Harga Kalsiboard Untuk Dinding Luar

Kalsiboard Dinding – Jika Anda berkecimpung dalam dunia konstruksi, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kalsiboard. Jika belum tahu, kalsiboard adalah salah satu alternatif bahan bangunan pengganti dinding. Kalsiboard memiliki bentuk seperti triplek. Oleh karenanya kalsiboard mempunyai banyak fungsi, salah satunya adalah bahan tembok atau pembatas yang instan.

Memang fungsi utama dari material bangunan ini adalah sebagai penyekat ruang. Akan tetapi seiring berjalannya waktu tidak sedikit orang yang memanfaatkan kalsiboard untuk bahan atap plafon. Kalsiboard mempunyai kualitas yang baik. Maka dari itu banyak orang yang memilih kalsiboard ketimbang bahan bangunan lainnya.

kalsiboard dinding

Di pasaran harga kalsiboard sangat beragam. Sedangkan ukurannya juga bisa berbeda-beda. Akan tetapi umumnya kalsiboard mempunyai ukuran standar 1,2 x 2,4 m. Ketebalan kalsiboard sendiri juga bervariasi. Semakin tebal kalsiboard maka harganya juga akan semakin mahal. Selain itu harga juga dipengaruhi oleh kualitas bahan dari kalsiboard.

Jika berniat belanja bahan bangunan ini, yang pertama kali Anda perlu lakukan adalah mengetahui harga pasaran kalsiboard. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda mengetahui mana toko yang menjual kalsiboard dengan harga kompetitif. Di sisi lain kalsiboard juga beragam jenisnya sehingga kita perlu mencermati harganya terlebih dahulu sehingga bisa memperkirakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli kalsiboard. Berikut adalah daftar harga kalsiboard terbaru.

kalsiboard dinding

Daftar Harga Kalsiboard Terbaru

Merk Ukuran Harga/Lembar
KalsiFloor 20 mm 1,2 x 2,4 m Rp 545.000
KalsiQua 8 mm 1,2 x 2,4 m Rp 200.000
KalsiClad 12 mm 1,2 x 3 m Rp 297.000
KalsiClad 12 mm 1,2 x 2,7 m Rp 267.000
KalsiClad 12 mm 1,2 x 2,4 m Rp 248.500
KalsiClad 12 mm 1,2 x 2,4 m Rp 247.500
KalsiClad 10 mm 1,2 x 3 m Rp 246.000
KalsiClad 10 mm 1,2 x 2,7 m Rp 250.000
KalsiClad 10 mm 1,2 x 2,4 m Rp 230.000
KalsiClad 10 mm 1,2 x 2,4 m Rp 225.000
KalsiRata 3 mm.1 1 x 1 m Rp 14.000
KalsiRata 3 mm 1 x 2 m Rp 29.700
KalsiRata 3 mm 0.5 x 2 m Rp 13.950
KalsiBoard Ling 3,5 mm 1,2 x 2,4 m Rp 58.750
KalsiBoard Ling 3,5 mm 1,2 x 2,4 m Rp 56.750
KalsiBoard Ling 4,5 mm 1,2 x 2,4 m Rp 82.530
KalsiBoard Ling 4,5 mm 1,2 x 2,4 m Rp 78.000
KalsiBoard Ling 6 mm 1,2 x 2,4 m Rp 122.850
KalsiBoard Ling 6 mm 1,2 x 2,4 m Rp 116.000
KalsiBoard Ling 6 mm 1,2 x 2,7 m Rp 132.000
KalsiBoard Ling 6 mm 1,2 x 3 m Rp 148.500
KalsiPart 8 mm 1,2 x 2,4 m Rp 168.000
KalsiPart 8 mm 1,2 x 2,4 m Rp 198.000
KalsiPart 8 mm 1,2 x 2,7 m Rp 195.000
KalsiPart 8 mm 1,2 x 3 m Rp 197.000

Macam-Macam Kalsiboard

plafon kalsiboard

Kalsiboard terbagi menjadi beberapa macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya kalsirata, kalsilling, kalsipart dan lain-lain. Berikut kami jelaskan secara singkat beberapa jenis kalsiboard tersebut.

Baca juga: Harga Plafon Gypsum Semua Ukuran

Kalsirata

Kalsirata biasanya digunakan untuk plafon atau langit-langit interior. Ketebalan kalsiboard ini 3 mm, dengan panjang dan lebar mencapai 1 meter. Karena bentuknya yang tidak terlalu besar, kalsirata bisa dibawa dengan motor.

Kalsilling

Produk ini mirip dengan kalsirata, yakni untuk plafon. Perbedaannya terletak pada dimensinya, baik panjang, lebar maupun ketebalan. Kalsilling biasa digunakan untuk berbagai bangunan. Mulai dari apartemen, gedung perkantoran, mall dan lain sebagainya.

Kalsipart

Kalsipart adalah produk papan yang umumnya dipakai sebagai partisi untuk menyekat suatu ruangan. Kalsipart mempunyai bobot yang ringan dan mudah untuk dibongkar pasang. Itulah yang membuat kalsipart banyak diaplikasikan pada perkantoran. Selain itu kalsiboard ini juga biasa dipakai pada rumah sakit untuk menyekat kamar opname satu dengan kamar yang lain. Kalsipart juga diaplikasikan pada pusat perbelanjaan karena mudah dibongkar dan dibentuk.

Kalsiclad

Kalsiclad biasanya dipakai untuk bagian luar atau eksterior. Kalsiclad merupakan material pengganti tembok. Kelebihannya adalah pemasangan yang lebih mudah dan juga cepat sehingga akan menghemat waktu pengerjaan.

