Harga Rolling Door Dan Folding Gate Per Meter

Harga Folding Gate Per Meter – Dalam dunia konstruksi kita mengenal berbagai macam pintu. Masing-masing tentu mempunyai fungsi tersendiri. Beberapa jenis yang biasa kita temui adalah rolling door dan folding gate. Kedua jenis pintu ini sering ditemui di berbagai bangunan.

Rolling door dan folding gate mudah untuk diaplikasikan pada bangunan dengan pintu atau jalan masuk yang lebar. Karena keduanya memang didesain khusus untuk hal tersebut. Walaupun demikian jangan lupa untuk memahami apa itu rolling door dan folding gate.

Kedua pintu ini pada dasarnya memang memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penutup. Meski begitu baik rolling gate maupun folding gate tetap memiliki perbedaan dari segi bahan hingga kegunaannya.

kelebihan folding gate

Maka dari itu sebelum membahas soal harga, mari berkenalan dengan rolling door dan folding gate terlebih dahulu.

Baca juga: Harga Pagar Besi Hollow 

Rolling Door

Rolling door adalah pintu dengan sistem buka tutup gulung ke atas dan ke bawah. Slat daun pintu digulung ke arah atas dan bawah lewat perangkat yang ada di boks atas. Di dalamnya terdapat pipa as, roda gulung dan per.

Roda gulung dan per yang ada dalam boks bertugas menggulung slat pintu ketika akan dibuka dan mengulurnya saat pintu ditutup. Sedangkan pipa as adalah pilar tempat tumpuan seluruh beban dari rolling door.

kelebihan rolling door

Rolling door umumnya terdiri dari satu daun pintu saja. Akan tetapi juga ada yang terdiri dari beberapa daun pintu dan dipisahkan dengan slat di bagian tengahnya.

Rolling door bisa dibagi menjadi dua macam, yakni rolling door manual dan rolling door otomatis. Rolling door jenis manual dibuka dan ditutup secara manual atau dengan alat bantuan seperti tangkai untuk menjangkau pegangan pintu.

Sedangkan rolling door otomatis memanfaatkan motor listrik sehingga dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dengan tombol atau remote kendali jarak jauh. Biasanya rolling door otomatis dipakai ditempat-tempat dengan ukuran pintu yang tinggi. Misalnya garasi truk atau gudang industri yang susah dijangkau oleh tangan. Selain pabrik atau kawasan industri, rolling door juga sering dijumpai di toko atau ruko.

Folding Gate

Folding gate adalah pintu dengan sistem buka tutup ke samping kiri dan kanan. Folding gate mempunyai dua bilah pintu yang terdiri dari dua sisi rangka silang yang menyambung di antara plat UNP sebagai pegangan.

Biasanya folding gate mempunyai ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan rolling door sebab terdapat dua bilah pintu. Folding gate biasa digunakan pada pintu toko ataupun garasi.

kekurangan folding gate

Cara kerja folding gate adalah dengan didorong ke samping kanan atau kiri dengan memakai sistem sliding yang bertumpu pada rel. Sehingga saat didorong pintu ini akan melipat.

Folding gate yang lazim dijual terbagi menjadi dua jenis. Yakni folding gate yang ditutup dengan slat daun seperti yang biasa ditemui pada toko atau pabrik dan folding gate harmonika yang transparan yang struktur rangkanya tidak ditutupi slat daun. Sehingga rangka pintu ini dibiarkan terekspos.

Perbedaan Rolling Door dan Folding Gate

Dari pengertian di atas Anda mungkin sudah mengetahui perbedaan kedua pintu ini. Akan tetapi supaya lebih jelas berikut akan kami jabarkan apa saja yang membedakan rolling door dan folding gate. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Untuk membuka rolling door maka pintu dibuka ke atas dan untuk menutupnya digeser ke bawah. Sementara folding gate dioperasikan dengan cara membuka atau menutup ke samping kiri dan kanan.
  2. Dari sisi desain slat daun rolling door tersusun secara vertikal atau tidur. Sedangkan folding gate memiliki kerangka dan slat daun yang disusun secara horizontal.
  3. Folding gate mempunyai kerangka, sementara rolling door tidak.
  4. Rolling door bisa dioperasikan secara otomatis dengan memakai mesin automatic rolling door. Sedangkan folding gate tidak bisa dioperasikan secara otomatis.

Pilih Rolling Door Atau Folding Gate

pintu rolling door

Mungkin Anda bertanya-tanya mana yang lebih tepat untuk Anda, apakah rolling door atau folding gate. Mengenai hal tersebut tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Untuk mengetahui jawabannya mari kita bandingkan kelebihan dan kekurangan kedua jenis pintu ini.

