Model Teralis Minimalis Dan Harga Per Meter

Teralis Minimalis – Ketika ingin membangun rumah, kebanyakan orang mungkin akan fokus pada keindahan dari rumah yang akan dibangun. Hal ini tidak salah, namun jangan sampai faktor lain diabaikan. Salah satunya yang tak kalah penting adalah soal keamanan.

Di tengah era yang semakin modern, kejahatan atau pencurian yang dilakukan di lingkungan padat penduduk masih saja terjadi. Hal ini menyimpan ketakutan di kalangan pemilik rumah. Terutama mereka yang sering bepergian ke luar kota. Ada beberapa cara yang bisa kita upayakan untuk mencegah rumah kita dibobol oleh maling, seperti memasang teralis jendela atau teralis pintu.

Teralis banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memberikan perlindungan ganda pada rumahnya. Dengan pemasangan yang tepat rumah akan lebih kebal terhadap tindak pencurian. Apabila ingin memasang teralis, tentu saja ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Salah satunya adalah mengenal lebih jauh apa itu teralis beserta fungsinya.

teralis jendela minimalis

Untuk itu pada pembahasan kali ini kami akan berikan informasi seputar teralis sebelum memberikan daftar harga yang bisa dijadikan referensi. Langsung saja kita awali dari fungsi teralis itu sendiri.

Baca juga: Harga Besi Siku Polos Per Batang

Fungsi Teralis

Teralis biasanya dipasang di jendela ataupun pintu. Meski yang paling sering kita jumpai adalah teralis jendela. Pemasangan teralis ini cukup fleksibel, bisa dipasang di dalam maupun luar ruangan. Lantas apa saja fungsi teralis yang membuat orang-orang tertarik untuk memasangnya? Berikut akan kami jelaskan secara singkat fungsi teralis.

Sebagai Keamanan

Sudah kami singgung di atas bahwa teralis mempunyai fungsi utama sebagai penambah keamanan pada rumah. Dengan adanya teralis pencuri atau orang yang tak diharapkan akan kesulitan untuk masuk ke rumah kita.

Memberikan Privasi

Tidak hanya menambah keamanan saja, teralis juga berfungsi untuk memberikan privasi yang lebih kepada pemilik rumah. Seperti yang diketahui, jendela merupakan sarana masuknya cahaya matahari sekaligus memperlancar sirkulasi udara. Oleh karenanya jendela sering dibuka dan ditutup.

Saat dibuka sebagian orang merasa tidak nyaman karena privasinya terganggu. Untuk itulah dipasang teralis di jendela sehingga bisa menjaga privasi pemilik rumah. Teralis bisa dipasang di berbagai jendela maupun pintu, termasuk jendela yang berukuran cukup besar.

Membuat Interior Lebih Menarik

Walaupun berfungsi sebagai keamanan, teralis juga bisa berfungsi sebagai pemanis ruangan. Sebab teralis tersedia dalam berbagai desain yang bisa kita pilih sesuai selera. Selain itu Anda juga bisa memesan model teralis sesuai keinginan.

Tips Memasang Teralis

desain teralis pintu

Memasang teralis tidak boleh sembarangan. Anda perlu mengetahui beberapa hal supaya pemasangan teralis benar dan berfungsi dengan maksimal. Berikut adalah tips untuk memasang teralis.

Model Teralis

Model teralis yang dijual di pasaran sangat beragam. Hal ini bisa membuat kita kebingungan harus memilih yang mana. Akan tetapi jangan lupa bahwa pemilihan model teralis itu perlu disesuaikan dengan interior rumah kita.

Walaupun bisa berfungsi sebagai estetika dalam rumah, pemilihan teralis juga tak boleh asal. Dianjurkan untuk memilih teralis yang senada dengan konsep interior rumah. Sehingga tampilannya nanti serasi dan menarik untuk dipandang.

Jarak Jeruji

Selain model atau desain, jarak jeruji teralis juga perlu diperhatikan. Disarankan untuk memilih teralis yang jarak jerujinya tidak lebih dari 30 x 30 cm. Jarak jeruji sebaiknya berkisar 10-20 cm. Akan tetapi juga jangan sampai kurang dari 10 cm. Sebab jika jaraknya terlalu sempit maka akan sulit untuk dibuka atau dibersihkan.

Selain itu hal ini juga membuat jendela seakan-akan tertutup. Hal tersebut membuat cahaya matahari sulit untuk masuk dan sirkulasi udara tidak lancar.

Posisi Pemasangan

Jangan lupa untuk memperhatikan posisi pemasangan teralis. Usahakan untuk menyembunyikan tata letak baut pengait. Tujuannya supaya tidak mudah dilepas oleh pencuri. Di samping itu Anda juga bisa mencermati keamanan penghuni rumah dari dalam.

