Desain Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Desain Kolam Ikan Depan Rumah – Mendesain rumah memang perlu mempertimbangkan berbagai aspek. Seperti menentukan desain taman rumah. Ada banyak cara untuk menghadirkan taman yang menarik dan indah. Salah satu pilihannya adalah dengan membuat kolam ikan minimalis.

Kolam ikan bisa membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan juga indah. Opsi ini juga cocok jika Anda menyukai hewan peliharaan, khususnya ikan. Ketika ingin membuat kolam, yang perlu dicermati adalah bentuk dan juga fitur. Selain itu yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah ketersediaan dana.

Jika Anda bingung soal desain, kami memiliki beberapa referensi yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan. Berikut adalah beberapa desain kolam ikan bergaya minimalis yang menarik.

Kolam Ikan Outdoor

desain kolam ikan

Jika ingin menempatkan kolam ikan di depan rumah / luar ruangan, desain yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Eksterior rumah bisa menjadi lebih hidup dan indah. Desain semacam ini juga akan memudahkan Anda ketika ingin membersihkan kolam.

Kolam ikan yang satu ini mengusung gaya akuarium rendah yang diletakkan pada posisi lantai. Kolam ini juga bisa berfungsi sebagai pengganti dinding pembatas. Anda hanya perlu menyisakan sedikit ruang untuk sebuah kolam ikan jika ingin menerapkan desain seperti ini.

Baca juga: Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Kolam Ikan dengan Sentuhan Alami

kolam ikan simpel

Kolam ikan minimalis akan lebih asri jika ditambah dengan sentuhan dekorasi alami. Pemilihan dekorasi tidak perlu yang mahal. Anda bisa meletakkan batu alam, air mancur sederhana atau pepohonan berukuran sedang. Kolam seperti ini cocok diaplikasikan di belakang rumah untuk memberikan kesan segar.

Kolam Ikan Sederhana

kolam ikan teras

Kolam ikan bergaya minimalis seperti yang satu ini cocok diterapkan di area depan rumah. Anda bisa bersantai sembari melihat ikan-ikan yang berenang bersama. Supaya tidak terlalu gersang Anda bisa menambahkan tanaman hijau. Jangan lupa untuk memperhatikan sistem udara supaya kesegarannya tetap terjaga dengan baik.

Kolam Ikan dengan Kaca

taman kolam ikan

Anda bisa membuat kolam berbentuk persegi, dengan pembatas yang menyerupai bebatuan dan memadukannya dengan kaca. Perpaduan kedua material ini bisa membuat kolam terlihat unik. Hadirnya kaca akan memudahkan Anda untuk melihat ikan-ikan di dalamnya.

TIdak hanya itu, desain kolam ini juga berada di tengah taman dalam rumah. Sehingga tampilannya semakin indah. Sebagai pemanis Anda bisa menambahkan lampu dekat kolam sehingga keindahannya tetap terlihat dengan jelas meski saat malam hari.

Kolam Ikan Sekaligus Tempat Bersantai

kolam ikan uik

Kolam ini pada dasarnya merupakan sebuah kolam persegi berukuran besar. Kemudian di atasnya ditambahkan dek kayu sehingga kita bisa berjalan di atasnya. Tambahkan pula sofa empuk dengan coffee table minimalis yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantai di waktu senggang. Dengan begitu Anda bisa nyaman duduk bersantai dengan suasana yang unik.

Kolam dengan Kombinasi Kayu

kolam ikan modern

Menghadirkan nuansa alami pada kolam ikan bukan perkara sulit. Anda bisa memadukan kolam dengan platform kayu di sekelilingnya untuk menambah kesan hangat dan unik. Anda juga bisa menambahkan dekorasi berupa kendi besar yang menjadi daya tarik tambahan dari kolam ikan Anda.

Kolam Ikan Mini

kolam ikan mini

Jika lahan terbatas, Anda tetap bisa memiliki kolam ikan. Anda bisa mengambil contoh desain kolam mini yang satu ini. Untuk dinding kolam bisa terbuat dari keramik yang dipadukan pembatas kaca. Hanya bermodal lahan 1 meter persegi saja, Anda bisa mendapatkan kolam yang menarik.

