Harga Kawat Bronjong Per Meter Lengkap

Kawat Bronjong Per Meter – Ada banyak sekali bahan bangunan yang bisa kita jumpai di sekitar kita. Sebagian besar tentu kita pernah melihat dan mengetahui kegunaannya. Salah satunya adalah kawat bronjong. Kawat bronjong merupakan salah satu material yang cukup penting untuk beberapa keperluan.

Kawat bronjong juga dikenal dengan istilah gabion. Bronjong biasanya digunakan untuk konstruksi dasar suatu bangunan maupun tanggul. Kita bisa menjumpai pengaplikasian kawat bronjong di tepi sungai atau di berbagai bangunan lainnya.

Mengetahui kegunaan material saja belum cukup. Sebab kita juga perlu mengetahui kisaran harganya. Terlebih jika memang berniat untuk membeli material tersebut dalam jumlah tertentu. Informasi soal harga tentu saja akan membantu kita dalam menentukan kisaran anggaran yang perlu disiapkan untuk membeli bahan bangunan.

Maka dari itu akan kami sampaikan soal harga kawat bronjong lengkap. Akan tetapi terlebih dahulu kita berkenalan dengan kawat bronjong.

kawat bronjong bangunan

Baca juga: Harga Kawat Harmonika

Apa Itu Kawat Bronjong

Kawat bronjong adalah material berupa anyaman kawat baja yang dilapisi seng ataupun galvanis. Anyaman kawat ini membentuk sebuah kotak atau balok. Di dalamnya diisi dengan bat-batu berukuran besar yang gunanya untuk mencegah erosi.

Oleh karenanya kawat ini sering dijumpai di area tebing, tepi sungai yang menjalani pekerjaan normalisasi maupun untuk mengatasi gerusan akibat arus sungai. Lantaran kawat baja itu kuat, maka untuk membentuk dan menganyamnya membutuhkan bantuan tenaga mesin.

Anyaman kawat baja dibuat dengan teknik lilitan ganda yang membentuk lubang-lubang berbentuk segi enam. Anyaman tersebut diikat secara kuat di antara sisi-sisinya supaya tidak mudah terurai. Ikatan anyaman itulah yang membuat bronjong dapat menahan tanah sehingga longsor atau erosi bisa terhindarkan. Biasanya kawat yang dipakai berbahan baja dengan lapisan galvanis sehingga tidak mudah berkarat.

Di samping itu juga ada kawat yang terbuat dari bahan PVC. Kawat ini dilapisi dengan material semi plastik di bagian luar sehingga mempunyai tampilan yang menarik sehingga bisa menambah estetika.

Dibandingkan dengan kawat galvanis, kawat PVC mempunyai beberapa keunggulan. Seperti warnanya yang lebih menarik dan adanya dua lapisan sehingga lebih kuat dari kawat galvanis. Di samping itu kawat ini juga tahan karat dan asam sehingga cocok untuk diaplikasikan di tepi laut karena bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Fungsi Kawat Bronjong

bronjong per meter

Seperti yang disinggung di atas, kawat bronjong berfungsi untuk memperkuat dan melindungi struktur tanah di sekitar tebing, tepi sungai maupun tepi tanggul supaya tidak longsor. Bronjong juga biasa dimanfaatkan sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume sungai air.

Bagian tepi sungai bisa saja mengalami erosi lantaran arus sungai yang deras dan berlangsung terus-menerus. Dalam kasus ini bronjong berfungsi sebagai penjaga area tepi sungai dari arus sungai sehingga bantaran sungai tidak mudah hancur.

Fungsi Lain Kawat Bronjong

Di era modern seperti sekarang ini, banyak material bangunan yang mengalami perubahan fungsi. Seperti halnya pada kawat bronjong. Jika awalnya bronjong digunakan untuk mencegah longsor maupun erosi, kini bronjong juga dimanfaatkan sebagai dekorasi suatu bangunan. Anda bisa memanfaatkan bronjong apa adanya ataupun dengan modifikasi untuk mempercantik eksterior maupun interior bangunan.

Salah satunya menggunakan bronjong untuk meja. Anda bisa menggunakan batu biasa maupun batu warna-warni maupun batu dengan bentuk unik supaya tampilannya terlihat menarik. Selain itu kawat bronjong juga bisa diganti dengan yang lebih mengkilap atau mempunyai warna menarik. Motif kawat juga bisa diganti segitiga, kotak-kotak dan lain sebagainya supaya lebih menarik.

Anda bisa memanfaatkan kawat bronjong untuk pagar pembatas maupun dinding. Kawat bronjong juga bisa digunakan sebagai partisi dengan ukuran rendah di area luar ruangan. Atau Anda juga bisa mengkreasikan kawat bronjong sesuai dengan imajinasi Anda. 

Kekuatan Kawat Bronjong

kawat bronjong pagar

Kawat bronjong memiliki kekuatan yang sangat baik. Hanya saja kekuatannya bisa berkurang karena kondisi sekitar. Misalnya jika diterapkan di tepi sungai, sampah-sampah kecil yang masuk ke dalam bronjong bersama air bisa membuat kawat cepat rusak.

