Harga Pasir Bangunan Per Meter Kubik

Harga Pasir Bangunan – Ketika ingin membangun rumah atau gedung, kita perlu menyiapkan material bangunan yang banyak sekali macamnya. Anda mungkin sudah familiar dengan beberapa material bangunan yang lumrah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu di antaranya adalah pasir.

Ketika ingin memulai proyek, pasir menjadi bahan bangunan yang harus ada. Pasir merupakan material bangunan berupa butiran yang sangat kecil. Dalam konstruksi pasir biasanya dicampur dengan semen atau adukan mortar.

Kebutuhan pasir memang tergantung dari apa yang akan kita bangun. Semakin besar bangunannya tentu saja membutuhkan pasir yang juga banyak. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui harga pasaran pasir bangunan.

Tidak perlu bingung, kami akan memberikan informasinya untuk Anda. Tidak hanya sebatas harga pasir saja, kami juga akan memberikan informasi lain seputar pasir yang juga tak kalah penting untuk Anda ketahui. Silakan simak selengkapnya di bawah ini.

Harga Pasir Tiap Satuan

material pasir

Mungkin yang Anda ketahui pasir hanya ada satu macam saja. Padahal sebenarnya pasir sangat beragam jenisnya. Ada pasir putih bangka, pasir mundu, pasir pasang dan lain sebagainya.

Masing-masing pasir ini mempunyai karakteristik yang tak sama. Harga pasir bangunan ini juga berbeda-beda berdasarkan satuannya. Ada yang dijual berdasarkan meter per kubik, pick up, truk hingga ton. Berikut harga bahan bangunan pasir.

Spesifikasi Pasir Satuan Harga (Rp)
Pasir Putih Bangka m3 260.000
Pasir Putih Bangka pick up 560.000
Pasir Putih Bangka truk 1.340.000
Pasir Mundu m3 235.000
Pasir Mundu pick up 585.000
Pasir Mundu ton 3.760.000
Pasir Cileungsi truk 1.170.000
Pasir Cileungsi m3 195.000
Pasir Putih Lampung 8,5-9 m³ 2.600.000
Pasir Hitam Cor/ Extra Beton 7 m³ 2.200.000
Pasir Rangkas 7 m³ 2.000.000
Pasir Putih Bangka Super 7,5 m³ 2.400.000
Pasir Mundu 8,36 m³ 2.600.000
Pasir Pasang Cilegon 10 m³ 1.900.000
Pasir Cuci Cilegon 10 m³ 2.400.000
Pasir Cimangkok 8,36 m³ 2.600.000
Pasir Coklat Belitung 7,5 m³ 2.200.000
Pasir Jawilan 8,36 m³ 2.550.000
Pasir Hitam bebas lumpur 8,36 m³ 2.600.000
Pasir Jebrod/ Jebrot 8,36 m³ 2.600.000
Pasir Hitam Subang/ Cimalaka 8,36 m³ 2.600.000
Pasir Ayak Hitam 10 m³ 2.350.000
Pasir Urug 10 m³ 1.900.000
Pasir Cor Serang 22 m³ 5.550.000
Pasir Laut Hitam 8 m³ 2.150.000
Pasir Bohlam Sukabumi 8 m³ 2.350.000
Pasir Abu/ Abu Batu 8,36 m³ 1.850.000

Tips Membeli Pasir Bangunan

Membeli pasir untuk bangunan tidak bisa sembarangan. Kita perlu mencermati beberapa hal supaya tidak salah ketika membelinya. Pada dasarnya sebelum membeli pasir kita perlu memperhatikan kuantitas dan kualitas.

Baca juga: Harga Granit 60×60 Per Meter

Kuantitas

Sebelum membeli pasir, penting bagi kita untuk mengetahui seberapa banyak pasir yang harus kita beli untuk proyek konstruksi yang akan kita kerjakan. Maka dari itu lakukan perhitungan dengan cermat supaya Anda tidak kekurangan atau justru kelebihan saat membeli pasir.

Tidak hanya itu, pasir menjadi material yang mudah untuk dicurangi. Penjual tak bertanggungjawab bisa saja mengurangi kuantitas pasir dalam truk yang Anda pesan. Sering dijumpai kasus penjual meletakkan balok kayu dalam truk sehingga total volume pasir berkurang. Tentu saja ini merugikan untuk Anda. Maka dari itu Anda perlu mengawasi pengiriman pasir dan memastikan bahwa pasir yang Anda terima sesuai dengan pesanan.

pasir bangunan

Kualitas

Ketika membeli pasir, kita juga perlu mengetahui kualitasnya. Hanya saja tidak sedikit yang masih belum mengetahui cara mengetahui baik atau tidaknya kualitas suatu pasir.

Perlu dicatat, pasir yang berkualitas baik tidak mengandung ampas. Cara mengetahuinya dengan mengambil segenggam pasir lalu masukkan tangan Anda ke dalam air. Jika pasir tersebut tidak langsung terurai, maka kualitasnya bisa dikatakan baik. Begitu juga sebaliknya, jika membaur atau terurai maka pasir mengandung ampas.