Kalsifloor

Kalsifloor dipakai untuk lantai, sesuai dengan namanya. Kelebihannya terletak pada pemasangan yang mudah, material yang kuat ringan dan terbilang praktis. Waktu yang diperlukan untuk pemasangan juga singkat karena tidak membutuhkan pengecoran. Kalsifloor bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin memasang papan lantai dengan waktu yang cepat.

Kalsiplank

Kalsiplank merupakan produk plank dari kalsiboard. Produk ini mempunyai motif yang polos dan juga motif seperti kayu jati. Sehingga jika dicat dengan warna kayu alami maka bisa menciptakan kesan layaknya kayu asli. Kalsiplank tersedia dalam berbagai ukuran.

Kelebihan dan Kekurangan Kalsiboard

macam kalsiboard

Seperti yang dijelaskan di atas, kalsiboard mempunyai jenis yang beragam. Terlepas dari itu, kalsiboard mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kalsiboard.

Baca juga: Desain Plafon Minimalis Modern

Kelebihan Kalsiboard

Aman bagi Kesehatan

Kalsiboard tidak mengandung bahan yang berbahaya sehingga aman untuk kesehatan. Perlu diketahui, kalsiboard mengandung nol persen asbes. Asbes sendiri dinilai menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru.

Pemasangan Mudah dan Cepat

Kalsiboard mempunyai bagian pinggiran yang lebih tipis. Hal ini akan mempermudah kita pada saat proses penyambungan. Sehingga permukaan sambungan akan sama rata dengan permukaan lembaran.

Kuat tapi Lentur

Kalsiboard dikenal kuat dan kokoh. Akan tetapi selain itu kalsiboard juga mempunyai elastisitas yang baik. Sehingga Anda bisa menyesuaikan bentuk kalsiboard sesuai dengan keinginan, tanpa mengurangi kekuatan dari kalsiboard itu sendiri.

Perawatan Mudah

Kalsiboard juga mempunyai kelebihan dalam hal perawatan. Material bangunan ini dikenal luas anti rayap, lapuk maupun karat. Jika suatu saat terjadi kebocoran dan menimbulkan noda pada plafon, kita hanya perlu mengamplas plafon tersebut dan mengecatnya kembali. Selain itu kalsiboard juga tahan api, sama seperti gypsum.

Tahan Lama

Kalsiboard mempunyai daya tahan yang sangat baik. Bahan material ini bisa dipakai dalam waktu yang lama, hingga puluhan tahun tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Itulah kenapa harga kalsiboard terbilang mahal. Akan tetapi harga tersebut terbayar lunas dengan kualitasnya.

Kelemahan Kalsiboard

fungsi kalsiboard

Tingkat Kembang Susun Tinggi

Selain mempunyai kelebihan, kalsiboard juga mempunyai kekurangan. Material ini mempunyai tingkat kembang surut yang tinggi. Ukuran kalsiboard bisa bertambah saat musim hujan lantaran strukturnya mengembang. Sedangkan di musim kemarau ukurannya akan berkurang.

Itulah kenapa kalsiboard berpotensi mengalami keretakan rambut tipis, khususnya saat musim kemarau. Alasannya ukuran pori-porinya semakin mengecil sehingga muncul retakan tipis pada sambungan tersebut. Untuk mengakalinya Anda bisa mengaplikasikan kalsiboard pada ruangan ber-AC sehingga suhu ruangan tetap stabil.

Memanfaatkan Kalsiboard untuk Partisi Ruangan

kelebihan kalsiboard

Pada dasarnya rumah dibagi menjadi beberapa ruangan yang ditujukan untuk beragam keperluan. Seperti kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang keluarga dan lain-lain. Maka dari itu ketika membeli atau membangun rumah kita perlu mencermati berapa ruangan yang kita butuhkan jika mempunyai rumah sendiri.

Hanya saja meskipun sudah diperhitungkan dengan matang tetap ada kemungkinan di kemudian hari kita membutuhkan ruangan tambahan. Padahal ruangan di rumah sudah terpakai semua dan tidak ada ruangan kosong. Di sisi lain kita juga belum memiliki cukup dana untuk melakukan renovasi atau menambah ruangan di dalam rumah.

Akan tetapi tetap ada solusi untuk permasalahan tersebut. Anda bisa menambah ruangan di dalam rumah dengan biaya yang tidak terlalu banyak. Caranya adalah dengan memberikan partisi ruangan. Dinding partisi biasanya dibuat dengan menggunakan material trpilek. Hanya saja material ini mudah lapuk dan berjamur. Selain itu finishing harus memakai wallpaper supaya terlihat menarik.

kalsiboard partisi ruangan

Jika kurang yakin, Anda bisa memanfaatkan material kalsiboard. Material ini mirip dengan triplek, namun dengan beberapa kelebihan. Kalsiboard lebih praktis dalam hal pemasangan. Selain itu material kalsiboard juga lebih tahan lama.

Kalsiboard juga ringan sehingga pemasangannya bisa dilakukan dengan memakai lem khusus. Hasil pemasangan kalsiboard akan maksimal jika saat pemasangan hingga lem mengering Anda tekan-tekan permukaan pada bagian dinding partisi yang ditopang langsung oleh balok framing secara intens.

Untuk tahap finishing, Anda tidak perlu mengecat ataupun melapisi kalsiboard. Anda hanya perlu membersihkan sisa-sisa lem yang menempel di bagian pertemuan antar dinding.

Leave a Comment