Harga Pagar Besi Hollow Minimalis Per Meter

Pagar Besi Minimalis – Dalam rumah atau bangunan lain, biasanya terdapat pagar yang dibuat mengelilingi bangunan tersebut. Tentu kita tahu bahwa pagar berfungsi sebagai pelindung atau memberikan keamanan ganda pada bangunan atau rumah kita.

Oleh karenanya kehadiran pagar hampir tidak pernah absen di perumahan ataupun gedung-gedung perkantoran dan bangunan jenis lainnya. Seiring berjalannya waktu, kita mengenal ada banyak sekali jenis pagar. Baik dilihat dari jenis materialnya, hingga bentuk atau desainnya.

Masing-masing pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jika Anda memperhatikan estetika tanpa mengabaikan soal keamanan, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih pagar besi hollow minimalis.

Bisa dibilang jenis pagar besi yang satu ini mempunyai peminat yang cukup banyak. Bukan tanpa alasan, pagar besi hollow umumnya memiliki tampilan yang lebih menarik dan modern. Bahkan tidak sedikit pula yang mempunyai desain minimalis. Sehingga akan tampil senada dengan rumah bergaya minimalis.

pagar besi minimalis

Dengan begitu rumah tidak akan terhindar dari aksi pencurian, namun juga segi estetika menjadi lebih menarik. Jika tertarik, website hargabahanmaterial.com akan membahasnya lebih lanjut seputar pagar besi hollow ini. Mulai dari pola pagar besi minimalis, kelebihan dan kekurangan hingga harga pagar besi hollow.

Baca juga: Harga Pagar Stainless Minimalis

Kelebihan Menggunakan Pagar Besi

Jika kita lihat di sekeliling kita, ada banyak sekali yang menggunakan pagar besi. Ada banyak alasan mengapa kebanyakan orang memilih pagar besi. Berikut adalah beberapa kelebihan pagar besi untuk rumah maupun bangunan lainnya:

  • Tahan panas dan api.
  • Tahan lama dan anti karat. Terutama pada pagar besi hollow karena mengandung aluminium dan zinc. Apabila terkena zat asam pagar tidak mudah berkarat.
  • Anti rayap dan binatang pengerat lainnya.
  • Ada banyak pilihan desain yang bisa dipilih.
  • Harga cenderung terjangkau dan variatif, sehingga bisa disesuaikan dengan budget.

Pola Pagar Besi Minimalis

Setidaknya terdapat tiga jenis pola kombinasi pagar besi minimalis. Berikut kami jelaskan lebih lanjut.

Pagar Besi Minimalis dengan Tembok

pagar hollow

Pola seperti ini menjadi salah satu yang lazim ditemui di perumahan modern. Ada banyak sekali referensi yang bisa dilihat. Seperti gambar di atas ini. Palang-palang besi dibuat senada dengan warna hitam dan disusun rapi secara vertikal dengan bingkai besi berwarna abu-abu.

Lalu terdapat tembok dengan warna abu-abu muda yang memberikan kesan minimalis sekaligus modern. Disarankan untuk memilih warna netral untuk memberikan kesan solid dan minimalis.

Pagar Besi dengan Batu

desain pagar besi

Selain memadukan pagar besi dengan tembok, juga ada yang menggabungkan pagar besi dengan batu. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas. Tidak hanya memiliki kesan yang simpel, pagar seperti ini juga bisa menghadirkan suasana yang lebih natural. Anda bisa mengecat bagian pagar besi saja. Sementara untuk tembok batu dibiarkan tanpa sentuhan cat.

Pagar Besi dengan Material Kayu

pagar hollow kayu

Kombinasi antara material besi dan kayu pada pagar juga cukup diminati belakangan ini. Pagar seperti ini memiliki kesan yang tak kalah minimalis dengan model yang lain, juga menghadirkan kesan natural yang cukup kentara. Hanya saja penerapan material kayu sedikit lebih sulit, tidak seperti batu ataupun tembok.

Hadirnya unsur kayu pada pagar besi bisa menjadi daya tarik tersendiri, di samping memberikan kesan unik. Supaya tampilan natural tetap terjaga, ada baiknya untuk membiarkan warna kayu apa adanya tanpa sentuhan cat warna. Akan tetapi Anda bisa menambahkan lapisan pelitur supaya terlindung dari cuaca dan rayap.

Kelebihan Besi Hollow

Karean merupakan material dasar pagar, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan besi hollow. Tujuannya supaya Anda yakin bahwa keputusan Anda memilih besi hollow ini sudah tepat. Terlebih dahulu kita kupas apa saja kelebihan dari besi hollow ini.

Kualitas Lebih Baik

 Besi hollow mempunyai banyak lapisan sehingga membuat kualitas materialnya lebih baik. Bahkan besi ini tahan rayap dan juga api. Oleh karenanya banyak yang memilih besi ini untuk pagar rumah.

Pemasangan Cepat dan Mudah

Pemasangan besi hollow relatif mudah dan cepat sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Tekstur yang dimiliki besi hollow ini memungkinkan pengerjaan bisa berlangsung lebih mudah.

