Harga Tandon Air Berbagai Macam Ukuran

Harga Tandon Air – Memiliki rumah di saat seperti sekarang ini seakan sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Rumah menjadi tempat di mana kita bisa beristirahat, beraktivitas dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Hanya saja rumah saja belum cukup.

Masih ada beberapa fasilitas pendukung yang wajib ada pada rumah. Misalnya listrik, furnitur, hingga air. Berbicara soal air, ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk mendapatkan air yang bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Misalnya dengan menggunakan air PDAM atau dengan memakai pompa air listrik.

Hanya saja tidak menutup kemungkinan muncul permasalahan seperti air tidak mengalir atau mengalir dalam jumlah sedikit, hingga air keruh. Untuk itu banyak yang menyiasati dengan menyimpan air dalam tandon. Biasanya air dalam tandon diambil dari sumur dengan bantuan pompa listrik. Air bersih dari sumur nantinya disedot lewat pompa, kemudian ditampung di tandon, sebelum nantinya dialirkan lewat pipa-pipa.

tandon air stainless steel

Untuk diketahui, tandon air adalah suatu wadah yang dimanfaatkan untuk menampung air. Air ini ditampung untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk membersihkan pakaian, untuk mandi dan keperluan rumah tangga lainnya. Air dari tandon didapatkan dari beberapa sumber. Misalnya dari air hujan yang dialirkan lewat talang, air sumur yang diambil dengan bantuan pompa dan air yang berasal dari PAM atau PDAM.

Baca juga: Referensi Desain Kamar Mandi

Setidaknya ada dua fungsi dari tandon air. Yang pertama adalah sebagai tempat persediaan air. Dengan begitu stok air akan aman seandainya nanti ada masalah pada pompa air ataupun air dari PDAM. Selain itu tandon air juga berfungsi untuk menampung air hujan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Tandon air juga berfungsi untuk menghemat pemakaian energi listrik. Hal ini berlaku untuk rumah yang memanfaatkan pompa listrik untuk mendapatkan pasokan air bersih. Menggunakan pompa listrik tentunya akan membutuhkan tenaga listrik. Apabila tandon air mempunyai persediaan air yang memadai, Anda tidak perlu menyalakan listrik untuk menggunakan pompa air.

Tertarik untuk menggunakan tandon air? Jika iya maka Anda perlu mengetahui harga pasaran tandon air. Saat ini ada banyak sekali pilihan tandon air yang ditawarkan oleh para penjual. Jenisnya beragam, merek atau produsen juga bermacam-macam serta kapasitas tangki air berbeda-beda pula.

Maka dari itu penting untuk mengetahui kisaran harga tandon air semua ukuran dan merek. Berikut ini kami sampaikan daftar harga yang bisa Anda jadikan acuan sebelum membeli tandon air.

Merek-Merek Tandon Air

tandon air penguin

Anda mungkin penasaran apa saja merek tandon air yang lazim ditemui di pasaran. Ada beberapa merek ternama yang banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut adalah merek-merek tandon air tersebut.

Tandon Air Penguin

Anda bisa jadi tidak asing dengan merek yang satu ini. Penguin merupakan salah satu produsen toren air yang memiliki cukup banyak produk. Tandon air buatan Penguin umumnya dilengkapi dengan lapisan insulasi yang dapat menjaga kestabilan suhu air.

Selain itu tandon air Penguin juga terjamin kualitasnya karena menggunakan bahan yang sesuai dengan standar food grade. Sehingga air yang tersimpan dalam tandon air ini aman untuk diminum.

Tidak hanya itu, juga terdapat penstabil UV20+ yang bisa membuat tandon air tahan lama. Alhasil Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang. Tandon air Penguin juga memiliki strainer atau saringan yang fungsinya mencegah daun dan ranting ikut masuk saat tangki dipakai untuk menampung air hujan.

Baca juga: Harga Closet Duduk

Tandon Air Excel

Tandon air yang satu ini juga memiliki tawaran yang tak kalah berbeda dari merek-merek lain. Anda bisa memanfaatkan tandon air Excel untuk menampung air bersih maupun olahan mesin filter. Tangki Excel biasanya terbuat dari plastik PE (Poly Etilene). Untuk bagian dalamnya dilengkapi dengan lapisan anti lumut sehingga menjaga kualitas air di dalamnya tetap baik.

Tandon Air Profil Tank

Profil Tank juga menjadi salah satu merek yang cukup lazim ditemui di pasaran maupun rumah-rumah. Profil Tank menawarkan tangki dengan bahan baku plastik PE yang sudah dijamin kualitasnya oleh Food and Drug Administration (FDA). Untuk diketahui FDA adalah suatu badan internasional yang menguji efek samping suatu produk bagi kesehatan manusia.