Maksudnya membuat teralis sedemikian rupa supaya tidak bisa dibuka dari luar, namun bisa dibuka dari dalam untuk keadaan darurat. Sehingga saat terjadi kebakaran atau musibah penghuni rumah bisa keluar lewat akses tersebut dengan mudah.

Harga Teralis Pintu dan Jendela

Berikutnya mari kita simak berapa harga teralis jendela dan pintu di pasaran. Perlu Anda garisbawahi bahwa harga teralis di bawah ini belum pasti. Banderol harga masih bisa berubah karena beberapa faktor. Seperti kebijakan penjual dalam menetapkan harga, kualitas material dan pengerjaan ataupun biaya pengiriman dan pemasangan.

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Harga Teralis Besi Nako 10 m2 375.500
Harga Teralis Besi Nako 12 m2 433.500
Harga Teralis Besi Nako 16 m2 515.000

 

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Harga Teralis Minimalis m2 395.000 – 460.000
Harga Teralis Vistoria Klasik m2 415.000 – 575.000
Harga Teralis Kerangkeng m2 225.000 – 325.000

 

Spesifikasi Harga (Rp)
Panjang 80 cm 1.450.000,- / unit
Tinggi 210 cm
Jenis besi Galvanis
Bingkai Holo 4×4
Rangka Besi Tempa
Cover Kawat Nyamuk
Warna cat Bebas
Finishing Semprot Spraygun

Berikut rujukan ketentuan harga pembuatan teralis pintu double atau teralis pintu kupu tarung.

Spesifikasi Harga (Rp)
Panjang 80 cm 2.355.000,- / unit
Tinggi 210 cm
Jenis besi Galvanis
Bingkai Holo 4×4
Rangka Besi Tempa
Cover Kawat Nyamuk
Warna cat Bebas
Finishing Semprot Spraygun

Inspirasi Desain Teralis

Ada banyak sekali desain teralis yang bisa Anda pilih untuk jendela dan pintu. Sebagai gambaran dan inspirasi, berikut adalah beberapa desain teralis yang menarik.

Teralis Jendela Minimalis Horizontal

teralis minimalis

Teralis jendela minimalis menjadi tren belakangan ini. Desainnya pun juga beragam. Salah satunya adalah teralis yang jerujinya disusun horizontal seperti gambar di atas. Desainnya yang sederhana menjadi daya tarik tersendiri dari teralis ini.

Teralis Jendela Silang

teralis jendela

Selain disusun secara horizontal, juga ada teralis yang dibuat secara menyilang. Model seperti ini hanya menyisakan ruang sempit untuk jangkauan tangan. Karena ruang antar batasan teralis sempit, maka teralis ini sulit untuk ditembus.

Tidak hanya itu, teralis palang ini disebut-sebut memiliki struktur yang kuat karena desainnya yang dibuat menyilang. Lebih lanjut antar garis teralis saling bertumpu sehingga memberikan kekuatan ekstra.

Teralis Pintu Vertikal

teralis pintu

Teralis pintu berbentuk vertikal juga mampu memberikan keamanan yang baik. Sebab desain seperti ini akan membuat pencuri kesulitan untuk masuk ke dalam rumah. Tipsnya cukup memainkan jarak antar garis vertikal menjadi sedekat mungkin sehingga tidak bisa dilewati oleh tangan.

Anda bisa membuat teralis pintu dengan desain vertikal tipis yang jarak antar garisnya hanya selebar telunjuk. Tidak hanya berfungsi sebagai keamanan saja, teralis dengan desain ini juga memberikan daya tarik tersendiri. Sebagai tambahan Anda bisa memberikan gorden atau tirai pada bagian dalam pintu kaca.

Teralis Jendela Campuran

teralis kombinasi

Anda bisa berkreasi dengan bentuk jeruji teralis sehingga tidak hanya berfungsi sebagai keamanan namun juga sebagai pemanis ruangan. Misalnya adalah dengan menyusun jeruji secara vertikal dan horizontal sekaligus.

Dengan desain yang tepat teralis akan terlihat lebih menarik tanpa mengesampingkan keamanannya. Teralis campuran seperti ini bisa diterapkan pada rumah bergaya minimalis maupun kontemporer.

Teralis Pintu Gabungan Silang Vertikal

teralis pintu rumah

Teralis dengan perpaduan garis menyilang dan vertikal juga bisa memberikan keamanan yang baik pada pintu. Sebab desain seperti ini membuat engsel pintu sulit terjangkau dari luar. Selain itu model diamond memanjang juga bisa membuat teralis lebih kuat.

Oleh karenanya teralis seperti ini sering dipakai pada gudang dan ruangan atau bangunan lain yang penting. Meski begitu teralis ini juga bisa diaplikasikan pada pintu rumah maupun jendela.

Baca juga: Harga Pagar Stainless Steel Minimalis

Demikian yang bisa kami sampaikan seputar harga teralis minimalis, berikut fungsi teralis, tips memasang teralis hingga inspirasi desain teralis. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat.

Leave a Comment