Harga Kusen Aluminium Pintu Dan Jendela

Harga Kusen Aluminium Per Meter – Jika kita perhatikan, setiap bangunan baik kantor maupun rumah memiliki pintu sebagai akses keluar masuk dan jendela untuk sirkulasi udara dan masuknya cahaya matahari. Kedua elemen ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari suatu bangunan atau gedung.

Oleh sebab itu tidak susah untuk mencari penjual pintu, jendela dan kusennya. Kusen adalah bingkai atau frame dari daun pintu maupun jendela yang dijadikan tumpuan agar bisa dibuka dan ditutup dengan baik.

Ketebalan kusen dapat disesuaikan dengan ketebalan dinding ataupun material pabrikasi. Kusen cukup beragam jenisnya jika dilihat dari materialnya. Ada kusen kayu, aluminium dan UPVC. Masing-masing jenis kusen ini mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Oleh karenanya pemilihan kusen pintu dan jendela ini alangkah baiknya benar-benar dicermati. Sehingga nantinya Anda tidak sampai salah beli. Misalnya kusen yang terbuat dari kayu mempunyai tampilan yang lebih natural, dan mampu menahan panas. Selain itu kusen kayu juga terlihat lebih menarik.

kusen aluminium minimalis

Akan tetapi karena berbahan dasar kayu, maka kusen ini rawan terkena rayap. Di samping itu kusen juga memerlukan perawatan berkala supaya kualitas materialnya terjaga.

Alternatifnya bisa memilih kusen aluminium. Kusen ini anti rayap dan lebih tahan terhadap pengeroposan. Di samping itu kusen aluminium tahan lama dan bisa didesain sesuai pesanan. Hanya saja bentuk atau modelnya kurang variatif.

Kusen aluminium lazim ditemui di gedung perkantoran. Akan tetapi seiring berjalannya waktu kusen aluminium juga diaplikasikan di rumah. Sehingga bukan keputusan yang salah jika Anda memilih kusen aluminium untuk rumah Anda. Akan tetapi dengan beberapa kelebihan yang ditawarkan tersebut, harga kusen aluminium menjadi lebih mahal dari kusen kayu.

Ketika ingin membeli kusen aluminium, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal. Seperti ukuran yang biasa beredar di pasaran, kelebihan dan kekurangannya, hingga harga kusen aluminium. Untuk itu akan kami jelaskan satu per satu di bawah ini.

Baca juga: Harga Kusen Kayu Pintu Dan Jendela

Ukuran Kusen Aluminium

warna kusen aluminium

Kusen aluminium umumnya tersedia dalam dua macam ukuran, yakni 3 inci dan 4 inci. Berikut kami jelaskan kedua ukuran kusen aluminium itu.

Kusen Aluminium 3 Inci

Kusen aluminium ini biasanya mempunyai ukuran lebar profil 3,8 cm dan 7,6 cm. Sedangkan panjangnya untuk kusen aluminium Alexindo mencapai 6 meter. Dan patokan ini berlaku untuk semua merek, kecuali Ykk. Untuk merek Ykk sendiri memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil, yakni 3,5 cm x 7 cm.

Kusen Aluminium 4 Inci

Kusen aluminium berukuran 4 inci mempunyai ukuran yang berbeda. Untuk merek Ykk memiliki ukuran 4 cm x 9 cm. Ukuran ini lebih kecil dibandingkan dengan model kusen aluminium lain yang mulai dari 0,5 cm sampai dengan 1 cm.

Warna Kusen Aluminium

kusen aluminium modern

Mungkin bayangan Anda kusen aluminium hanya tersedia dalam warna silver saja. Padahal sebenarnya ada warna-warna lain yang tak kalah menarik. Kusen aluminium mempunyai beberapa varian warna, antara lain:

  1. Silver atau ca, warna ini menjadi warna dasar dari aluminium.
  2. Coklat, untuk warna ini terbagi menjadi dua macam, yakni powder coating dan anodize.
  3. Hitam, memiliki warna yang serupa dengan warna coklat.
  4. Putih, merupakan warna powder coating yang paling diminati dan laris karena memunculkan kesan minimalis.
  5. Motif serat kayu, adalah warna yang memberikan kesan alami. Ada beberapa pilihan motif yang bisa dipilih, seperti warna multi dari kayu ebony, kayu jati hingga kayu akasia.

Kelebihan Kusen Aluminium

Di atas kami sudah menyebutkan beberapa kelebihan dari kusen berbahan aluminium. Akan tetapi masih ada kelebihan lain yang bisa Anda ketahui. Berikut beberapa keunggulan kusen aluminium dibandingkan dengan kusen lainnya:

  1. Material aluminium sangat awet dan bisa tahan dalam waktu yang lama.
  2. Aluminium anti rayap.
  3. Tidak mengalami penyusutan seperti pada kayu, begitu juga perubahan bentuk akibat cuaca.
  4. Perawatan kusen aluminium tidak sulit, cocok untuk Anda yang cukup sibuk dengan padatnya aktivitas harian.
  5. Kusen aluminium bisa dicat dengan warna kayu atau motif lainnya sesuai kehendak.
  6. Harga kusen aluminium lebih ekonomis mengingat materialnya yang tahan lama.

