Harga Pagar Besi Tempa Minimalis Per Meter

Pagar Besi Tempa Minimalis – Perkembangan di dunia konstruksi terbilang pesat. Seiring berjalannya waktu berbagai terobosan ditemukan untuk memudahkan pekerjaan konstruksi dan juga membuat variasi akan suatu produk atau desain. Sekarang kita tidak kesulitan untuk menjumpai rumah ataupun gedung dengan desain yang modern atau minimalis.

Semakin kita mencari semakin banyak kita temui bangunan-bangunan cantik yang memukau mata. Tidak hanya indah dari segi tampilan, namun juga membuat penghuni betah berlama-lama di dalamnya. Terlepas dari itu semua, umumnya bangunan-bangunan terutama rumah dilengkapi dengan pagar.

Memang tidak semua rumah memiliki pagar. Akan tetapi kebanyakan orang Indonesia masih suka menambahkan pagar pada rumahnya. Bukan tanpa alasan, pagar bisa memberikan rasa aman kepada pemilik rumah. Sebab pagar berfungsi sebagai keamanan, untuk mencegah orang atau hewan masuk sembarangan ke halaman rumah kita.

Saat ini masih marak kasus pencurian yang terjadi di sekitar kita. Bahkan sekalipun sudah ada pagar pembatas. Hal inilah yang membuat pagar rumah masih menjadi tren di tengah-tengah kita.

pagar besi

Baca juga: Pagar Besi Hollow Minimalis

Tidak hanya berfungsi sebagai keamanan saja, pagar rumah juga bisa memberikan privasi yang lebih baik kepada pemilik rumah. Sehingga kita bisa beraktivitas lebih leluasa di dalam rumah atau di halaman tanpa perlu takut ada yang melihat kita.

Pagar juga bisa berfungsi sebagai estetika. Sehingga menjadi faktor yang menunjang keindahan rumah kita. Maka dari itu sekarang kita temui banyak sekali jenis pagar. Desain yang ditawarkan juga bermacam-macam. Ada yang minimalis, ada yang mewah nan elegan atau bahkan ada yang berdesain atraktif.

Semua kembali ke selera masing-masing. Sedangkan bahan material bisa dari kayu, besi, batu alam, beton atau bahkan perpaduan keduanya. Jika Anda bingung ingin memilih pagar yang mana untuk rumah Anda, tidak ada salahnya untuk melirik pagar besi tempa.

Pengertian Pagar Besi Tempa

Pagar besi tempa adalah pagar besi yang dibuat dengan memakai bahan besi polos yang sudah ditempa dengan cara dipanaskan. Sehingga bisa dibentuk dengan desain sesuai keinginan. Keunggulan pagar besi tempa terletak dari kekuatannya. Pagar ini diklaim jauh lebih kuat dibandingkan dengan jenis pagar lainnya.

Biasanya besi yang digunakan untuk pagar besi adalah besi dengan kadar karbon 0,5% atau lebih rendah. Salah satu ciri dari besi ini adalah teksturnya yang keras dan mudah sekali dibentuk saat dipanaskan. Oleh karenanya Anda bisa menentukan desain sesuai dengan selera dan keinginan.

Desain pagar besi tempa sangat beragam. Salah satunya yang cukup populer adalah desain klasik dan modern. Biasanya orang-orang memilih pagar besi tempa untuk menciptakan kesan klasik, elegan atau mewah. Akan tetapi juga ada yang mendesain pagar besi tempa dengan sentuhan minimalis yang senada dengan tren saat ini.

Kelebihan Pagar Besi Tempa

besi tempa

Di balik kepopulerannya, pagar besi tempa mempunyai beberapa keunggulan. Anda bisa mencermatinya dan menyesuaikan apakah pagar ini cocok dengan kebutuhan dan selera Anda. Berikut adalah beberapa kelebihan pagar besi tempa:

  1. Memiliki tampilan yang terlihat mewah dan elegan
  2. Tidak membuat Anda cepat bosan
  3. Memiliki variasi desain yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai selera
  4. Bisa ditambahkan beberapa ornamen pagar
  5. Tahan lama dan awet

Fungsi Pagar Besi Tempa

Pagar besi tempa bisa dimanfaatkan untuk beberapa fungsi. Langsung saja berikut adalah fungsi pagar besi tempa untuk rumah.