Kolam Ikan Tak Simetris

kolam ikan sederhana

Ketika membicarakan soal kolam, maka kita biasanya membayangkan bentuknya yang persegi atau berupa lingkaran. Padahal sebenarnya Anda bisa mengkreasikan kolam ikan di luar aturan main tersebut. Anda bisa membuat kolam yang sejajar dengan dinding rumah yang bentuknya disesuaikan dengan porsi ruang yang ada. Walaupun terkesan tidak simetris, kolam ini justru membuat suasana halaman rumah lebih unik.

Kolam Ikan Berbentuk Lingkaran

kolam ikan minimalis

Jika tak ingin dipusingkan soal bentuk, Anda bisa membuat kolam berbentuk lingkaran di halaman rumah. Sebagai pemanis Anda bisa menambahkan dekorasi yang mengelilingi kolam tersebut.

Kolam Ikan dengan Lekukan Khusus

Inspirasi kolam ikan

Kolam ikan dengan lekukan khusus juga bisa menjadi daya tarik tersendiri di halaman rumah Anda. Untuk memudahkan Anda, silakan memanfaatkan jasa pembuat kolam minimalis. Anda tinggal menentukan besarnya lahan yang tersedia dan juga ketersediaan dana. Sedangkan sisanya akan dibuat oleh penyedia jasa.

Kolam Ikan Dua Gaya

kolam ikan modern

Kolam ikan yang satu ini juga tak kalah unik. Dengan model raised atau naik ke permukaan yang tersambung dengan kolam dan sekitarnya, nuansa unik akan muncul dan siap membuat siapa saja yang melihatnya terkesima.

Kolam Ikan Menyatu dengan Desain Rumah

kolam ikan unik

Anda bisa membuat kolam ikan yang menyatu dengan panggung rumah. Sehingga Anda tidak perlu menyediakan ruang tertentu. Tinggal memanfaatkan desain rumah dan bahan material yang sama.

Kolam Ikan dengan Miniatur Air Terjun

kolam ikan natural

Jika kolam ikan saja masih kurang, Anda bisa mencoba menambahkan air terjun mini untuk memperindah tampilannya. Anda bisa mengkreasikan bentuk air terjun sesuai dengan selera.

Kolam Ikan Pojok Rumah

desain kolam ikan

Anda bisa memanfaatkan pojok rumah untuk membuat kolam ikan. Untuk konsepnya terserah Anda. Atau Anda bisa menilik inspirasi desain yang satu ini. Anda bisa menambahkan batu alam supaya kesan alami muncul.

Kolam Ikan Raised

kolam ikan raised

Kolam ikan semacam ini sedang tren belakangan ini. Sebab terdapat sebuah akuarium kaca yang mengapung di antara kolam. Kolam ini memakai pompa air sehingga akuarium mengapung tersebut dapat dialiri dengan air.

Tips Membuat Kolam Ikan

Membuat kolam ikan tidak boleh sembarangan supaya hasil akhir memuaskan dan sesuai dengan ekspektasi. Ada beberapa tips yang perlu Anda cermati. Berikut penjelasan selengkapnya.

Menentukan Lokasi

Menentukan tempat kolam ikan menjadi langkah pertama yang perlu Anda perhitungkan. Biasanya kolam tersebut ditempatkan di taman depan, taman belakang maupun dalam rumah. Pastikan lokasi kolam tidak mengganggu aktivitas Anda dan penghuni rumah lainnya. Selain itu pastikan bahwa kolam ikan dapat terlihat dengan mudah jika ingin membuatnya sebagai pemanis rumah.

Bentuk dan Ukuran

Bentuk dan ukuran kolam juga perlu dicermati. Sesuaikan dengan ukuran ikan dan juga lahan yang tersedia. Sementara bentuk kolam bisa menyesuaikan, tidak harus kotak atau bulat. Anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan ide Anda sendiri.

Material

Memilih material juga tak kalah penting. Biasanya untuk pembuatan kolam ikan material yang dipakai adalah batu alam atau keramik. Perhatikan pula pemasangannya dan pemilihan warna supaya tetap indah dipandang.

Alat dan Bahan

Selain material, jangan lupa siapkan alat dan bahan. Mencakup cangkul, waterpass, semen, pasir, batu bata dan lain sebagainya.

Sistem Pengairan

Sistem pengairan juga perlu diperhatikan supaya ikan di dalam kolam tetap nyaman. Beberapa jenis ikan memerlukan pengairan yang terus-menerus, sehingga Anda membutuhkan pompa dan filter untuk menahan kotoran.

Leave a Comment