Harga Kawat Harmonika Galvanis Per Meter

Kawat Kotak Galvanis – Anda tentu sudah tidak asing dengan material bangunan yang satu ini. Kawat harmonika adalah kawat besi yang dibuat dengan anyaman tangan manusia ataupun mesin harmonika. Ciri khas kawat ini terdapat pada bentuknya yang berupa heksagonal.

Ukuran kawat harmonika sendiri sangat beragam jika dilihat dari lubangnya. Jika lubang kawat harmonika lebih kecil maka akan lebih mahal harganya. Kawat harmonika biasanya digunakan untuk beberapa keperluan. Seperti untuk pagar ataupun kandang.

Dulu kawat harmonika digunakan untuk pagar halaman rumah. Awalnya kawat harmonika terbuat dari aluminium tanpa tambahan lapisan lain. Sehingga kawat bisa berkarat seiring usia. Akan tetapi saat ini banyak pabrikan yang menambahkan lapisan anti karat dan bahan lain sehingga membuat kawat harmonika lebih awet, tahan cuaca atau bahkan anti karat.

kawat harmonika roll

Jika Anda hendak membeli kawat harmonika, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa kawat harmonika sangat beragam macamnya. Sehingga fungsinya juga bisa berbeda. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu dicermati sebelum membelinya. Salah satunya adalah melihat harganya.

Karena macamnya yang banyak, harga kawat harmonika bisa berbeda-beda. Akan tetapi tidak usah bingung, sebab di bawah ini kami telah menyampaikan daftar harga yang bisa Anda jadikan referensi.

Daftar Harga Kawat Harmonika Terbaru

Jenis Kawat Harmonika Harga Kawat Harmonika
Kawat Lapis PVC ukuran 50x50mm, diameter 2.7mm Rp 2.000.000/rol
Kawat PVC ukuran 50x50mm, diameter 3mm, tinggi 1 meterx Panjang 20 meter Rp 2.400.000/rol
Kawat PVC ukuran 50x50mm, diameter 4mm, tinggi 1 meterx panjang 20 meter Rp 3.200.000/rol
Kawar Galvanis ukuran 50x50mm, diameter 2.1mm, panjang 20 meterxtinggi 1 meter Rp 1.600.000/rol
Kawat Galvanis ukuran 50x50mm, diameter 3mm, panjang dan tinggi sama Rp 2.000.000/rol
Kawat Galvanis ukuran 50x50mm, diameter 4mm, panjang dan tinggi sama Rp 3.000.0000/rol
Kawat Galvanis ukuran 50x50mm, diameter 2.7mm, panjang dan tinggi sama Rp 1.800.000/rol

Jenis Kawat Harmonika

kawat harmonika meter

Di atas sudah dapat Anda ketahui kisaran harga kawat harmonika. Berikutnya mari kita bahas jenis-jenis kawat harmonika yang lazim ditemui di pasaran. Ada beberapa macam yang bisa Anda ketahui. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kawat Harmonika Biasa

Kawat harmonika ini terbuat dari bahan aluminium dan dilapisi dengan cat sehingga membuat warnanya terlihat mengkilap. Harga kawat harmonika ini beragam, mulai dari Rp 40 ribuan untuk merek lokal per meter.

Kawat Harmonika Galvanis

Kawat ini mempunyai beberapa kelebihan, Kawat harmonika galvanis tahan panas dan tahan korosi. Kawat ini dilapisi dengan zink iron alloy galvanis sehingga lebih unggul dibandingkan kawat harmonika biasa. Meski begitu beberapa kelebihan tersebut harus dibayar dengan harga yang lebih mahal dari kawat harmonika jenis lain.

Kawat harmonika galvanis ini tersedia dalam ukuran meteran ataupun roll. Sehingga Anda tinggal menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Harga kawat harmonika galvanis juga beragam, mulai dari Rp 60 ribuan.

kawat harmonika pvc

Kawat Harmonika PVC

Kawat ini dilapisi dengan pipa PVC. Kelebihannya terletak pada kemampuannya untuk menahan api. Selain itu lapisan ini juga anti karat dan korosi. Itulah mengapa kawat harmonika PVC banyak diminati oleh masyarakat. Hanya saja harga kawat harmonika PVC cenderung mahal.

Baca juga: Harga Kawat Bronjong Lengkap

Kegunaan Kawat Harmonika

Kawat harmonika bisa digunakan untuk beberapa keperluan. Berikut adalah kegunaan kawat harmonika:

  1. Untuk pagar area lapangan
  2. Pagar sekolah
  3. Pagar taman
  4. Pagar rumah
  5. Pagar area pabrik atau industri
  6. Untuk kandang hewan

Kelebihan Kawat Harmonika

Selain mempunyai beberapa fungsi, kawat harmonika juga mempunyai beberapa keunggulan. Tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja keunggulan kawat harmonika sehingga Anda lebih yakin untuk memilih material bangunan ini.

