Harga Vinyl Lantai Per Meter Dan Per Roll

Harga Lantai Vinyl – Memiliki hunian di era modern seperti sekarang ini tidak hanya sebagai tempat untuk tinggal saja. Bagi sebagian orang memiliki hunian juga bisa sebagai sarana menuangkan kreativitas dan ide akan tempat tinggal yang indah nan unik. Berawal dari itu lahir berbagai rumah dengan desain yang menarik.

Tidak hanya mengandalkan keindahan, beberapa bangunan rumah juga mengusung konsep yang inovatif atau bahkan kreatif. Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan indah. Berbagai material bangunan, dekorasi hingga furnitur bisa kita dapatkan di pasaran. Salah satunya adalah lantai vinyl atau juga disebut dengan istilah karpet vinyl.

Mengaplikasikan lantai vinyl menjadi langkah yang tepat jika Anda ingin mempercantik interior rumah tanpa perlu mengeluarkan budget ekstra. Anda tidak perlu membeli keramik, parket kayu, tegel baru jika hanya ingin mengubah tampilan lantai rumah.

Lantai vinyl adalah penutup lantai sintetis yang meniru jenis lantai lainnya. Contohnya lantai marmer, kayu, bebatuan dan lain sebagainya. Pada dasarnya vinyl lantai terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) yang mempunyai tekstur sangat halus dan elastis, sehingga pemasangannya tidak rumit.

Salah satu kelebihannya tentu saja terletak pada motif yang beragam. Anda bisa memilih vinyl plank yang permukaannya mirip dengan aslinya. Contohnya jika Anda memilih motif kayu, maka permukaan vinyl plank embossed terlihat serupa dengan serat-serat kayu asli.

harga vinyl lantai

Di pasaran vinyl lantai dijual dalam beberapa bentuk. Seperti vinyl roll atau gulungan, vinyl plank atau seperti papan persegi panjang, dan vinyl tile yang bentuknya mirip tegel lantai. Khusus vinyl plank dan vinyl tile dijual per boks.

Sebelum membeli vinyl lantai, penting bagi kita untuk mengetahui harga pasaran. Dengan begitu kita bisa mengetahui apakah vinyl yang ditawarkan kepada kita itu terlalu mahal atau justru murah. Tidak perlu bingung, berikut kami sertakan daftar harga vinyl lantai terbaru di pasaran untuk Anda.

Daftar Harga Vinyl Lantai

Harga Vinyl Roll

No. Produk Ukuran Tebal Luas Harga
01. Wood Roll 1.2 mm 20m X 2m 1.2 mm 40 m² 3,000,000 /roll
02. Wood Roll 1.6 mm 20m X 2m 1.6 mm 40 m² 4,300,000 /roll

Harga Vinyl Plank

No. Produk Ukuran Tebal Isi Luas Harga
01. Lotte Deco 92.8 cm X 18.8 cm 2 mm 30 pcs 5.2 m² 590,000/Box
02. Arni Flooring 92.5 cm X 18.5 cm 3 mm 18 pcs 3.08 m² 490,000/Box
03. Deren 91.4 cm X  15.2 cm 3 mm 24 pcs 3.34 m² 570,000/Box
04. Daeji 94.5 cmX 18.5 cm 3 mm 19 pcs 3.32 m² 594,000/Box
05. Premier 92 cm X 15.2 cm 2 mm 27 pcs 3.75 m² 472,000/Box
06. Taco 91.4 X 15.3 cm 3 mm 24 pcs 3.34 m² 563,000/Box
07. Ace 95 cm X 18.4 cm 3 mm 19 pcs 3.32 m² 577,000/Box
08. Kangbang 91.5 cm X 15.2 cm 2 mm 35 pcs 4.4885 m² 550,000/Box
09. Luxury 92 cm X 15.2 cm 3 mm 35 pcs 4.88 m² 552,000/Box
10. Young 90 cm X 15 cm 3 mm 32 pcs 3.1 m² 395,000/Box

Baca juga: Harga Granit Semua Ukuran

Harga Vinyl Tile

No. Produk Ukuran Tebal Isi Luas Harga
01. Borneo 30 cm X 30 cm 1.5 mm 55 pcs 5 m² 500,000/Box
02. Maxwell 30 cm X 30 cm 1.5 mm 55 pcs 5 m² 475,000/Box
03. Uvi Lucky 30 cm X 30 cm 1.5 mm 49 pcs 4 m² 350,000/Box
04. Nexwood 30 cm X 30 cm 2 mm 33 pcs 3 m² 400,000/Box
05. Woosoung 45 cm X 45 cm 3 mm 16 pcs 3.31 m² 648,000/Box

Kelebihan dan Kekurangan Vinyl Lantai

motif vinyl lantai

Setelah mengetahui harga lantai vinyl, juga penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Sebab vinyl lantai mempunyai beberapa kekurangan yang mungkin bisa tidak cocok dengan karakter Anda, atau mempunyai beberapa kelebihan yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan membeli lantai.

Kelebihan Vinyl Lantai

Mudah Dipasang

Salah satu kelebihan dari lantai vinyl adalah soal kemudahannya untuk dipasang. Anda hanya membutuhkan peralatan yang sederhana, seperti cutter, penggaris dan lain-lain. Pemasangan vinyl lantai juga tidak membutuhkan keahlian khusus, sehingga Anda bisa memasangnya sendiri.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Harga Terjangkau

Harga vinyl lantai yang murah membuat banyak orang mempertimbangkan untuk membeli vinyl lantai. Bahkan per meter vinyl lantai ada yang dijual dengan harga Rp 100.