Jenis Pasir

Sudah Anda ketahui bahwa pasir beragam jenisnya. Jenis pasir dibedakan berdasarkan tekstur dan warnanya. Akan tetapi umumnya jenis pasir yang banyak dipakai adalah pasir beton, pasir pasang dan pasir merah.

Ketiga jenis pasir ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Misalnya untuk pasir beton sangat cocok untuk bahan pengecoran, plester dinding, pondasi dan pemasangan bata dan batu. Sementara pasir pasang sering dipakai untuk campuran pasir beton pada plesteran dinding.

Dengan menambahkan pasir pasang, adukan semen tidak akan terlalu kasar. Sedangkan pasir merah sendiri mempunyai tekstur yang lebih kasar dan batuannya sedikit lebih besar. Sehingga pasir ini cocok dipakai untuk cor.

Sesuai Standar

Pasir atau agregat halus yang baik dipakai untuk bahan bangunan adalah yang sesuai dengan persyaratan. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), syarat pasir untuk bahan bangunan ada beberapa macam.

Pertama, pasir harus terdiri dari butiran yang tajam dan keras dengan indeks kekerasan <2,2. Selain itu pasir tidak boleh mengandung lumpur lebih dari 5%. Apabila mengandung lumpur lebih dari patokan tersebut, pasir harus dicuci terlebih dahulu. Pasir laut tidak boleh dipakai sebagai bahan bangunan, kecuali dengan petunjuk dari lembaga pemerintahan bahan bangunan yang diakui.

Lakukan Tes Sederhana

Jangan lupa untuk melakukan tes sederhana untuk mengetahui kualitas pasir. Selain merendamnya dalam air, Anda bisa mengambil segenggam pasir dengan tangan, lalu menggosokkan pasir di telapak tangan dan buang. Pasir yang baik untuk bahan bangunan tidak akan menempel pada telapak tangan.

Jangan Sampai Salah Beli Pasir

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Membeli pasir bangunan memang mudah. Sebab setiap toko bahan bangunan biasanya menjual material yang satu ini. Akan tetapi ketika membeli usahakan untuk memprioritaskan kualitasnya. Jangan sampai salah beli jika Anda tidak ingin berbagai masalah muncul pada rumah. Seperti dinding retak, plesteran yang tidak menempel sempurna, lantai sering popping, struktur rapuh, atap bocor dan lain sebagainya.

Jika berkunjung ke toko bahan bangunan, Anda akan menjumpai beberapa jenis pasir. Seperti pasir merapi, pasir muntilan, pasir bangka, pasir mundu dan lain sebagainya. Penamaan tersebut sebenarnya berdasarkan daerah asalnya. Akan tetapi pada dasarnya pasir-pasir tersebut bisa digolongkan menjadi beberapa macam, yaitu pasir gunung, pasir sungai dan pasir pantai.

Dari ketiga jenis itu, pasir gunung mempunyai kualitas yang lebih baik. Alasannya pasir ini berasal dari pegunungan dengan kekerasan yang lebih dari pasir jenis lain. Hal ini bisa membuat rumah lebih kokoh. Pasir gunung juga mempunyai kandungan lumpur yang minim.

Jenis Pasir

jenis pasir bangunan

Pasir bangunan yang dijual di pasaran terbagi menjadi beberapa macam. Untuk itu Anda perlu mengenal beberapa jenis pasir bangunan supaya tidak sampai salah membeli.

Pasir Beton

Pasir ini biasanya memiliki warna hitam pekat dan tingkat kehalusan yang cukup tinggi. Jika Anda mengepal pasir beton dengan tangan, pasir tidak akan menggumpal dan langsung terurai. Biasanya pasir beton dimanfaatkan untuk plester dinding, adukan pondasi, adukan pemasangan bata ataupun pengecoran.

Pasir Pasang

Pasir pasang memiliki butiran yang lebih halus dari pasir beton. Lain halnya dengan pasir beton, pasir pasang tidak terurai dan menggumpal. Biasanya pasir ini dimanfaatkan bersama dengan pasir beton supaya tidak terlalu kasar. Juga bisa dipakai sebagai plesteran dinding.

Pasir Elod

Pasir elod mempunyai tingkat kehalusan yang lebih tinggi. Pasir ini akan terus menggumpal dan tidak terurai jika dikepal dengan tangan. Pasir ini biasanya dipakai sebagai bahan dasar batako, atau campuran pasir beton untuk plesteran dinding.

Pasir Merah

Pasir merah mirip dengan pasir beton, hanya saja tingkat kekerasannya tergolong tinggi lantaran butirannya yang besar dan berbatu. Pasir ini biasanya dimanfaatkan untuk bahan pengecoran.

Pasir Sungai

Pasir sungai merupakan pasir yang berasal dari sungai. Kualitas pasir ini tergolong baik dengan butiran berukuran antara 0,063 mm-5 mm. Oleh karenanya pasir ini sangat baik dipakai untuk campuran.

Pasir Mundu

Pasir mundu mempunyai warna coklat yang khas. Butiran pasir ini juga sangat halus. Pasir mundu sangat diminati oleh masyarakat lantaran harga yang relatif lebih terjangkau namun dengan kualitas yang baik.

Artikel Diolah Dari:

Leave a Comment