Kekurangan Kusen Aluminium

kusen jendela aluminium

Terlepas dari beberapa kelebihannya, kusen aluminium masih mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini perlu Anda perhatikan untuk memastikan bahwa karakteristik kusen aluminium ini cocok dengan kebutuhan Anda. Apa saja kekurangan kusen ini? Berikut poin-poin yang bisa Anda baca:

  1. Bentuk dan desain terbatas, tidak seperti kusen kayu. Sehingga aluminium tidak bisa dibentuk sesuka hati.
  2. Kusen aluminium dipasang dengan menggunakan alat fischer. Artinya kusen ini mengandalkan kekuatan sekrup fischer. Perlu diketahui, sekrup ini dibor dan ditanam pada openingan jendela atau pintu yang sudah diplester rapi.
  3. Fabrikasi kusen aluminium pintu atau jendela perlu disesuaikan dengan ukuran di lapangan. Sebab jika kondisi openingan selisih dengan kusen yang sudah dibuat maka kusen tidak akan bisa dipasang. Oleh karenanya diperlukan perhitungan yang akurat.
  4. Kusen aluminium dipasang dengan memakai sekrup yang dipasang melekat pada dinding. Sehingga pemasangan harus dilakukan secara presisi. Disarankan untuk memakai kusen aluminium tipis dan bermutu rendah.

Daftar Harga Kusen Aluminium

Berikutnya kita bahas harga kusen aluminium di pasaran. Perlu diketahui bahwa harga kusen bisa berbeda-beda. Setiap penjual atau produsen bisa menetapkan harga yang beragam. Akan tetapi Anda tetap bisa menjadikan daftar harga di bawah ini sebagai acuan.

Harga Kusen Aluminium YKK

No Jenis Satuan Harga
1 Pintu kaca aluminium YKK m1 Rp 3.850.850
2 Pintu Sprandell YKK m1 Rp 3.850.000
3 Jendela YKK m1 Rp 1.200.000
4 Kusen aluminium 3 inch YKK m1 Rp 150.000
5 Kusen aluminium 4 inch YKK m1 Rp 201.000

Harga Kusen Aluminium Alexindo

No Jenis Sastuan Harga
1 Pintu kaca 5 mm frame aluminium serat kayu 5 mm Rp 3.070.850
2 Pintu sprandell frame aluminium serat kayu Rp 3.050.850
3 Kusen aluminium 3 inch serat kayu m1 Rp 150.850
4 Kusen aluminium 4 inch serat kayu m1 Rp 200.850

Harga Kusen Aluminium Warna

No Jenis Satuan Harga
1 Kusen aluminium 4 inch Alexindo m1 Rp 110.850
2 Kusen aluminium 4 inch Alcomexindo m1 Rp 110.850
3 Kusen aluminium 4 inch Alko m1 Rp 95.500
4 Kusen aluminium 4 inch HP metal m1 Rp 90.500
5 Kusen aluminium 3 inch HP metal m1 Rp 85.550
6 Kusen aluminium 3 inch Alko m1 Rp 85.850
7 Kusen aluminium 3 inch Alcomexindo m1 Rp 95.550
8 Kusen aluminium 3 inch Alexindo m1 Rp 95.750

Harga Kusen Pintu Jendela Aluminium 

No Jenis Ukuran Harga
1 Pintu swing + kaca polos 5 mm Rp 1.452.000
2 Pintu swing silver + kaca polos, floor hinge dorma BTS 84 5 mm Rp 1.802.000
3 Pintu swing coklat + kaca polos, floor hinge dorma BTS 84 5 mm Rp 2.452.000
4 Pintu frameless tempered polos floor hinge dorma BTS 84 12 mm Rp 3.452.500
5 Pintu frameless tempered rayban floor hinge dorma BTS 84 12 mm Rp 3.452.500
6 Pintu fitting tempered polos floor hinge dorma BTS 84 12 mm Rp 3.452.500
7 Pintu fitting tempered rayban floor hinge dorma BTS 84 12 mm Rp 4.452.500
8 Jendela casement silver + kaca polos 60 x 120 + 5 mm Rp 426.500
9 Jendela casement coklat + kaca polos 60 x 120 + 5 mm Rp 476.500
10 Jendela sliding silver + kaca polos 60 x 120 + 5 mm Rp 452.000
11 Jendela sliding coklat + kaca polos 60 x 120 + 5 mm Rp 452.000

Tips Memilih Kusen Aluminium

Cek Tingkat Ketebalan

kusen pintu aluminium

Ketika ingin membeli kusen aluminium, jangan lupa untuk mencermati ketebalannya. Pilih kusen aluminium yang memenuhi kriteria ukuran standar. Ketebalan kusen aluminium umumnya 1 mm. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan finishing kusen, sebab hal ini mempengaruhi standar pemakaian kusen tersebut.

Pilih Kusen Aluminium Berkualitas

Kualitas kusen aluminium bisa berbeda-beda. Hal ini yang membuat harganya beragam. Akan tetapi usahakan untuk memprioritaskan kualitas. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Sebab yang terpenting adalah kualitas yang baik dan bisa tahan lama.

Mengetahui Spesifikasi Kusen

Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi detail dari kusen aluminium  yang akan dibeli. Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual. Selain itu Anda juga bisa bertanya seputar kelebihan dan kekurangan dari kusen yang ditawarkan kepada Anda.

Anda juga bisa menanyakan apa saja warna kusen yang ada, berikut stoknya. Oleh karenanya disarankan untuk membeli kusen di toko atau penjual yang sudah terpercaya. Jika ingin membeli secara online, jangan lupa untuk mencermati pula biaya kirimnya dan garansi jika ada.

Baca juga: Harga Etalase Aluminium Kaca

Sekian informasi seputar harga kusen aluminium pintu dan jendela yang bisa kami sampaikan. Berikut informasi lain seperti ukuran kusen, kelebihan dan kekurangan, pilihan warna kusen aluminium, hingga tips memilih kusen aluminium. Semoga informasi di website hargabahanmaterial bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment