Harga Rockwool Peredam Suara Dan Panas

Harga Rockwool Peredam Suara Dan Panas – Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu dengan material bangunan yang satu ini. Memang rockwool sendiri bukanlah barang yang lazim dipakai dalam sebuah bangunan, termasuk rumah. Akan tetapi bukan berarti rockwool tidak memiliki manfaat.

Bahan bangunan yang satu ini memiliki fungsi utama sebagai isolasi ruangan atau bangunan. Rockwool bisa dipakai untuk bangunan komersial maupun rumah. Tidak hanya sebagai penghalau bising, rockwool juga bisa dipakai untuk isolasi panas dan lembab pada ruangan.

Rockwool sendiri sebenarnya sudah banyak dikenal di dunia industri maupun konstruksi. Bahan dasar dari rockwool ini adalah bebatuan, sehingga masyarakat menyebutnya dengan istilah serat mineral ringan.

harga rockwool

Rockwool juga dipakai untuk melindungi pipa-pipa, kapal, hingga pelapis dinding studio yang bisa meminimalisir menembusnya suara. Dengan begitu resonansi yang keluar dari media bising akan lebih sedikit sampai pada telinga.

Di pasaran ada cukup banyak jenis rockwool yang bisa kita beli. Harga rockwool sendiri juga bervariasi, sehingga Anda bisa menentukan pilihan sesuai dengan budget saat ingin membelinya.

Karena beragam macamnya, mungkin Anda akan kesulitan untuk mengetahui harga pasarannya. Tidak perlu bingung, kami akan memberikan informasi harga untuk Anda. Silakan simak tabel di bawah ini.

Baca juga: Gambar Desain Kolam Ikan Minimalis

Harga Rockwool Terbaru

rockwool murah

Perlu dicatat, di pasaran rockwool dijual dalam model lembaran dan blanket. Masing-masing model ini mempunyai tipe yang berbeda. Tipe ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk model slab atau lembaran tipe S60/25 dengan densitas 60 kg/meter kubik, tebal 25 mm dan ukurannya 1,2 m x 0,6 m.

Di samping itu model blanket atau roll juga memiliki tipe yang bermacam-macam. Akan tetapi untuk model ini ukurannya cenderung lebih besar. Misalnya untuk tipe B60/50 memiliki ketebalan 50 mm dan ukuran 5 x 0,6 m. Sementara harga rockwool akan menyesuaikan ukuran yang Anda beli.

Fungsi Rockwool

rockwool hidroponik

Di atas sudah kami jelaskan sekilas mengenai apa itu rockwool beserta kegunaannya. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk kami jelaskan lagi supaya Anda lebih memahami fungsi dari rockwool. Bahan bangunan yang satu ini mempunyai beberapa kegunaan, seperti:

  • Rockwool bisa dipakai sebagai pelindung pipa supaya tidak mudah berkarat.
  • Sebagai peredam panas dan suara pada bangunan atau rumah.
  • Dipakai pada kapal untuk melindunginya dari lembab. Sehingga kapal bisa terlindung dari jamur.
  • Sebagai media tanam hidroponik.

Seiring berjalannya waktu, rockwool memang tidak hanya sebagai pelindung saja. Ada banyak yang memanfaatkan rockwool sebagai media tanam hidroponik. Jadi tidak sebatas untuk bangunan saja.

Baca juga: Harga Akuarium Berbagai Ukuran

Kelebihan Rockwool

 Rockwool mempunyai beberapa kelebihan. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan bahan ini untuk bangunan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari rockwool.

  • Memiliki tingkat kedap suara yang sangat baik. Bisa dikatakan rockwool bisa menyerap suara hingga 95%. Sehingga suara bising akan teredam dengan baik sehingga tidak masuk ke dalam bangunan.
  • Tidak mudah terbakar. Rockwool memiliki daya tahan yang baik, bahkan terhadap suhu ekstrim sekalipun.
  • Harga rockwool relatif terjangkau untuk kelas standar. Bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menyediakan dana terbatas untuk pembelian rockwool.
  • Memiliki kemampuan untuk menyerap uap air, sehingga bisa mencegah lembab dan jamur.
  • Mudah dalam instalasi atau pemasangan. Akan tetapi pemasangan tetap harus dilakukan dengan hati-hati karena serpihan rockwool cukup tajam. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan pengaman seperti masker saat memasang rockwool sehingga serpihan bahan ini tidak terhirup masuk ke dalam paru-paru.
  • Bisa dipakai untuk berbagai keperluan industri maupun konstruksi.
  • Selain untuk bangunan, rockwool juga banyak dimanfaatkan sebagai media tanam hidroponik.

Umumnya rockwool yang dijual di toko bahan bangunan dipasarkan dalam bentuk lembaran yang dimasukkan ke dalam plastik. Ada juga yang berupa roll untuk pembelian jumlah besar. Ketika membeli kita perlu memperhatikan kualitas yang akan dipilih. Untuk rockwool murah biasanya tidak mempunyai brand atau merek.

Rockwool akan sangat cocok diaplikasikan pada bangunan di sekitar lingkungan yang cukup bising. Seperti di dekat jalan raya atau kawasan industri. Selain itu rockwool juga sering dipakai sebagai peredam di ruangan studio, peredam suara genset dan lain sebagainya.

rockwool bangunan

Rockwool AC dan Rockwool Tanaman

Ketika di toko Anda mungkin akan menjumpai rockwool AC dan rockwool tanaman. Lantas apa saja perbedaan keduanya? Berikut adalah penjelasan singkat seputar kedua jenis rockwool tersebut.

Rockwool AC

Rockwool AC berfungsi sebagai insulation. Rockwool ini termasuk jenis isolasi termal dan akustik. Rockwool ini terbuat dari bahan tambang fiber ringan, dengan inti kaca (glass). Rockwool AC sangat rapuh lantaran sifatnya yang berongga. Berbeda dengan rockwool tanaman yang mempunyai rongga lebih sedikit dan lebih kuat.

Sesuai dengan sifatnya, rockwool ini cocok untuk keperluan industri. Berikut adalah beberapa fungsi rockwool AC:

  • Peredam ruangan genset
  • Peredam ruangan studio
  • Peredam ruangan audio visual, ballroom
  • Partisi ruangan
  • Atap Pabrik
  • Tembok Bangunan / Gedung
  • Pelapis Pipa dan saluran AC / Udara

Rockwool ini juga mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:

  • Ramah lingkungan
  • Tidak mengandung patogen penyebab penyakit

Rockwool Tanaman

Sesuai dengan namanya, rockwool ini digunakan sebagai media tanaman hidroponik. Banyak orang yang memanfaatkan rockwool tanaman. Bukan tanpa alasan, rockwool ini mempunyai beberapa keunggulan. Rockwool ini dibuat dari serat yang berasal dari bebatuan. Serat ini didapat dengan cara memanaskan batuan basalt dan pasir hingga suhu 1600 derajat Celcius.

Berikut adalah beberapa kelebihan rockwool tanaman:

  • Ramah lingkungan
  • Tidak mengandung patogen penyebab penyakit
  • Mapu menampung air hingga 14 kali kapasitas tampung tanah
  • Dapat meminimalkan penggunaan disinfektan
  • Dapat mengoptimalkan peran pupuk.
  • Rockwool tanaman sangat cocok untuk bercocok taman / penanaman hidroponik

Bagaimana, Anda sudah mengetahui perbedaan keduanya, bukan? Banyak yang menganggap bahwa kedua jenis rockwool ini memiliki fungsi yang sama. Padahal sebenarnya rockwool AC dan rockwool tanaman berbeda. Rockwool AC mempunyai harga yang lebih murah. Akan tetapi materialnya memang mudah rapuh.

harga rockwool

Sejarah Rockwool

Rockwool pertama kali dibuat pada tahun 1840 oleh Edward Parry di Wales. Hanya saja kala itu massa jenis rockwool ringan dan kondisi penyimpanan tidak memadai, sehingga membuat rockwool yang telah diproduksi mudah tertiup angin. Hal ini bisa membahayakan lingkungan kerja. Lalu pada akhirnya produksi rockwool saat itu harus dihentikan.

Rockwool sendiri dibuat dari bebatuan. Umumnya merupakan perpaduan dari batuan basalt, batu kapur dan batu bara yang dipanaskan hingga suhu 1.600 derajat Celcius sehingga meleleh seperti lava. Dalam keadaan mencair seperti itu batuan tersebut disentrifugal membentuk serat-serat. Kemudian setelah dingin kumpulan serat tersebut dipotong dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, rockwool mempunyai banyak macam dengan harga dan ukuran yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk membelinya pastikan Anda mengetahui rockwool mana yang akan dibeli.

Harga rockwool di pasaran bisa saja berbeda-beda. Harga di daerah A bisa saja berbeda dengan harga di daerah B, begitu seterusnya. Harga juga bisa berubah sewaktu-waktu. Akan tetapi Anda tetap bisa memanfaatkan referensi harga di atas untuk membeli rockwool di pasaran. Semoga informasi yang kami sampaikan membantu Anda.

Leave a Comment