Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah

Menghitung Luas Bangunan – Sebelumnya kami telah menyampaikan pembahasan seputar cara menghitung luas tanah. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menghitung luas bangunan atau rumah.

Bangunan atau rumah merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan umat manusia. Kita membutuhkan rumah untuk beristirahat. Di sisi lain kita juga membutuhkan gedung sekolah, perkantoran dan gedung-gedung lain untuk melakukan aktivitas.

menghitung luas bangunan

Karena perannya yang penting, kita perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan bangunan. Salah satunya adalah mengetahui cara menghitung luas rumah atau bangunan.

Sebenarnya untuk menghitung luas bangunan tidak rumit. Kita bisa memanfaatkan rumus-rumus matematika yang pernah kita pelajari semasa sekolah. Selain itu juga bisa menghitungnya dengan bantuan aplikasi. Berikut kami jelaskan selengkapnya.

Menghitung Luas Bangunan Secara Manual

Pertama-tama kita bahas bersama cara menghitung luas rumah secara manual. Untuk menghitung luasnya, kita perlu mengetahui bentuk dari bangunan itu sendiri. Apakah persegi panjang, segitiga, lingkaran atau berbentuk tak beraturan.

Dari situlah kita bisa menghitung berapa luas suatu bangunan. Contohnya jika bangunan rumah berbentuk persegi panjang, maka kita cari luasnya dengan cara panjang kali lebar. Sedangkan bila bangunan berbentuk segitiga, maka luasnya dapat dicari dengan mengalikan alas dengan tinggi lalu dibagi dua.

Sebagai gambaran, kami akan berikan contoh untuk memudahkan Anda dalam memahami perhitungan luas bangunan. Silakan simak gambar denah rumah di bawah ini.

rumus luas bangunan

Dari gambar di atas dapat kita ketahui bahwa rumah tersebut berbentuk persegi panjang. Lebarnya mencapai 5 meter dan panjang ke belakang 6 meter. Untuk menghitung luasnya, tinggal mengalikan panjang dengan lebar. Sehingga 5 x 6 = 30 m2.

Baca juga: Harga Borongan Bangunan Per M2

Menghitung Luas Bangunan dengan Autocad

Selain secara manual, kita juga bisa menghitung luas bangunan dengan bantuan software. Salah satu software yang populer dan banyak dipakai dalam dunia konstruksi adalah Autocad. Opsi ini bisa Anda ambil ketika ingin menghitung luas bangunan dengan cepat. Bahkan Anda juga bisa menghitung luas bangunan tak beraturan. Berikut adalah caranya.

Pertama-tama, kita harus membuat garis yang saling menyambung dan mengelilingi sisi luar bangunan. Caranya dengan memakai perintah Poly Line (PL) pada command, lalu tekan tombol Enter. Lanjutkan langkah dengan membuat garis mengelilingi bidang yang akan dihitung luasnya.

Berikutnya klik garis poly line tersebut dan ketik perintah LIST (LI) pada command lalu tekan Enter. Maka muncul jendela baru yang menunjukkan keterangan luas, keliling dan koordinat.

luas rumah

PLINE

Specify start point:

Current line-width is 0.0000

Specify next point or [Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: *Cancel*

 

Command:

Command: LI

LIST 1 found

 

Leave a Comment