Cara Membuat Kurva S Rencana Dan Realisasi

Cara Membuat Kurva S – Dalam dunia konstruksi tidak pernah lepas dari perhitungan. Sebelum memulai pembangunan, segala sesuatunya harus direncanakan dengan matang, dengan perhitungan yang cermat. Hal ini akan membuat proyek berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

Dalam suatu proyek konstruksi, biasanya seorang kontraktor diharuskan membuat perencanaan dalam hal waktu dan biaya yang dibutuhkan selama melaksanakan pekerjaan. Salah satu alat bantu jadwal pelaksanaan proyek adalah Kurva S.

Kurva S bisa dimanfaatkan sebagai indikator terlambat atau tidaknya suatu proyek. Perencanaan lewat pembuatan jadwal pelaksanaan proyek konstruksi berfungsi sebagai alat kontrol dalam pelaksanaan proyek. Sehingga pengawasan dan pengaturan tenaga kerja di lapangan bisa dilakukan dengan mudah, tak terkecuali dalam hal pengawasan produktivitas tenaga kerja.

gambar kurva s

Pengertian Kurva S

Kurva S adalah sebuah jadwal pelaksanaan pekerjaan yang dibuat dalam bentuk grafis. Kurva ini bisa memberikan berbagai ukuran kemajuan pekerjaan pada sumbu tegak dikaitkan dengan satuan waktu pada sumbu mendatar.

Tidak hanya itu, kurva S juga bisa digunakan untuk beberapa hal. Di antaranya pengujian ekonomi dan mengatur pembebanan sumber daya dan alokasinya, menguji perpaduan kegiatan terhadap rencana kerja, perbandingan kinerja aktual target rencana atau anggaran biaya untuk keperluan evaluasi maupun analisis penyimpangan.

Baca juga: Cara Membuat RAB Bangunan

Kriteria kemajuan pekerjaan ditampilkan dalam bentuk persentase kumulatif bobot prestasi pelaksanaan atau produk, nilai uang yang dibelanjakan, volume pekerjaan atau jumlah kuantitas, kebutuhan berbagai sumber daya dan lain sebagainya.

Kurva S membentuk pola seperti huruf S karena kegiatan proyek berlangsung sebagai berikut:

  • Kemajuan pada awalnya bergerak lambat
  • Diikuti kegiatan yang bergerak cepat dalam kurun waktu yang lebih lama
  • Kecepatan kemajuan menurun dan berhenti pada titik akhir.

Dapat disimpulkan bahwa kurva S yang baik adalah pelan di awal pekerjaan, lalu cepat di tengah dan kembali pelan di akhir jadwal. Bentuk grafik dalam kurva S perlu dibuat sebaik mungkin karena dapat mempengaruhi arus keuangan proyek dan penjadwalan kedatangan material dan berbagai hal penting lainnya.

Manfaat Kurva S

membuat kurva s

Seperti yang dijelaskan di atas, kurva S memiliki beberapa kegunaan. Supaya semakin jelas, kami uraikan beberapa manfaat dari kurva S.

  • Sebagai informasi guna mengontrol pelaksanaan sebuah proyek, dengan cara membandingkan deviasi antara kurva rencana dengan kurva realisasi.
  • Sebagai informasi untuk pengambilan keputusan berdasarkan perubahan kurva realisasi terhadap kurva rencana. Perubahan tersebut dapat berupa persentase pekerjaan lebih cepat atau lebih lambat dari waktu yang telah ditentukan untuk menyelesaikan suatu proyek.
  • Sebagai informasi kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembayaran kepada supplier.

Cara Membuat Kurva S

Berikutnya kita akan mempelajari bagaimana cara menyusun kurva S. Akan dijelaskan bagaimana cara membuat jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan yang direpresentasikan ke dalam suatu paduan bagan, yakni bagan Gantt dan Kurva S untuk menggambarkan persentase tahapan pada setiap jenis pekerjaan.

Leave a Comment