  1. Aman dan fleksibel. Kawat harmonika dapat dibentuk dengan mudah sesuai keinginan. Sehingga kawat ini bisa disesuaikan dengan area yang akan dipasangi kawat harmonika.
  2. Ekonomis. Pagar dengan kawat harmonika mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan pagar BRC, pagar batu bata, pagar kayu dan lain sebagainya.
  3. Pemasangan mudah. Kawat harmonika dapat dipasang dengan mudah. Bahkan Anda tidak membutuhkan alat khusus untuk memasangnya.
  4. Kuat. Kawat harmonika dapat menahan beban dengan baik, sehingga tidak perlu ragu dengan kekuatannya.
  5. Panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Tips Merawat Kawat Harmonika

Perawatan kawat harmonika sebenarnya tidak terlalu sulit, sama seperti bahan logam lainnya. Untuk kawat harmonika hot dip dan kawat harmonika biasa umumnya memerlukan pengecatan ulang supaya tahan terhadap korosi.

Selain itu Anda juga bisa mengaplikasikan minyak khusus untuk melindungi permukaan kawat harmonika. Sehingga kawat tidak mudah berkarat. Pelapisan perlu dilakukan secara berkala supaya materialnya terjaga dengan baik.

Apabila pada bagian tertentu terdapat tanda korosi, maka disarankan untuk mengganti bagian tersebut. Sebab karat bisa menyebar ke permukaan di sekitarnya. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih kawat harmonika dengan lapisan UPVC.

Tips Memilih Kawat Harmonika

jenis kawat harmonika

Membeli kawat harmonika bisa dibilang tidak sulit tapi juga tidak gampang. Kita perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih kawat harmonika supaya tidak sampai salah pilih. Berikut beberapa tips memilih kawat harmonika yang bisa Anda terapkan.

Bahan

Sama seperti membeli material bangunan lainnya, kita perlu memperhatikan bahan ketika ingin membeli kawat harmonika. Sebab kawat harmonika ini terbuat dari berbagai macam material. Beda material tentu beda harganya.

Ingin memilih kawat harmonika murah ataupun mahal itu tergantung Anda. Akan tetapi disarankan untuk memilih kawat harmonika yang benar-benar berkualitas. Terlebih jika Anda menggunakan kawat harmonika untuk eksterior. Maka usahakan memilih yang tahan lama dan benar-benar kuat.

Ukuran

Selain memperhatikan bahan, juga perhatikan ukuran kawat harmonika. Kawat ini mempunyai ciri khas pada bentuk yang umumnya berbentuk wajik dan mempunyai lubang. Setiap lubang mempunyai ukuran  yang sama. Pilihan ukuran lubang kawat harmonika ini beragam. Sehingga Anda perlu memperhatikan mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda memilih kawat harmonika dengan lubang yang ukurannya tidak terlalu besar dan juga terlalu kecil.

Dimensi

Selain ukuran lubang, juga perhatikan dimensinya. Maka dari itu sebelum membeli kawat harmonika kita harus tahu persis seberapa banyak kita memerlukan kawat harmonika. Untuk keperluan pagar rumah, sekolah, taman dan lain sebagainya biasanya membutuhkan kawat dengan dimensi yang panjang ataupun lebar. Maka dari itu pastikan dengan cermat sehingga nantinya Anda tidak sampai kekurangan bahan.

kawat harmonika pagar

Kualitas

Kualitas biasanya dikesampingkan oleh banyak orang. Padahal ini juga menjadi poin yang tak kalah penting. Kualitas berbanding lurus dengan harganya, semakin baik maka harganya juga akan semakin mahal. Maka dari itu pertimbangkan dengan matang sebelum membelinya.

Usahakan untuk memprioritaskan kualitasnya. Misalnya memilih kawat harmonika yang tahan karat dan kuat. Sehingga kecil kemungkinan kawat harmonika cepat rusak.

Baca juga: Harga Pagar Besi Minimalis

Sesuaikan Budget

Selain menentukan kualitas dan juga ukuran, yang juga tak kalah penting adalah menyesuaikan dengan budget yang tersedia. Perlu dicermati bahwa harga kawat harmonika sangat beragam. Sehingga Anda akan lebih leluasa dalam memilih mana yang Anda butuhkan. Akan tetapi jangan sampai Anda ingin membeli yang kualitas baik dan mahal yang pada akhirnya membebani keuangan Anda.

Lebih baik memilih kawat yang harganya sesuai dengan ketersediaan anggaran namun kualitasnya juga masih baik. Dengan begitu pengeluaran bisa ditekan tanpa mengabaikan kualitasnya.

Demikian informasi harga kawat harmonika galvanis yang bisa Anda simak. Perlu kami ingatkan kembali bahwa harga di atas bisa berbeda-beda di setiap daerah. Selain itu harga di toko bangunan juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Leave a Comment