Menghitung Sudut Dan Volume Anak Tangga

Cara Menghitung Anak Tangga – Untuk membangun sebuah rumah kita harus memiliki kemampuan menghitung yang baik. Sebab setiap sudut bangunan harus diperhitungkan dengan tepat sehingga hasil akhir benar-benar bagus dan sesuai dengan angan.

Salah satu yang perlu dihitung adalah anak tangga. Jika Anda mencermati, anak tangga yang biasa dijumpai pada bangunan-bangunan tingkat selalu memiliki ukuran yang seragam. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Anak tangga yang dibuat seragam akan membuat tampilannya lebih indah. Selain itu juga nyaman dan aman untuk dipakai. Maka dari itu kita perlu menghitung dan merencanakannya dengan cermat. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang menghitung sudut kemiringan dan volume anak tangga yang benar.

cara menghitung anak tangga

Dalam dunia konstruksi, untuk membuat tangga perlu menentukan tinggi dan lebar anak tangga. Yang dimaksud lebar atau disebut juga dengan istilah Antrede adalah ukuran area pada anak tangga di mana kaki menjejak di atasnya. Sedangkan tinggi anak tangga atau Optride merupakan perbedaan tinggi antara satu anak tangga dengan anak tangga lainnya.

Perlu diketahui bahwa ukuran lebar anak tangga yang ideal berkisar 20 cm sampai dengan 30 cm. Sementara tinggi anak tangga biasanya berkisar 15 cm sampai 18 cm.

Supaya nyaman untuk digunakan, ada rumus yang bisa digunakan dalam menentukan tinggi dan lebar anak tangga. Optride dilambangkan dengan a, lalu untuk Antrede dilambangkan b.

Rumusnya adalah 2a + b = 60 cm sampai dengan 65 cm. Apabila 2a + b > 65 cm maka tangga tersebut akan curam dan membuat orang tidak nyaman. Begitu juga sebaliknya, jika 2a + b < 60 cm maka tangga akan sangat landai. Tangga curam bisa menghemat tempat karena anak tangganya tidak lebar. Hanya saja tangga semacam ini akan mengurangi kenyamanan dan bisa berbahaya untuk pengguna.

Ukuran tinggi dan lebar anak tangga akan mempengaruhi kecuraman suatu tangga. Semakin besar tinggi anak tangga maka akan semakin curam tangga tersebut. Jika ingin mendapatkan tangga yang landai maka lebar anak tangga juga harus besar.

Patokan Lebar dan Tinggi Anak Tangga

  • Tinggi trap maksimal = 20 cm. Tujuannya agar tidak terlalu tinggi melangkahnya, sehingga bisa membuat orang cepat lelah saat naik ataupun turun tangga.
  • Lebar trap tangga minimal = 30 cm. Supaya sesuai dengan lebar langkah, sehingga nyaman saat melangkah dan aman dari risiko terpeleset akibat dari salah injak.
  • Lebar tangga dapat dibuat minimal 70 cm. Apabila dipakai lewat satu orang saja tanpa simpangan. Akan tetapi jika ingin bisa dibuat simpangan maka lebarnya minimal 120 cm. Angka-angka tersebut berdasarkan lebar rata-rata badan orang 60 cm.

Cara Menghitung Anak Tangga Lurus

Untuk mengetahui cara menghitung anak tangga lurus, kami akan memberikan contoh sederhana. Misalnya kita ingin membuat tangga dari lantai 1 ke lantai 2 dengan tinggi antar lantai 3,3 meter. Kita perlu mengetahui berapa jumlah anak tangga, lebar dan tinggi trap.

Baca juga: Warna Cat Rumah Minimalis Modern

Tinggi

Pertama-tama kita perlu mengonversi tinggi antar lantai menjadi satuan sentimeter. Jadi 3,3 meter = 330 cm.

Leave a Comment