Harga Thinner Campuran Cat Kayu Dan Tembok

Harga Thinner Campuran Cat Kayu Dan Tembok – Thinner menjadi salah satu barang yang sudah sangat familiar di dunia konstruksi. Bahkan orang awam sekalipun sudah tahu apa itu thinner dan kegunaannya. Seperti yang diketahui, thinner berfungsi sebagai pengencer cat.

Ketika ingin menggunakan cat untuk finishing, baik cat solid maupun cat transparan seperti melamin, umumnya viskositas cat atau kekentalannya masih terbilang tinggi. Viskositas yang tinggi akan membuat cat sulit diaplikasikan dengan teknik spray. Selain itu hal tersebut juga bisa membuat kita boros cat.

Oleh karenanya untuk mengurangi tingkat viskositas cat tersebut dipakailah thinner. Sama halnya dengan cat, thinner mempunyai komposisi yang bermacam-macam. Oleh karenanya harga thinner bisa berbeda-beda antara tipe satu dengan tipe lainnya.

Thinner menjadi zat cair yang bisa mengencerkan berbagai jenis cat. Mulai dari cat kayu, besi hingga cat dinding. Selain untuk menurunkan viskositas cat, thinner juga bisa dipakai untuk mengatur sifat dari tampilan akhir cat, dengan waktu pengeringan sesuai kebutuhan.

thinner dulux

Saat ini ada cukup banyak produk thinner yang bisa kita dapatkan. Di antaranya Thinner A Special, Thinner A, Thinner B, Thinner High Gloss, Thinner PU, Thinner Serba Guna dan lain sebagainya. Memilih thinner juga tidak boleh asal, sebab perlu disesuaikan dengan material cat.

Kesalahan aplikasi thinner pada material cat bisa mempengaruhi hasil akhir. Contohnya jika mengecat kendaraan dengan bahan PU gloss, maka hasil akhirnya menjadi tidak mengkilap apabila performa thinner yang dipakai tidak terstandar PU.

Di samping itu kekentalan cat setelah penambahan thinner juga perlu diperhatikan dan dipastikan sesuai petunjuk penggunaan. Anda bisa menggunakan viscosity cup untuk mengukur kekentalan dengan mudah dan akurat.

Baca juga: Harga Cat Minyak Berbagai Merk Terbaik

Rekomendasi Merek Thinner Cat

Sebelum mengetahui harga thinner cat di pasaran, penting untuk kita mengetahui apa saja merek yang bisa kita jumpai. Ada beberapa merek thinner yang bisa Anda pertimbangkan. Langsung saja berikut beberapa pilihan merek thinner cat.

Thinner Blinken BC-30

thinner kaleng

Thinner yang satu ini biasa dipakai untuk cat jenis PU dan pernis sehingga bisa menghasilkan permukaan yang mengkilap dan tahan air. Cat ini diklaim sangat baik untuk mengencerkan cat yang kerap digunakan dengan teknik semprot. Hanya saja Anda perlu berhati-hati saat memakainya karena adanya kandungan polyurethane yang berbahaya bagi paru-paru. Jangan lupa untuk memakai masker saat menggunakanya. Harga thinner ini sekitar Rp 60 ribuan.

Thinner Autoglow

Thinner selanjutnya ini dipakai untuk mengencerkan beberapa jenis cat, termasuk cat minyak yang biasanya dipakai untuk mengecat kayu. Thinner ini bisa membuat cat lebih cepat kering. Di samping itu Anda bisa memakainya untuk mencuci bekas kuas yang digunakan supaya lebih bersih dan bisa dipakai untuk pekerjaan selanjutnya. Sedangkan harga thinner ini sekitar Rp 40 ribuan.

Thinner Cobra 5 L

Thinner Cobra mempunyai kualitas yang baik. Dengan kemasan 5 liter, Anda bisa memakainya untuk pengencer cat tembok yang memerlukan banyak cat. Formula yang terkandung di dalamnya membuat thinner mudah tercampur merata dengan bahan cat dan tidak menggumpal. Selain itu warna cat juga akan menjadi lebih indah dan cepat kering. Harga thinner Cobra ini berkisar Rp 115 ribuan.

Sun Rise Thinner 5 L

sun rise thinner

Thinner ini bisa dipakai untuk berbagai jenis cat. Baik cat tembok, cat kayu dan lain sebagainya tanpa ada gumpalan cat. Thinner ini mampu memberikan ketebalan yang sangat baik dan juga cepat kering. Belum lagi volume besar dan harga terjangkau yang membuatnya bisa menjadi pilihan menarik. Harga thinner Sun Rise ini sekitar Rp 65 ribuan.

Nippe Super Thinner

Nippon Paint mempunyai produk thinner bernama Nippe Super Thinner. Tidak perlu meragukan kualitasnya. Thinner ini bisa membuat cat cepat kering, dengan daya kilap yang bagus. Anda bisa memakainya untuk pengencer cat dasar, cat surface, cat primer, dan undercoat metalic dengan kualitas terbaik. Harga thinner Nippon Paint ini sekitar Rp 100 ribuan.