Pembatas Rumah

Sebagaimana fungsi pagar pada umumnya, pagar besi tempa juga berfungsi sebagai pembatas rumah, tanah atau lahan. Sehingga rumah Anda terhindar dari orang-orang yang masuk halaman tanpa seizin pemilik rumah. Apalagi jika di halaman rumah ada area-area yang rawan rusak jika dimasuki sembarang orang.

Penghalang Pencuri

Pencuri tentu bisa membuat kita khawatir. Terlebih saat ini masih marak aksi pencurian yang mengincar rumah-rumah, termasuk di kawasan padat penduduk. Maka dari itu hadirnya pagar besi tempa bisa meminimalisir aksi pencurian.

Tinggal perhatikan bagaimana desain pagar besi tempa yang dipilih. Misalnya dengan membuat pagar yang tinggi dan sulit untuk dipanjat ataupun dibuka dari luar. Selain itu juga bisa menambahkan kawat berduri di atas pagar untuk memperketat keamanan rumah.

pagar besi rumah

Memberikan Perlindungan dan Privasi

Seperti yang telah kami singgung di atas, pagar bisa melindungi penghuni dari hewan-hewan yang tidak diharapkan, seperti hewan liar atau bahkan hewan buas. Tidak hanya itu, pagar besi tempa dan pagar jenis lainnya juga bisa memberikan privasi yang lebih baik kepada para pemilik hunian. Privasi ini penting bagi sebagian orang yang tidak ingin aktivitasnya terganggu atau terlihat oleh orang lain.

Mempercantik Rumah

Pagar besi tempa menjadi salah satu pagar dengan desain yang beragam dan menarik. Tidak sulit untuk menjumpai pagar besi tempa dengan desain yang cantik. Oleh karenanya kehadiran pagar besi tempa ini bisa membuat rumah terlihat lebih menarik. Apalagi pagar menjadi salah satu bagian yang terlihat pertama kali oleh tamu atau orang yang lewat di depan rumah kita.

Harga Pagar Besi Tempa

pagar minimalis

Karena memiliki kelebihan seperti kualitas material yang kuat dan tahan lama, jangan heran bila harga pagar besi tempa atau wrought iron gate ini mahal. Harganya berkisar Rp 1,9 jutaan sampai dengan Rp 4,5 jutaan. Tentu saja tergantung dari desain dan ukuran yang dipilih, beserta faktor-faktor lainnya.

Apabila beruntung Anda bisa mendapatkan pagar besi tempa dengan harga yang lebih terjangkau. Ada yang menawarkannya dengan harga Rp 700 ribu per meter, Rp 1,5 jutaan per meter, Rp1,8 jutaan per meter, Rp2,2 jutaan per meter, hingga Rp2.500.000 per meter.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada jasa pembuat pagar besi tempa di sekitar tempat tinggal Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui kisaran harganya. Selain itu jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa hal.

Seperti kualitas material, hasil pekerjaan pagar besi tempa hingga biaya tambahan seperti biaya kirim. Sebagai saran, Anda bisa bertanya kepada saudara atau teman mengenai referensi penyedia jasa pembuatan pagar besi tempa yang berkompeten.

Baca juga: Pagar Stainless Steel Minimalis

Tips Merawat Pagar Besi Tempa

pagar rumah simpel

Ada beberapa tips agar pagar besi tempa tidak mudah berkarat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Lakukan Pengecatan Beberapa Kali

Pengecatan pada besi tempa bertujuan untuk membuatnya kebal terhadap air ataupun udara. Lakukan pengecatan lebih dari sekali, terlebih jika cat pada besi tempa sudah mulai mengelupas. Sehingga besi bebas dari karat dan lebih tahan terhadap cuaca.

Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan pagar besi tempa juga tidak boleh sampai terlewatkan. Sebab jika ada noda dan dibiarkan dalam waktu lama bisa menyebabkan karat. Maka dari itu bersihkan pagar besi tempa dengan menggunakan air yang dicampur dengan deterjen.

Demikian informasi seputar harga pagar besi tempa dan beberapa hal penting lainnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment