kelistrikan ada banyak sekali jenisnya. Masing-masing mempunyai bentuk yang berbeda, beserta fungsi atau kegunaan yang juga tak sama. Maka dari itu penting untuk kita mengetahui fungsi dasar dari berbagai alat listrik yang tersedia di pasaran.

jenis kabel listrik

Salah satu komponen kelistrikan yang bisa kita jumpai dengan mudah adalah kabel listrik. Kita bisa menjumpai kabel di pinggir jalan, di pertokoan ataupun di dalam rumah. Bisa dibilang kabel listrik menjadi salah satu komponen utama kelistrikan. Kabel listrik pada dasarnya berfungsi sebagai penyalur arus listrik. Maka dari itu keberadaannya sampai saat ini masih belum tergantikan.

Perlu dicatat, kabel listrik sangat beragam jenisnya. Di samping itu merek yang menawarkan kabel listrik yang beragam. Hal ini membuat pilihan yang tersedia di pasaran menjadi bervariasi. Pembeli seringkali kebingungan untuk menentukan pilihan lantaran sangat banyak macamnya di toko.

Baca juga: Harga MCB Schneider

Definisi Kabel Listrik

Sebagai tambahan informasi, kami jelaskan lebih jauh apa itu kabel listrik. Selain itu juga kami jelaskan pula fungsi dan macam kabel listrik sehingga Anda lebih paham seputar kabel listrik.

Kabel listrik adalah media untuk menghantarkan arus listrik. Kabel ini terdiri dari dua bahan, yakni bahan isolator dan konduktor. Bahan konduktor yang biasa dipakai adalah tembaga dan aluminium. Sedangkan bahan isolator yang umum digunakan terbuat dari thermoplastic yang merupakan polimer yang dibentuk dengan proses pemanasan dan pendinginan.

Konduktor adalah bagian dari kabel yang berperan untuk menghantarkan arus listrik. Bahan dasar konduktor yang ada di dalam kabel sangat beragam. Tidak hanya aluminium atau tembaga saja, namun juga bisa memakai logam seperti perak maupun emas. Tentu saja kedua bahan ini tidak dipakai sembarangan. Sebab kedua bahan ini dikenal mahal harganya.

pengertian kabel listrik

Isolator adalah bagian dari kabel yang berfungsi sebagai pelindung karena tidak dapat menghantarkan arus listrik. Maka dari itu isolator sering dipakai sebagai pembungkus kabel supaya orang lain tetap aman saat bersentuhan langsung dengan kabel.

Leave a Comment