Selain itu arus sungai yang deras juga bisa mengikis batu-batu pengisi bronjong. Tidak hanya itu, cara pemasangan dan pemeliharaan kawat bronjong juga akan mempengaruhi kekuatannya.

Kawat bronjong juga ada yang berukuran tebal sehingga untuk menganyamnya membutuhkan mesin. Selain itu juga ada yang berukuran sedang sehingga cukup dianyam dengan tangan.

Kawat yang dianyam dengan tangan manusia mempunyai ketebalan sekitar 2,7 mm dengan tepian 3,4 mm. Kawat ini biasanya digunakan untuk membangun rumah.

Kelebihan Kawat Bronjong

Kawat bronjong mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan konstruksi penahan lainnya. Salah satunya adalah sifatnya yang fleksibel. Sehingga bisa mengikuti pergerakan tanah yang ada di bawahnya tanpa merusak konstruksi dasar.

Selain itu tumpukan batu-batu di dalam kawat bronjong memungkinkan air untuk tetap mengalir di sela-selanya. Sehingga tekanan tanah akan berkurang dan mengurangi risiko tanah longsor, khususnya untuk bangunan yang ada di sekitar tebing. Tidak cukup hanya itu, bronjong juga lebih murah dibandingkan penahan lain seperti beton.

kawat bronjong lembar

Kawat bisa didapatkan dengan mudah, termasuk batu-batu pengisinya. Harganya yang murah juga dipengaruhi teknik pembuatannya. Biaya pengiriman juga dapat ditekan karena bobot kawat sangat ringan dibandingkan dengan beton.

Kawat bronjong juga memiliki bentuk yang sederhana dan dapat dikerjakan tanpa membutuhkan mesin khusus. Kita bisa mengerjakannya dengan memanfaatkan alat-alat tukang sederhana, seperti tang. Bobot kawat yang ringan juga memudahkan tukang untuk membawanya ke mana saja.

Di samping itu kawat juga mudah dibentuk sehingga dapat diterapkan di mana saja dan dalam bentuk apapun. Anda bisa membentuknya lurus ataupun melingkar. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bronjong juga ramah lingkungan karena batu alam yang menjadi salah satu materialnya tidak akan mencemari lingkungan.

Kekurangan Kawat Bronjong

Selain mempunyai banyak kelebihan, bronjong juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah jika memakai kawat berbahan baja dengan lapisan galvanis, maka tidak cocok untuk dipakai pada area perairan dengan kadar garam dan asam yang tinggi seperti tepi laut.

Di samping itu konstruksi bronjong kadang harus dibuat di lahan yang berukuran yang lebar, sebab jika dibuat dalam ukuran kecil, bronjong tidak bisa menahan longsor ataupun erosi secara maksimal.

Baca juga: Harga Besi Wiremesh

Cara Pembuatan Kawat Bronjong

bronjong pabrikasi

Kawat bronjong dibuat dalam dua cara, yakni dengan pabrikasi atau manual. Untuk cara pabrikasi, kawat dibuat dengan memakai mesin pabrik. Sedangkan untuk manual dianyam dengan tangan. Kebanyakan kawat bronjong yang dijual di pasaran sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Harga Kawat Bronjong

Setelah mengetahui apa itu kawat bronjong beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya kita simak harga kawat bronjong terbaru di pasaran. Perlu dicatat harga bisa saja berbeda-beda antara toko satu dengan toko lainnya.

Harga Kawat Bronjong Galvanis

  • Kawat ukuran 2 x 1 x 0,5 m, diameter 2,7, RAM 8 X 10 Rp 315.000,-
  • Kawat ukuran 2 x 1 x 0,5 m, diameter 2,7, RAM 15 X 17 Rp 230.000,-
  • Kawat ukuran 2 x 1 x 0,5 m, diameter 3,4, RAM 15 X 17 Rp 280.000,-
  • Kawat ukuran 2 x 1 x 0,5 m, diameter 2,7, RAM 25 X 25 Rp 190.000,-
  • Kawat ukuran 2 x 1 x 0,5 m, diameter 3,4, RAM 25 X 25 Rp 230.000,-

Harga Kawat Bronjong PVC Diameter 2,7 mm

  • Kawat ukuran 2 x 1 x 0,5 m, RAM 8 x 10 Rp 569.000,-
  • Kawat ukuran 3 x 1 x 0,5 m, RAM 8 x 10, Rp 780.000,-
  • Kawat ukuran 3 x 1,5 x 0,5 m, RAM 8 x 10, Rp 1.065.000,-
  • Kawat ukuran 2 x 1 x 1 m, RAM 8 x10, Rp 762.000,-
  • Kawat ukuran 3 x 1 x 1 m, RAM 8 x 10, Rp 1.100.000,-
  • Kawat ukuran 4 x 1.5 x 1, RAM 8×10, Rp 1.435.000,-

Sekian informasi harga kawat bronjong yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Comment