  • Folding gate mempunyai kerangka di bagian belakang, sementara rolling door tidak memilikinya. Oleh karenanya folding gate terlihat lebih kokoh dan sulit untuk dirusak ataupun ditembus.
  • Folding gate tidak membutuhkan tambahan tiang tengah untuk pintu dengan lebar lebih dari 3 meter. Lain halnya dengan rolling door yang  memerlukan tiang tengah atau center pillar. Kecuali rolling door jenis industri.
  • Folding gate bisa diaplikasikan pada bangunan dengan tinggi lebih dari 3 meter dan lebar lebih dari 3 meter. Sementara pada rolling door ukuran idealnya adalah 3 meter untuk tinggi dan lebarnya. 
  • Kekurangan folding gate terletak pada daunnya yang menumpuk di sisi kiri atau kanan saat pintu dibuka. Hal ini membuat akses keluar dan masuk menjadi lebih sempit. Jika diaplikasikan pada pintu berukuran kecil tentu saja akan sangat mengganggu. Lain halnya dengan rolling door yang tidak terjadi penumpukan daun pintu di area pintu karena semua gulungan pintu menumpuk di bagian atas ketika pintu dibuka.
  • Rolling door mempunyai desain yang lebih praktis dan ringan untuk digunakan dibandingkan dengan folding gate.
  • Rolling door jenis industri bisa digunakan untuk bangunan yang berukuran sangat besar dengan bantuan operator mesin rolling door. Sementara jika mengaplikasikan folding gate pada bangunan tersebut maka akan terasa berat untuk digunakan. Sebab folding gate yang bisa dioperasikan secara manual, tidak seperti rolling door yang memiliki mekanisme otomatis.
  • Rolling door mempunyai pilihan daun perforated atau berlubang-lubang. Fungsi lubang tersebut adalah untuk sirkulasi udara dan cahaya sehingga suhu dan kelembapan udara di dalam bangunan terjaga.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan rolling door dan folding gate. Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan pilihan mana yang lebih tepat untuk kebutuhan Anda?

Baca juga: Harga ACP Seven Per Lembar

Harga Rolling Door dan Folding Gate

Setelah mengetahui apa itu rolling door dan folding gate beserta perbedaan keduanya, kini kita bahas soal harga pintu ini. Mengetahui harga akan memudahkan kita dalam menentukan pilihan nantinya. Akan tetapi perlu dicatata bahwa harga di bawah ini bukanlah harga pasti, melainkan masih kisaran saja.

jenis rolling door

Harga folding gate dan rolling door bisa berbeda dari yang kami cantumkan di bawah. Wajar saja, sebab harga pintu ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari ukuran, kualitas material, hingga biaya kirim dan pemasangannya. Langsung saja berikut adalah harga rolling door dan folding gate.

Daftar Harga Folding Gate

Bahan Harga per Meter Persegi
Folding Gate Minim 0,3 mm Rp 350.000,-
Folding Gate Standard 0,4 mm Rp 400.000,-
Folding Gate Medium 0,5 mm Rp 450.000,-
Folding Gate Super 0,8 mm Rp 550.000,-
Harmonika (Folding Gate Tanpa Daun) Rp 580.000,-

 

 

 

Daftar Harga Slat Rolling Door Otomatis

Bahan Harga per Meter Persegi
Roll Door Besi Galvalum 0,8 mm Rp 300.000,-
Roll Door Besi Galvalum 1,0 mm Rp 350.000,-
Roll Door Besi Galvalum 1,2 mm Rp 375.000,-
Roll Door Besi Galvalum 1,4 mm Rp 400.000,-

Daftar Harga Slat Rolling Door Otomatis

Bahan Harga per Meter Persegi
Roll Door Besi Galvalum 0,8 mm Rp 750.550,-
Roll Door Besi Galvalum 1,0 mm Rp 975.550,-
Roll Door Besi Galvalum 1,2 mm Rp 1.150.550,-
Roll Door Besi Galvalum 1,4 mm Rp 1.350.550,-

Daftar Harga Rooling Door Manual

Bahan Harga per Meter Persegi
Roll Door Besi 0,4 mm Rp 295.550,-
Roll Door Galvalum 0,4 mm Rp 315.550,-
Roll Door Aluminium 0,6 mm Rp 370.550,-
Roll Door Aluminium 0,8 mm Rp 430.550,-
Roll Door Onesheet Solid Rp 550.550,-
Roll Door Onesheet Perforated 20 cm tengah Rp 510.550,-
Roll Door Onesheet Perforated 80 cm tengah Rp 550.550,-
Roll Door Onesheet Full Perforated Rp 650.550,-

Demikian harga rolling door dan folding gate yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga apa yang kami berikan di atas bermanfaat untuk Anda. Terutama jika saat ini Anda tertarik untuk membeli rolling door atau folding gate.

Leave a Comment