Motif Beragam

Motif vinyl lantai yang ada di toko-toko juga bermacam-macam. Dengan begitu Anda bisa memilih vinyl lantai yang sesuai dengan karakter interior rumah Anda. Misalnya jika nuansa interior rumah serba alami, Anda bisa memilih vinyl dengan motif kayu, batu dan lain sebagainya.

Tahan Air

Vinyl lantai juga mempunyai kelebihan lain, yakni tahan terhadap air. Vinyl lantai juga tahan terhadap perubahan cuaca sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Anti Rayap

Vinyl lantai terbuat dari bahan PVC. Sehingga vinyl lantai akan terbebas dari rayap.

Mudah Diganti

Jika Anda mudah bosan dengan motif lantai, menggunakan vinyl lantai menjadi keputusan yang tepat. Karena selain mudah dalam urusan pemasangan, vinyl lantai juga mudah untuk diganti, serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasangnya.

Perawatan Mudah

Perawatan vinyl lantai juga tidak sulit. Anda hanya perlu menjaganya dari debu. Caranya bisa dengan memakai vacuum cleaner ataupun dipel setiap hari. Jika permukaan lantai vinyl terlihat kotor, Anda bisa memoles ulang dengan obat polish khusus. Anda bisa mengulanginya setiap satu bulan sekali atau tiga bulan sekali.

Sedangkan jika terkena noda cairan seperti kopi atau sirup, Anda perlu segera membersihkannya dengan kain pel atau tisu. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak ada noda permanen yang menempel pada vinyl lantai.

vinyl lantai

Kekurangan Vinyl Lantai

Material Kurang Baik untuk Kesehatan

VInyl lantai terbuat dari bahan dasar PVC. Bahan ini dapat melepas volatile organic compounds (VOC) ke udara yang bisa berbahaya bagi kesehatan penghuni rumah. Untuk menyiasati hal tersebut beberapa pabrik yang memproduksi vinyl lantai telah mengurangi penggunaan bahan PVC pada vinyl lantai buatannya.

Tidak Dapat Diperbaiki

Vinyl lantai memang anti air, namun cukup rentan bila terkena goresan benda tajam. Jika vinyl tergores, maka Anda tidak bisa memperbaikinya selain mengganti dengan yang baru.

Mudah Terkelupas

Vinyl lantai yang tidak dipasang dengan benar bisa membuatnya mudah terlepas. Hal ini justru membuat tampilan interior kurang menarik.

Kurang Nyaman

Dari segi kenyamanan, lantai vinyl masih kalah nyaman dari lantai parket. Maka dari itu ketika ingin menggunakan lantai vinyl pastikan Anda masih merasa nyaman ketika nanti diaplikasikan ke dalam interior rumah Anda.

Tips Memilih Vinyl Lantai

Vinyl lantai beragam jenis dan motifnya. Merek yang ditawarkan juga cukup banyak. Untuk itu kita perlu mencermatinya ketika ingin membeli. Ada beberapa tips yang dapat Anda garisbawahi ketika ingin membeli vinyl lantai. Berikut adalah tips membeli vinyl lantai.

lantai vinyl

Pilih Vinyl Lantai yang Tahan Air

Pastikan bahwa vinyl lantai yang hendak Anda beli benar-benar tahan air. Selain itu disarankan untuk memilih vinyl lantai yang tahan terhadap benturan keras. Sehingga vinyl lantai nantinya bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Vinyl yang rentan tergores akan menyusahkan kita jika tidak sengaja terkena benda tajam. Alhasil mau tak mau harus menggantinya.

Pilih yang Berkualitas

Ada vinyl lantai yang terbuat dari bahan kayu. Seperti yang Anda ketahui, kayu rentan untuk dimakan rayap. Karena itu pilih vinyl lantai yang benar-benar berkualitas. Jika berbahan kayu, pilih yang memiliki lapisan khusus sehingga tahan terhadap hama rayap. Sehingga vinyl lantai bebas dari rayap dan tetap menarik untuk dilihat.

Pilih Motif yang Tahan Lama

Ketika memilih vinyl lantai, usahakan memilih vinyl lantai yang tidak mudah memudar. Sehingga warnanya tetap menarik dan tetap membuat ruangan terlihat indah dalam jangka waktu panjang.

Pilih yang Tahan Api

Memilih vinyl lantai yang tahan terhadap api juga bisa menjadi pertimbangan tambahan untuk Anda. Ada beberapa pabrikan yang memberikan lapisan pada saat produk agar vinyl buatannya tidak mudah terbakar.

Pilih Vinyl Lantai yang Lentur

Tips berikutnya, pilih lantai vinyl yang memiliki tekstur lentur. Dengan begitu nantinya vinyl tidak mudah patah ketika dipasang ataupun dilepas.

Selain beberapa tips di atas, Anda bisa mencoba bertanya ke penjual untuk memastikan keamanan bahan vinyl yang hendak dibeli. Pastikan vinyl lantai anti bakteri sehingga Anda sekeluarga terbebas dari penyakit.

Leave a Comment