Harga Kuas Cat Tembok Dan Cat Minyak

Harga Kuas Cat – Ketika kita ingin mengecat, maka kita memerlukan beberapa alat untuk mempermudah pekerjaan kita. Salah satunya yang tidak pernah absen adalah kuas cat. Kuas cat adalah alat yang memiliki bulu-bulu sintetis di bagian ujung yang berfungsi untuk meratakan cat.

Pada dasarnya kuas cat berfungsi untuk membantu kita dalam mengaplikasikan cat pada suatu bidang, baik tembok, kayu ataupun besi. Akan tetapi kuas cat juga biasa digunakan untuk membersihkan perkakas dari debu maupun kotoran, serta mengaplikasikan pelumas dan lain sebagainya.

Sekarang ada banyak sekali kuas cat yang bisa Anda beli. Jenisnya berbeda-beda, berikut ukurannya. Tentu saja masing-masing kuas cat ini mempunyai fungsi yang berbeda, sehingga pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Selain mengetahui jenis kuas cat mana yang tepat, yang juga tak kalah penting adalah mengetahui harga kuas cat.

jenis kuas cat

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda seputar harga kuas cat tembok dan cat minyak. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas seputar jenis kuas cat yang biasa kita temui di pasaran.

Baca juga: Harga Cat Aquaproof

Jenis Kuas Cat

Berdasarkan Bahan Bulunya

Jenis kuas cat cukup beragam. Jika dilihat dari bahan bulunya, ada yang namanya kuas sintetis dan natural atau alami. Untuk bahan sintetis terbuat dari nylon, polyester ataupun perpaduan keduanya. Sementara untuk bahan alami biasanya terbuat dari bulu banteng ataupun bulu babi.

Berdasarkan Gagangnya

Gagang kuas juga bisa bermacam-macam, ada yang pendek, sedang dan juga panjang. Dengan demikian pembeli akan dimudahkan untuk memilih kuas yang sesuai dengan kebutuhannya.

Berdasarkan Ukurannya

kuas cat tembok

Ukuran kuas cat juga bermacam-macam, ada yang kecil dan juga ada yang besar. Lebih jelasnya berikut adalah macam-macam kuas cat dilihat dari ukurannya:

  • Ukurannya yang kurang lebih 1 inchi atau 2,5 cm. Biasanya alat ini memang lebih banyak digunakan untuk mengecat pada area-area atau daerah yang tergolong sempit atau produk yang cenderung ukurannya memang kecil. Untuk harga kuas cat kecil 1 inch sendiri berkisar di Rp. 2900.
  • Ukuran yang 2 inchi atau 5 cm. Biasanya lebih banyak digunakan untuk mengecat pada area yang tidak terlalu lebar. Misalnya saja bisa digunakan untuk mengecat pada kaki meja. Untuk harga kuas cat 2 inch adalah Rp. 10.000.
  • Ukuran yang 3 inchi atau 7,5 cm. Biasanya kuas ini akan banyak digunakan untuk mengecat tembok yaitu dengan menggunakan cat tembok. Banderol kuas cat 3 inch ini sendiri yaitu Rp. 14.000.
  • Ukuran yang 4 inchi atau 10 cm. Biasanya juga akan lebih banyak digunakan untuk mengecat tembok.

Berdasarkan Ketebalannya

Selain ukurannya yang berbeda-beda, ketebalan kuas cat juga bervariasi. Tidak ada standar dalam hal ini. Oleh karenanya masing-masing merek mempunyai standar yang bisa saja berbeda-beda. Pemilihannya tinggal disesuaikan kebutuhan. Jika ingin mengecat dengan memakai lapisan yang tipis, maka gunakan kuas cat dengan ketebalan bulu yang tidak terlalu tebal.

Berdasarkan Pemakaiannya

Kuas cat juga bisa dibagi berdasarkan penggunaannya. Ada kuas cat yang didesain khusus untuk daerah yang melekuk atau miring sampai yang mendatar. Anda bisa  membedakannya dengan melihat kemiringan kuas cat tersebut.

Berdasarkan Mereknya

Merek kuas cat yang beredar di pasaran sangat beragam. Kualitas yang ditawarkan juga bermacam-macam. Beberapa merek kuas cat yang lazim ditemui adalah Eterna, OMCO, SKR dan HSG. Selain merek-merek tersebut juga ada merek lain yang tak kalah berkualitas dan mempunyai harga yang kompetitif.

Membandingkan Kuas Cat Tembok dan Roll

kuas cat air

Waktu

Jika dibandingkan dari segi waktu, kuas cat memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan roll. Roll memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan kuas, sehingga pengerjaan bisa dilakukan dengan cepat.

Penggunaan

Dibandingkan dengan jenis roll, kuas cat dinilai lebih sedikit dalam hal pemakaian cat. Roll biasanya akan menghabiskan cat 40% lebih banyak dari kuas cat. Pemakaian cat bisa lebih tinggi lagi jika memakai roll yang tidak berkualitas. Sebab daya serap cat sangat tinggi dan saat mengaplikasikannya ke permukaan menjadi tidak rata.

Leave a Comment