Harga MCB Schneider Lengkap

MCB Listrik Schneider – Rumah biasanya juga dilengkapi dengan daya listrik yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik untuk menunjang aktivitasnya selama di dalam rumah. Seperti yang diketahui listrik menjadi salah satu sumber daya yang sangat penting.

Di dalam rumah listrik bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk lampu sebagai penerangan, pompa listrik, untuk menghidupkan perangkat elektronik lain seperti televisi, kulkas, AC dan lain sebagainya. Karena mempunyai banyak fungsi, keamanan pasokan listrik juga perlu diperhatikan. Sebab jika ada kesalahan akan bisa berakibat fatal.

Ada cukup banyak cara untuk memastikan bahwa kelistrikan yang ada di dalam rumah sudah aman. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan MCB atau Miniatur Circuit Breaker. Perangkat yang satu ini sudah pasti familiar di tengah kita. Hanya saja sebagian belum paham apa fungsi MCB.

MCB merupakan komponen kelistrikan yang wajib ada di setiap rumah dan menjadi salah satu syarat dalam instalasi listrik. MCB adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk memutus aliran listrik saat terjadi arus berlebih atau konsleting. Pemutusan arus listrik dilakukan secara otomatis. Tujuannya untuk memberikan keamanan terhadap pengguna listrik di rumah, kantor dan tempat-tempat lainnya.

fungsi mcb

Pemakaian MCB sama seperti sekring (fuse) sebagai komponen keamanan listriknya. Perbedaannya, untuk sekring harus diganti ketika terjadi beban berlebih atau konslet yang mengakibatkan aliran daya diputus secara otomatis. Lain halnya dengan MCB yang dapat diaktifkan kembali setelah masalah sudah diatasi.

Baca juga: Harga Kabel Listrik

Komponen Utama yang Harus Dimiliki MCB

Schneider Electric mencatat ada beberapa penyebab kebakaran yang berkaitan dengan kelistrikan. Antara lain ukuran kabel di bawah kemampuan hantar arus beban, kabel yang dipakai tidak mengikuti standar, pemakaian stop kontak berlebihan, sambungan kabel yang tidak sempurna dan kabel yang sudah terkoyak.

Selain beberapa masalah di atas, arus pendek juga bisa menjadi faktor penyebab kebakaran. Akan tetapi khusus permasalahan ini bisa diminimalisir dengan menggunakan MCB yang berkualitas. MCB yang bagus mempunyai saklar mekanis yang sanggup menghubungkan, mengalirkan dan memutuskan arus listrik secara otomatis akibat munculnya gangguan maupun kondisi tidak normal seperti kelebihan beban atau terjadinya arus hubungan pendek.

Hanya saja MCB yang tidak sesuai dengan standar bisa memicu kebakaran. Menurut Schneider Electric setidaknya ada empat komponen utama yang harus dimiliki MCB. Di antaranya tuas on-off, bimetal, koil magnetic, dan Arc Chute.

Bimetal berfungsi sebagai proteksi arus beban berlebih. Saat terjadi beban lebih, bimetal akan menjadi panas dan menuai sehingga memicu MCB untuk memutuskan arus listrik secara otomatis. Sementara koil magnetik berfungsi sebagai proteksi dari hubungan arus pendek. Arc Chute bertugas untuk memadamkan busur api yang muncul ketika kontak gerak terbuka akibat adanya arus gangguan maupun saat tuas MCB dibuka secara manual ketika terbeban.

Leave a Comment