Tahan Lama

Seperti yang sudah dijelaskan, besi hollow mempunyai beberapa lapisan. Salah satunya adalah zat coating. Hal ini membuatnya mudah dalam hal perawatan. Selain itu material besi hollow juga tidak mudah berkarat sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Tidak Mudah Korosi

 Besi hollow tidak hanya anti karat saja, namun juga tidak mudah terkena korosi. Sebab besi ini mempunyai lapisan aluminium dan silikon yang membuatnya terlindung dari korosi.

Kekurangan Besi Hollow

Walaupun mempunyai beberapa kelebihan, besi hollow tetap memiliki kekurangan. Hal ini wajar, sebab tidak ada material yang benar-benar sempurna. Pasti ada satu atau dua hal yang menjadi kelemahan bagi material tersebut. Berikut adalah beberapa kekurangan besi hollow:

  • Jika hendak membuat rancangan yang menanggung beban sangat banyak, maka tidak terlalu disarankan menggunakan besi jenis ini. Sebab, sebenarnya jenis besi ini tidak terlalu mampu menanggung beban berat terlalu besar. Hal tersebut karena adanya beberapa lapisan yang terkandung di dalamnya.
  • Ukuran yang dimiliki oleh besi ini tidak terlalu panjang, hanya sekitar 6 meter saja. Memang, besi ini biasanya hanya difungsikan untuk pembuatan pagar atau plafon yang memiliki ukuran tidak terlalu panjang. Namun, jika Anda hendak membuat rancangan seperti atap atau yang membutuhkan ukuran panjang maka bisa menggunakan jenis lainnya. Sebenarnya memang bisa saja disambung menggunakan las namun akan tetap kurang memuaskan.

Harga Pagar Besi Hollow

pagar besi modern

Harga pagar besi hollow tentu saja sangat beragam. Hal ini disesuaikan dengan beberapa hal, seperti model atau desain, hingga ukurannya. Sebagai gambaran, berikut adalah harga yang bisa Anda lihat.

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
  • Rangka besi Hollow Hitam 40 x 40
  • Jari-jari besi Hollow Hitam 20 x 40
  • Cat minimalis hitam dop atau sesuai pesanan
  • Gratis ongkos kirim (tergantung produsen)
  • Gratis biaya pemasangan
m2 350.000
  • Rangka besi Hollow Galvanis anti-karat 40 x 40
  • Jari-jari besi Hollow Galvanis anti-karat 20 x 40
  • Cat minimalis hitam dop atau sesuai pesanan
  • Gratis ongkos kirim (tergantung produsen)
  • Gratis biaya pemasangan
m2 400.000
  • Rangka besi Hollow Hitam 40 x 60
  • Jari-jari besi Hollow 20 x 40
  • Cat minimalis hitam dop atau sesuai pesanan
  • Gratis ongkos kirim (tergantung produsen)
  • Gratis biaya pemasangan
m2 450.000
  • Rangka besi Hollow Galvanis anti-karat 40 x 60
  • Jari-jari besi Hollow Galvanis anti-karat 20 x 40
  • Cat minimalis hitam dop atau sesuai pesanan
  • Gratis ongkos kirim (tergantung produsen)
  • Gratis biaya pemasangan
m2 500.000

Perlu kami tekankan kembali bahwa harga di atas masih bisa berubah. Tergantung dari desain yang diinginkan, ukuran hingga penggunaan material. Biaya kirim juga bisa berbeda-beda. Maka dari itu Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada pihak jasa pembuatan pagar supaya Anda tahu persis berapa biaya yang perlu Anda keluarkan nantinya.

Baca juga: Harga Pagar Besi Tempa Minimalis

Tips Memilih Pagar Rumah

Memilih pagar untuk rumah terdengar sepele. Padahal sebenarnya ada tantangan tersendiri yang perlu Anda cermati. Memilih pagar untuk rumah harus memperhatikan beberapa hal. Untuk lebih mudahnya berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  1. Tentukan terlebih dahulu tinggi dan panjang pagar yang akan dibuat. Panjangnya disesuaikan dengan denah rumah. Hal ini penting supaya Anda tidak bingung saat menjelaskan kepada pihak jasa pembuatan pagar.
  2. Ketahui jenis-jenis material yang biasa dipakai untuk pagar rumah. Selain itu ketahui pula apa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis supaya Anda bisa mengetahui apakah pagar tersebut cocok dengan kebutuhan Anda atau tidak.
  3. Berikutnya adalah menyesuaikan warna pagar dengan desain eksterior rumah. Usahakan warnanya tetap senada dengan rumah supaya kesan minimalis tetap bisa dipertahankan. Contohnya jika pada eksterior rumah memakai warna lembut, maka warna tersebut juga diaplikasikan pada pagar.
  4. Pertimbangkan desain dan bentuk pagar yang akan dibuat. Anda bisa mencari banyak referensi desain di internet, majalah, tabloid hingga televisi. Sesuaikan dengan selera Anda, termasuk dengan budget yang telah Anda siapkan.

Leave a Comment