Harga Saluran U Ditch Beton Berbagai Ukuran

Ukuran U Ditch Beton – Ketika ingin membangun rumah atau menjalankan suatu proyek konstruksi, maka salah satu hal yang perlu kita susun adalah rencana anggaran biaya (RAB). Di dalamnya terdapat banyak sekali detail yang harus dimasukkan, di mana salah satu di antaranya adalah harga material bangunan.

Jika kita menyiapkan material bangunan sendiri, maka tentu saja kita harus cermat dalam menentukan detail harga bahan bangunan dalam RAB. Sehingga nantinya anggaran yang dikeluarkan tidak sampai kurang. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda soal harga salah satu material bangunan, U Ditch.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan material yang satu ini. Terlebih jika sering mengerjakan proyek pembuatan saluran air. U Ditch bisa dikatakan sering digunakan dalam proyek konstruksi, terlebih pada proyek berskala besar. Maka dari itu mengetahui harga saluran U Ditch beton merupakan hal yang penting.

Akan tetapi sebelum memberikan informasi seputar harga, kami jelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu saluran U Ditch, beserta fungsi hingga kelebihannya. Supaya Anda yang masih belum paham bisa mengetahui kegunaan material bangunan yang satu ini.

saluran u ditch

Baca juga: Harga Dan Ukuran Buis Beton

Pengertian U Ditch

U Ditch adalah salah satu jenis beton cetak siap pakai atau beton precast yang memiliki bentuk seperti huruf U. U Ditch pada dasarnya berfungsi sebagai saluran drainase maupun irigasi. U Ditch dibuat dari material beton dengan memanfaatkan teknik getaran tinggi lalu dicetak dengan moulding besi.

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, di ujung masing-masing terdapat sambungan plat joint (plat embed dan sambungan butt joint atau male female) yang pada bagian pertemuan sambungannya cukup diberi mortar untuk penutup nat.

Saluran beton U Ditch dibuat dalam ukuran yang beragam, tergantung kebutuhan lapangan maupun elevasi saluran yang diharapkan. Walaupun bentuk saluran ini menyerupai huruf U, kita bisa menambahkan tutup di bagian atasnya. Inilah yang menjadi perbedaan utama antara U Ditch dan buis beton, yakni pada bentuknya.

Seperti yang diketahui, buis beton memiliki bentuk lingkaran penuh atau setengah lingkaran. Sementara U Ditch berbentuk seperti huruf U, yang setengah kotaknya adalah lubang.

Tutup U Ditch disebut dengan cover U Ditch. Tutup ini terdapat dalam dua tipe, yakni heavy duty dan light duty. Perbedaan keduanya terletak pada ketebalannya, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk merekatkan penampang U Ditch satu dengan lainnya bisa menggunakan mortar. Untuk tipe sambungannya terdapat dua macam, yakni plat embeded dan butt joint. Dengan material tersebut risiko kebocoran saat U Ditch dialiri air bisa dicegah.

Tipe U Ditch dan Cover U Ditch

cover u ditch

Leave a Comment