Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Cara Menghitung Keramik – Saat hendak membangun atau merenovasi rumah, mungkin keramik menjadi salah satu material yang perlu Anda siapkan. Akan tetapi kita perlu mengetahui seberapa banyak keramik yang perlu dibeli untuk pemasangan lantai ataupun dinding rumah.

Tidak sedikit yang masih bingung bagaimana cara menghitungnya. Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami ingin memberikan materi mengenai cara menghitung kebutuhan keramik.

Gambaran Perhitungan Kebutuhan Keramik

Ketika kita ingin menghitung kebutuhan keramik, maka kita perlu mengetahui luas lantai atau dinding yang akan dipasang keramik. Kemudian kita hitung lagi berapa luas per keping keramik yang akan dipakai. Biasanya ukuran keramik yang ada di pasaran beragam. Ada yang 20 x 20 cm, 30 x 30 cm dan lain sebagainya.

Di toko biasanya keramik dijual per kotak. Maka dari itu kita hitung pula jumlah keping keramik dalam satu kotak.

keramik lantai

Misalnya ukuran keramik 20 x 20 cm per keping, dan dalam satu kotak ada 25 keping, maka satu kotak keramik mempunyai luas 25 x 0,2 x 0,2 = 1 meter persegi. Setelah itu kita kalikan dengan luas lantai yang akan dipasang.

Contohnya ukuran lantai rumah 6 x 6 meter, maka dapat diketahui bahwa luasnya 6 x 6 = 36 meter persegi. Jika satu kotak keramik mempunyai luas 1 meter persegi, maka kita membutuhkan 36 kotak keramik untuk lantai rumah tersebut.

Perlu dicatat, dalam satu kotak keramik luasnya tidak selalu 1 meter persegi. Bisa lebih ataupun kurang. Maka dari itu kita harus mengetahui luas per kotak terlebih dahulu.

Baca juga: Harga Keramik Granit

Contoh Menghitung Kebutuhan Keramik

menghitung kebutuhan keramik

Untuk memperjelas pembahasan di atas, kita akan coba menghitung kebutuhan keramik. Misalnya kita akan memasang keramik lantai di kamar utama dan ruang tamu. DIketahui bahwa luas lantai kamar adalah 4 x 4 = 16 meter persegi. Sedangkan luas ruang tamu 3 x 3 = 9 meter persegi. Jadi dapat diketahui luas gabungan kedua ruangan tersebut adalah 25 meter persegi.

Jika keramik yang kita gunakan berukuran 30 x 30 cm dan satu kotak berisi 11 keping, maka satu kotak keramik memiliki luas 0,3 x 0,3 x 11 = 0,99 meter persegi.

Untuk mengetahui kebutuhan keramik, caranya adalah dengan membagi luas ruangan yang akan dipasang keramik dengan luas keramik per kotak. Maka:

Kebutuhan Keramik = 25 : 0,99 = 25,25 kotak.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan atau cacat pada keramik, maka kita bisa menambah jumlah keramik yang dibeli. Misalnya kita tambah 3% sebagai antisipasi, maka 25,25 x 103% = 26 kotak.

Leave a Comment