Harga Kaca Tempered, Bening Per Meter

Harga Kaca Per Meter – Rumah, gedung, hotel atau bangunan lainnya mempunyai banyak sekali bagian. Setiap bagian ini mempunyai fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah jendela kaca yang fungsinya untuk membuat cahaya matahari bisa masuk dengan mudah ke dalam ruangan. Selain itu jendela juga berfungsi sebagai pemanis ruangan.

Berbicara soal jendela kaca, mungkin Anda sudah paham bahwa kaca yang biasa digunakan pada dunia konstruksi sangat beragam jenisnya. Masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri. Begitu juga dengan kaca tempered.

Kaca tempered menjadi salah satu jenis kaca yang sering digunakan di tengah kota. Gedung perkantoran, hotel, hingga pusat perbelanjaan kebanyakan memanfaatkan kaca tempered untuk beberapa bagian. Tidak hanya itu, bahkan beberapa rumah juga ada yang menggunakan kaca tempered ini.

Maka dari itu akan kami bahas lebih lanjut seputar apa itu kaca tempered. Begitu juga dengan kelebihan dan kekurangannya, hingga harga kaca tempered. Sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran jika memang tertarik untuk membelinya.

kaca tempered kantor

Baca juga: Harga Aquarium / Kolam Kaca

Pengertian Kaca Tempered

Apa itu kaca tempered? Kaca tempered adalah kaca yang diperkeras dengan cara memanaskan kaca float biasa hingga mencapai temperatur 700 derajat Celcius. Setelah itu kaca yang sudah dipanaskan itu didinginkan secara mendadak dengan cara menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca.

Dari proses ini kaca akan mengalami perubahan fisik, lebih tepatnya perubahan gaya tekan dan gaya tarik. Akan tetapi secara visual kaca ini masih sama seperti kaca lainnya.

Disebutkan bahwa prinsip dasar pembuatan kaca tempered ini sudah dikenal sejak abad ke-17. Walaupun kekuatan kaca tempered pada masa itu tak lebih kuat dari yang ada sekarang. Pemegang hak paten kaca tempered ini merupakan Rudolf Seiden, ahli kimia dari Austria.

Ciri khas dari kaca tempered ini adalah saat pecah kaca ini berubah menjadi butiran, bukan kepingan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, diketahui bahwa kaca yang  dipanaskan dan didinginkan secara berulang-ulang akan berubah menjadi butiran kecil yang aman jika pecah.

Walaupun diklaim sangat kuat, kaca tempered tetap bisa pecah. Hanya saja kaca tempered bisa tahan benturan hingga lima kali lipat lebih kuat dibandingkan kaca biasa. Hanya saja kaca ini sangat rentan terhadap goresan.

Kaca tempered bisa pecah dengan goresan yang dalam walaupun tidak secara langsung. Apabila kaca tergores, retakan kecil pada kaca akan menyebar hingga ke seluruh bagian kaca secara perlahan. Hal ini yang membuat kaca tempered bisa pecah.

Kaca tempered disebut juga mempunyai keseimbangan yang baik. Mulai dari daya tekan hingga daya tarik. Oleh karena itu jika ingin memilih kaca tempered jangan mengubah bentuk dengan memotong. Anda harus menentukan dimensi dan spesifikasi yang diperlukan sejak awal.

Fungsi Kaca tempered

kaca tempered buram

Leave a Comment