Harga Rolling Door Dan Folding Gate Per Meter

Harga Folding Gate Per Meter – Dalam dunia konstruksi kita mengenal berbagai macam pintu. Masing-masing tentu mempunyai fungsi tersendiri. Beberapa jenis yang biasa kita temui adalah rolling door dan folding gate. Kedua jenis pintu ini sering ditemui di berbagai bangunan.

Rolling door dan folding gate mudah untuk diaplikasikan pada bangunan dengan pintu atau jalan masuk yang lebar. Karena keduanya memang didesain khusus untuk hal tersebut. Walaupun demikian jangan lupa untuk memahami apa itu rolling door dan folding gate.

Kedua pintu ini pada dasarnya memang memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penutup. Meski begitu baik rolling gate maupun folding gate tetap memiliki perbedaan dari segi bahan hingga kegunaannya.

kelebihan folding gate

Maka dari itu sebelum membahas soal harga, mari berkenalan dengan rolling door dan folding gate terlebih dahulu.

Baca juga: Harga Pagar Besi Hollow 

Rolling Door

Rolling door adalah pintu dengan sistem buka tutup gulung ke atas dan ke bawah. Slat daun pintu digulung ke arah atas dan bawah lewat perangkat yang ada di boks atas. Di dalamnya terdapat pipa as, roda gulung dan per.

Roda gulung dan per yang ada dalam boks bertugas menggulung slat pintu ketika akan dibuka dan mengulurnya saat pintu ditutup. Sedangkan pipa as adalah pilar tempat tumpuan seluruh beban dari rolling door.

kelebihan rolling door

Rolling door umumnya terdiri dari satu daun pintu saja. Akan tetapi juga ada yang terdiri dari beberapa daun pintu dan dipisahkan dengan slat di bagian tengahnya.

Rolling door bisa dibagi menjadi dua macam, yakni rolling door manual dan rolling door otomatis. Rolling door jenis manual dibuka dan ditutup secara manual atau dengan alat bantuan seperti tangkai untuk menjangkau pegangan pintu.

Sedangkan rolling door otomatis memanfaatkan motor listrik sehingga dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dengan tombol atau remote kendali jarak jauh. Biasanya rolling door otomatis dipakai ditempat-tempat dengan ukuran pintu yang tinggi. Misalnya garasi truk atau gudang industri yang susah dijangkau oleh tangan. Selain pabrik atau kawasan industri, rolling door juga sering dijumpai di toko atau ruko.

Folding Gate

Folding gate adalah pintu dengan sistem buka tutup ke samping kiri dan kanan. Folding gate mempunyai dua bilah pintu yang terdiri dari dua sisi rangka silang yang menyambung di antara plat UNP sebagai pegangan.

Biasanya folding gate mempunyai ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan rolling door sebab terdapat dua bilah pintu. Folding gate biasa digunakan pada pintu toko ataupun garasi.

kekurangan folding gate

Cara kerja folding gate adalah dengan didorong ke samping kanan atau kiri dengan memakai sistem sliding yang bertumpu pada rel. Sehingga saat didorong pintu ini akan melipat.

Leave a Comment