Profil Tank merancang produknya dengan tiga lapisan dinding. Antara lain Outer Layer (dinding luar), Porous Layer (dinding tengah yang terbuat dari busa), dan Inner Layer (dinding dalam).

tandon air plastik

Di samping itu Profil Tank juga tahan terhadap bahan kimia maupun panas hingga 80 derajat Celcius. Tutup tandon air ini mempunyai bentuk berulir sehingga tidak mudah lepas dan mencegah kotoran masuk ke dalam tangki.

Tandon Air Koala

Tandon Air Koala juga terbuat dari bahan baku plastik PE. Anda bisa menggunakan tandon air ini untuk keperluan rumah. Selain itu tangki air Koala juga cocok dipakai untuk usaha isi ulang air, kontrakan, ruko maupun industri.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan tandon air Koala. Beberapa di antaranya adalah tidak berbau, tahan lumut, tahan berbagai cuaca, tahan paparan sinar ultraviolet dan tahan banting.

Daftar Harga Tandon Air

Merek/Jenis Tandon Air Harga (Rp)
New Shimizu Plastik 19 Liter 135.000
Tandon Air Profil88 (Plastik) 250 liter 345.000
Louhan Orange Plastik 250 Liter 365.000
Profil Tank TDA-250L Plastik 250 Liter 450.000
Profil Tank TDA-300 Plastik 300 Liter 500.000
Excel AL-300L Plastik 300 Liter 560.000
Penguin Oranye Plastik 300 Liter 720.000
Mpoin Tangki Air (Toren) Wave 400 W Hitam 400L 729.000
Excel AL-550L Plastik 550 Liter 875.000
Penguin TB-55 Oranye/Biru Laut Plastik 520 Liter 950.000 – 1.200.000
Penguin TW-55 Oranye/Biru Laut Plastik 520 Liter 1.060.000
Penguin Oranye/Biru Laut Plastik 650 Liter 1.235.000
Profil Tank BPE 1100 Plastik 1.100 Liter 1.325.000
Penguin Oranye/Biru Laut Plastik 800 Liter 1.445.000
Penguin TB-110 Oranye/Biru Laut Plastik 1.050 Liter 1.670.000 – 1.750.000
Profil Tank PS 550 Stainless Steel 580 Liter 1.800.000
Profil Tank PS 700 D Stainless Steel 630 Liter 1.950.000
Penguin Horizontal TH-100 Plastik 970 Liter 2.750.000
Excel AL-2000L Plastik 2.000 Liter 2.800.000
Penguin TB-200 Biru Laut/Hijau/Kuning/Oranye Plastik 2.000 Liter 2.935.000
Penguin TBSK-500 Stainless Steel 500 Liter 2.945.000
Excel GS-1500TK Stainless Steel 1.000 Liter 3.000.000
Tirta T.2300 kapasitas 1.600 liter 3.047.300
Profil Tank PS-1100D Stainless Steel 1.000 Liter 3.200.000
PROTANK Biru Laut/Oranye Plastik 5.000 Liter 5.500.000

Tips Memilih Tandon Air

Memilih tandon air mungkin terdengar sepele. Akan tetapi sebenarnya memilih tandon air yang sesuai dengan kebutuhan harian di rumah kita yang menjadi tantangan tersendiri. Kita perlu memastikan bahwa tandon air yang dibeli dapat diletakkan di rumah tanpa memakan banyak tempat.

Baca juga: Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Selain itu kita juga perlu memastikan bahwa kapasitas tandon air sesuai dengan kebutuhan air di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda baca sebelum membeli tandon air.

tandon air murah

 

Menentukan Jenis

Jenis tandon air sangat beragam. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu ketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk mengetahui apakah sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa jenis tandon air yang bisa kita beli adalah tandon air fiberglass, stainless steel dan plastik.

Kebutuhan Kapasitas

Kita perlu mengetahui kapasitas tandon air yang dibutuhkan setelah menentukan jenis mana yang akan dipilih. Hal ini penting sehingga tandon air nantinya bisa memenuhi kebutuhan air di rumah setiap hari. Menentukan kapasitas yang tepat tidak hanya berhubungan dengan kebutuhan air harian di rumah saja namun juga berhubungan dengan dana yang nantinya dikeluarkan.

Mengetahui Luas Area

Kita juga perlu mencermati ukuran tandon air dengan luas area atau ruang yang Anda siapkan untuk tandon air. Anda perlu mengamati luas ruang atau area untuk tempat meletakkan tandon air. Hal ini akan membantu Anda dalam pemasangan tandon air.

Merek dan Harga

Umumnya merek mencerminkan kualitas. Maka dari itu Anda bisa memilih merek yang ternama dan banyak dipakai oleh orang-orang. Di samping itu juga perhatikan harganya. Anda bisa membandingkan dengan beberapa toko bangunan untuk mendapatkan harga yang paling terjangkau.

Leave a Comment