Dulux Thinner

Selain Nippon Paint, Dulux juga mempunyai produk thinner. Dulux Thinner cocok dipakai untuk produk cat Dulux, seperti Dulux V-Gloss atau Weathershield Gloss yang biasanya ditujukan untuk luar ruangan. Thinner ini membuat pengecatan lebih cepat kering, merata dan tahan cuaca. Harga thinner Dulux ini juga terjangkau, yakni Rp 25 ribuan.

Thinner A Bintang

Thinner A Bintang menjadi merek yang cukup sering dijumpai di toko. Thinner yang satu ini dipakai untuk pengencer zat synthetic dan cat primer untuk material kayu dan besi. Thinner ini juga mempunyai daya kilap yang baik dan cepat kering. Akan tetapi disarankan untuk memakainya dengan semprotan. Harga Thinner A Bintang ini murah, yakni sekitar Rp 20 ribuan.

Tips Memilih Thinner Cat

thinner nippon paint

Sama seperti ketika memilih produk lain, memilih thinner bisa membuat kita kebingungan karena ada banyak sekali produk yang bisa dipilih. Maka dari itu ada beberapa tips atau cara untuk memilih thinner cat supaya Anda mendapatkan thinner dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda cermati.

Perhatikan Jenis Thinner

Umumnya ada dua jenis thinner yang beredar di pasaran, yaki Thinner NC atau duco yang biasa dipakai untuk material yang memakai bahan NC seperti cat untuk kendaraan. Karakteristik thinner ini adalah kemampuannya yang membuat proses pengeringan berlangsung lebih cepat.

Di samping itu ada thinner PU. Thinner ini mempunyai daya kilat yang baik. Biasanya thinner jenis ini digunakan untuk cat reguler.

Perbandingan Thinner dan Cat

Agar mendapatkan hasil yang diharapkan, maka Anda perlu mengetahui perbandingan thinner dan cat. Sesuaikan viskositas atau kekentalan cat dengan jumlah thinner yang akan dituangkan. Untuk cat dalam ruangan biasanya rasio yang dipakai adalah satu banding satu. Sementara untuk sisi luar ruangan biasanya menggunakan thinner lebih sedikit supaya cat kental dan membuat permukaan tahan cuaca.

Perhatikan Ukuran dan Kemasan

thinner a

Kemasan dan ukuran thinner yang beredar di pasaran sangat beragam. Ada yang dijual dalam kemasan botol kaca, kaleng, atau bahkan botol plastik. Thinner yang dikemas dalam kaleng dengan ukuran besar bisa Anda gunakan beberapa kali dan cenderung lebih mudah untuk disimpan.

Apabila Anda ingin menggunakan thinner untuk satu kali pemakaian, Anda bisa memilih thinner berukuran kecil. Anda bisa memilih thinner yang dikemas dalam wadah botol pastik maupun kaca.

Baca juga: Harga Cat Akrilik

Harga Thinner Cat Terbaru

Di atas sudah kami singgung harga thinner beberapa merek. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat daftar harga thinner cat di bawah ini. Perlu dicatat bahwa harga bisa saja berubah sewaktu-waktu. Selain itu Anda juga bisa menjumpai merek atau produk lain dengan harga yang berbeda.

Impala 1 liter Rp. 49.000
Impala 0.8l super high gloss Rp. 29.000
Impala Galon 5 liter super gloss quality Rp. 107.000
Mr Color T104 400ml Rp. 238.000
Tamiya 81030 X-20A Acrylic Thinner 46ml Rp. 131.000
Cobra 1 Liter Rp. 49.000
Cobra 5 Liter Rp. 120.000
Terano 1 Liter Rp. 25.000
Nippon 9000 0.5 Liter Rp. 103.000
Mr Color T106 Levelling Thinner 110 ml Rp. 90.000
Mr Color T102 110ml Rp. 72.000
Mr Color T101 50 ml Rp. 66.000
Mr Color T103 240 ml Rp. 163.000
Mr Color T104 400 ml Rp. 134.000
Mr Color T117 400ml Rp. 149.500
ND ukuran botol Rp. 38.000
ND ukuran botol kecil Rp. 5.000
Jotun Gardex 0.9lt Rp. 325.000
Jotun no.17 5 Liter Rp. 97.000
Acrysion 250ml Rp. 135.000
Nippe super gallon 7 liter Rp. 142.000
Kapinis netto 0,6 liter Rp. 23.000
Propan thinner pu polyurethane 3.8 liter galon Rp. 157.000
Daler rowney low odour thinner 75 ml Rp. 76.000

Demikian informasi seputar thinner campuran cat yang bisa kami sampaikan. Berikut daftar harga terbarunya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber:

Leave a Comment