Harga Lem Kayu Fox, Aibon, Rajawali, Dll

Harga Lem Kayu Fox – Dalam dunia konstruksi ada banyak sekali barang yang bisa kita kenal dan biasa dipakai dalam pembangunan suatu rumah ataupun bangunan. Salah satunya adalah lem kayu. Sesuai dengan namanya, lem ini digunakan untuk merekatkan kayu.

Seperti yang diketahui, ada banyak sekali jenis kayu yang bisa kita jumpai di pasaran. Mulai dari kayu jati, kayu kaso, kayu meranti dan lain sebagainya. Begitu juga dengan lem kayu yang beredar di toko kayu atau toko material bangunan. Ada banyak sekali merek dan jenisnya. Selain merek dan jenis yang bervariasi, ukurannya juga bisa bermacam-macam sehingga Anda bisa membeli mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum lem kayu ada yang mengering dengan cepat dan lama. Masing-masing mempunyai kelebihan. Misalnya untuk lem yang lambat kering cenderung lebih awet dan kuat karena lem ini membutuhkan waktu untuk meresap terlebih dahulu ke dalam pori-pori kayu. Hanya saja biasanya lem ini perlu diencerkan terlebih dahulu dengan air.

lem kayu fox

Maka dari itu lem kayu yang satu ini akan cenderung melemah saat terendam air atau kontak langsung dengan air. Jadi lem kayu ini harus diaplikasikan pada konstruksi yang tidak bersentuhan langsung dengan air.

Karena ada banyak merek dan varian lem kayu, maka kita perlu mencermati berapa harga lem kayu yang umum di pasaran. Untuk itu kami menyajikan daftar harga di bawah ini yang bisa Anda jadikan referensi sebelum terjun langsung ke toko bahan bangunan.

Daftar Harga Lem Kayu Berbagai Merk

PRODUK HARGA
Lem Kayu Alifatik Presto DN 600g Produk Polychemie Asia Pasific Permai Rp 22.000
Lem Kayu Presto DN Galon (4 Kg) Rp 140.000
Lem Crona 234 / Lem Kayu Rp 26.000
Lem Kayu dan Hpl Crona wow 600 gr Rp 65.000
Lem Kayu Kuat Titebond 2 ukuran 473mL Rp 160.000
Lem Kayu Sangat Kuat Titebond 3 Diskon ukuran 473mL Rp 265.000
Lem Fox Aibon 600 gram / untuk Kayu, Kulit, Karet (Busa) dll Rp 50.000
Lem Fox Putih Sedang (Perekat Kertas,kayu) (Best) – Putih 350 gram Rp 9.000
Lem Fox Putih PVAc 350 gram / untuk kayu, kertas, slime, texture dll Rp 12.000
Lem Fox Putih PVAc 700 gram / untuk kayu, kertas, slime, texture dll Rp 24.000
Lem Fox Aibon 70 gram / untuk Kayu, Kulit, Karet (Busa) dll Rp 8.500
Fox PVAC Putih 150 gr 8.000 โ€“ 13.000
Fox Stik PVAC Putih 60 gr 8.000 โ€“ 12.000
Fox Kuning 70 gr 12.000
Fox Bungkus Putih 600 gr 12.100
Fox Kuning 185 gr 19.000
Fox Kuning 300 gr 27.500
Fox PVAC Putih 500 gr 16.500
Fox PVAC Putih 1 kg 30.800
Fox Kuning 600 gr 45.000 โ€“ 50.000
Fox Kuning 25 kg 191.000
Fox PVAC Putih 4 kg 217.000
Lem RAJAWALI 800gr Lem Putih Multifungsi / Lem Kayu / Lem Meubel Rp 14.000
Lem epoxy resin untuk metal besi kayu kaca keramik Dextone Berkualitas 48gr Rp 18.000
RAJAWALI HITAM PVAC 350 GR Rp 5.400
RAJAWALI HITAM PVAC 600 GR Rp 8.950
RAJAWALI NEOP 2.5 KG Rp 5.400
RAJAWALI NEOP 300 GR Rp 18.700
RAJAWALI NEOP 600 GR Rp 34.250
RAJAWALI NEOP 70 GR Rp5.650
RAJAWALI POWER NEOP 2.5 KG Rp 94.750
RAJAWALI POWER NEOP 300 GR Rp 18.500
RAJAWALI POWER NEOP 600 GR Rp 33.500
RAJAWALI SUPER NEOP 2.5 KG Rp 95.150
RAJAWALI SUPER NEOP 300 GR Rp 18.200
RAJAWALI SUPER NEOP 600 GR Rp 31.600

Baca juga: Harga Kayu Mahoni

Kelebihan Lem Kayu

Ada beberapa karakteristik dari lem kayu yang menjadi ciri khas sekaligus kelebihannya. Apa saja ciri khas dari lem kayu? Berikut adalah beberapa ciri khas dan kelebihan lem kayu.

  • Lem kayu tidak memiliki aroma menyengat. Sehingga Anda tidak perlu terganggu dengan bau yang tak sedap selama menggunakan lem kayu ini.
  • Bekas dan noda lem kayu dapat langsung dibersihkan dengan air. Anda tidak membutuhkan bahan kimia untuk menghilangkannya.
  • Dinilai lebih aman dibandingkan dengan bahan perekat lainnya.
  • Lebih terjangkau dan penggunaannya tergolong praktis. Apalagi jika dibandingkan dengan lem epoksi.
  • Potensi glue line dapat diminimalisir.

Rekomendasi Lem Kayu

Mungkin Anda masih bingung melihat banyaknya pilihan lem kayu. Jika iya, kami memiliki beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan. Beberapa merek lem kayu ini dipakai karena dikenal paling kuat.

Lem Aica Aibon

lem kayu aica

Sebenarnya lem yang satu ini tergolong lem serbaguna. Aica Aibon bisa dipakai untuk merekatkan melamin, logam, beton, papan fiber, kulit, karpet dan bahan yang terbuat dari kayu dan sejenisnya. Lem Aica Aibon mengandung pelarut organik dan karet sintetis.

Untuk menggunakan lem ini kita perlu membersihkan kotoran di sisi yang akan dilem. Lalu gunakan amplas untuk membersihkannya. Apabila sudah benar-benar bersih aplikasikan lem dan ratakan di permukaan perabotan tersebut. Tunggu lem hingga mengering, biasanya membutuhkan waktu 10-20 menit, setelah itu rekatkan kedua sisinya.

Perlu dicatat, lem ini bisa merekat dengan baik jika Anda membersihkan permukaan yang akan dilem dengan baik. Selain itu berhati-hatilah saat menggunakan lem Aica Aibon. Usahakan jangan sampai terkena anggota tubuh langsung. Kelebihan lain dari lem ini adalah ketahanannya terhadap air.

Lem Putih PVAc

jenis lem kayu

Lem yang satu ini khusus dipakai pada produk kayu. Selain itu lem PVAc ini juga bisa dipakai sebagai bahan plamir tembok. Lem ini juga dapat digunakan untuk merekatkan bahan lain seperti kertas dan koraltex.

Lem PVA atau lem PVAc dikenal dengan istilah lem putih atau lem kuning. Lem ini dapat dibersihkan dengan air. Di samping itu juga tersedia lem PVAc yang tahan terhadap air. Penggunaan lem ini bukan dengan merekatkan secara langsung. Setelah lem diaplikasikan pada kedua sisi yang akan dilem, dibiarkan dulu terlebih dahulu sekitar 10 menit. Setelah itu kedua sisi ini baru bisa direkatkan.

Lem Polyurethane

lem kayu kemasan

Lem ini dapat dipakai untuk berbagai keperluan, baik untuk indoor maupun outdoor. Akan tetapi perlu dicatat, ketika ingin menggunakan lem ini benda yang akan dilem harus dibasahi terlebih dahulu dengan lap basah. Kemudian ratakan pada permukaan yang telah dibasahi dan segera tempelkan kedua sisinya. Biarkan selama 24 jam hingga lem mengering sempurna.

Lem Dextone Epoxy Adhesive

lem kayu epoxy

Lem ini juga biasa disebut dengan nama lem dextone. Ada dua komponen yang terkandung di dalamnya, yakni resin dan hardener. Anda harus mencampur kedua komponen ini jika ingin mengaplikasikannya ke perabotan kayu. Lem dextone diklaim dapat bertahan pada suhu tinggi. Tidak hanya itu, selain bisa dipakai pada material kayu lem dextone juga dapat dipakai pada besi, baja dan tembaga.

Lem ini juga dapat diaplikasikan pada plastik hingga keramik. Keunggulan lem ini adalah kemampuannya untuk bertahan dalam temperatur yang tinggi.

Lebih jelasnya, untuk menggunakan lem ini Anda harus mencampur kedua komponen terlebih dahulu. Kemudian ratakan lem di permukaan kayu yang akan direkatkan. Tunggu selama beberapa menit, lalu rekatkan dan tahan hingga lem kering dan merekat dengan baik. Usahakan untuk tidak bersentuhan langsung dengan lem ini, sebab jika terkena kulit cukup sulit untuk membersihkannya.

Baca juga: Harga Cat Kayu dan Besi

Lem Ethyl Cyanoacrylate

lem kayu korea

Lem ini juga biasa disebut dengan nama lem korea. Lem ethyl cyanoacrylate berbentuk cair namun mempunyai daya rekat yang tinggi. Lem ini bisa dipakai untuk merekatkan berbagai perabotan yang terbuat dari kayu. Cara penggunaan lem ini juga sederhana. Yakni cukup bersihkan permukaan yang hendak dilem supaya lem bisa merekat dengan baik.

Selanjutnya ratakan lem pada permukaan benda yang akan direkatkan. Tunggu beberapa menit, lalu rekatkan kedua sisi permukaannya. Tahan hingga lem mengering dan merekat dengan baik.

Lem Sealant Silicone Rubber

Sealant mempunyai daya rekat yang sangat baik. Anda bisa menggunakan lem ini untuk berbagai kayu. Selain itu sealant silicone rubber juga bisa dipakai pada plastik, keramik, kaca, karet dan juga kanvas. Umumnya lem silikon ini dipakai untuk konstruksi akuarium.

Tips Memilih Lem Kayu

Perhatikan Kecepatan Pengeringan

Setiap jenis lem mempunyai kecepatan pengeringan yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda perlu mencermatinya sebelum memutuskan untuk membelinya. Selain itu juga penting bagi kita untuk membaca aturan pakainya supaya tidak salah dalam mengaplikasikannya.

Pilih Berdasarkan Kebutuhan

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada banyak jenis lem kayu yang bisa dipilih. Untuk itu pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa bertanya kepada penjual untuk mendapatkan produk yang tepat.

Daya Rekat

Mencermati daya rekat juga tak kalah penting. Tidak perlu fokus memilih lem yang mempunyai daya rekat kuat, sebab setiap jenis benda membutuhkan perekat yang berbeda-beda. Oleh karenanya sesuaikan dengan material yang hendak direkatkan.

Leave a Comment